4 Oleh – oleh Khas Medan yang Murah – meriah, Borong yuk..

Bukan tanpa alasan, kota Medan menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Sumatera Utara.

Ibukota sekaligus pusat pemerintahan di Sumatera Utara ini dipadati dengan populasi penduduk yang terdiri dari berbagai suku, bahasa dan agama. Yang membuat tradisi dan budaya di Medan menjadi lebih kaya dan beragam.

Tak terkecuali, tentang makanan atau oleh – oleh khas Medan. Selain, durian yang diolah menjadi tempoyak. Ternyata, Medan juga memiliki sejumlah variasi lain untuk cinderamata para pelancong kembali ke kampung halaman masing – masing.

Kebanyakan oleh – oleh khas Medan sudah diawetkan dengan berbagai cara. Sehingga memudahkan pengunjung untuk membawanya bepergian hingga ke luar pulau bahkan ke manca negara.

Selepas pulang liburan ke Tanah Batak, tak lengkap rasanya bila tidak membeli makanan khas yang bisa dijadikan sebagai buah tangan kepada sanak saudara di rumah.

Hitung – hitung bisa menjadi pengobat kangen akan kota “Melayu Deli” ini, kan? Berikut adalah beberapa kuliner khas Medan yang menjadi rekomendasi untuk dibawa pulang sebagai oleh – oleh :

Bika Ambon

Meski namanya Bika Ambon, makanan ini sebenarnya berasal dari Medan. Berwarna kuning muda dan permukaannya berserat memanjang. Terbuat dari gula, santan dan telur, Bika Ambon tersedia dalam banyak varian rasa. Di antaranya adalah coklat, keju dan durian.

Jika anda berniat membelinya sebagai oleh – oleh, usahakan untuk cepat disantap sebelum lebih dari empat hari karena semakin lama teksturnya akan mengeras. Daerah yang banyak menjual Bika Ambon adalah Jalan Mojopahit, Medan. Di sini terdapat sekitar 30 toko dan masing – masing toko bisa menjual hingga 1.000 bika ambon per harinya.

Berbagai Olahan Durian

pancakedurianbandung.blogspot

Durian ialah buah khas Indonesia yang menjadi favorit hampir sebagian besar orang karena aroma dan rasanya yang unik. Tapi tahukah anda, bahwa salah satu daerah di luar jawa ini terkenal sebagai penghasil buah durian yang rasanya tak perlu diragukan lagi.

Berkunjung ke Medan, wajib rasanya untuk mampir ke penjual durian Medan yang dapat anda dijumpai di area Jalan Bakti Pasar Merah, Medan.

Di tempat tersebut, durian yang dijajakan tergolong lebih murah daripada tempat lainnya. Namun, bila anda tak ingin ribet membawa durian sebagai buah tangan, anda juga bisa membeli olahan buah durian lainnya seperti pancake durian, pie atau kue sus durian.

Nantinya, buah durian bisa dikemas sedemikian rupa di wadah tertutup yang rapi agar tidak menimbulkan bau menyengat saat pengiriman.

Baca juga:

Lemang

Wisata Dan Kuliner Khas Sumatera Utara – blogger

Kuliner khas Medan selanjutnya adalah lemang. Banyak ditemui di daerah Sumatera Utara, lemang adalah panganan berbahan dasar beras ketan yang digulung dalam selembar daun pisang lalu dibakar di atas tungku panjang dan di dalam seruas bambu. Bukan sekedar beras ketan saja, namun diberikan campuran santan kelapa sehingga rasanya gurih.

Lemang paling nikmat disantap dalam keadaan hangat, agar semakin nikmat biasanya disajikan bersama tape ketan, buah durian atau campuran selai. Ada pula yang memakannya dengan telur atau rendang. Tergantug selera anda lebih menyukai topping bercita rasa manis atau yang asin.

Di bulan Ramadhan, penjual Lemang akan semakin membludak memenuhi permintaan pasar yang kian meningkat. Bisa dibilang saking tenarnya, kelezatan Lemang ini bahkan sampai di negeri Jiran, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, hingga Singapura.

Sirup Markisa

Jika ke – empat kuliner khas Medan di atas berupa makanan, yang satu ini adalah minuman. Mungkin banyak yang masih asing dengan buah markisa, tetapi siapa sangka bahwa rasanya segar bila diolah menjadi sirup.

Salah satu daerah penghasil markisa sirup markisa ialah Medan,  jika anda jalan – jalan ke Medan, maka jangan lupa untuk sempatkan diri untuk mampir ke Jalan Majapahit.

Tak hanya bika ambon, di sana juga terdapat banyak toko yang menjual sirup markisa. Harga untuk satu botol sirup cukup ramah di kantong, yakni mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 55.000. Pas sekali untuk dijadikan sebagai buah tangan, bukan?

***

Pastikan perjalanan liburan ke Medan sudah dipersiapkan dengan baik. Hubungi agen wisata Jari Adventure untuk mengakomodir kebutuhan wisata Anda bersama rombongan baik institusi, sekolah maupun keluarga. Borong oleh – oleh khas Medan, yuk…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *