4 Destinasi Wisata Museum di Malang Untuk Liburan Keluarga

Bertandang ke Malang tentunya tak hanya sekedar menjelajah wisata alam dan kulinernya saja ya, museum juga bisa menjadi destinasi pilihan. Berikut adalah 4 tujuan wisata museum di kota Malang untuk menghabiskan liburan yang edukatif:

Museum Malang Tempo Doeloe

wisatalengkap.com

Lokasinya strategis, yakni di pusat Kota Malang, lebih tepatnya berada di Jalan Gajah Mada 2 atau hanya berjarak beberapa puluh meter saja dari Balai Kota Malang. Berbeda dengan museum kebanyakan, konsep yang diusung begitu unik sehingga tidak akan membuat pengunjung bosan berkeliling museum.

Dibangun diatas lahan seluas 1.000 meter persegi, museum tersebut dibagi menjadi 20 ruang pamer. Masing – masing ruangan memiliki tema sejarah wilayah Malang, mulai dari prasejarah, penggalian data arkeologi, Kerajaan Kanjuruhan, Mataram Kuno, Kerajaan Singasari, pertapaan Ken Arok, Kerajaan Majapahit, dan benteng Malang. Yang menyenangkan, hampir di setiap ruang cocok menjadi spot foto, jadi tak hanya belajar mengenai sejarah namun anda juga dapat hunting foto.

Pengunjung diperbolehkan berfoto sepuasnya tanpa dipungut biaya sepeserpun. Tiket masuk ke museum yang terdiri dari 2 lantai ini lumayan terjangkau. Cukup dengan Rp 10.000 khusus pelajar, Rp 15.000 untuk warga Malang, dan Rp 25.000 bagi wisatawan, pengunjung sudah bisa merasakan berkeliling museum Malang Tempo Doloe. Bagaimana, berminat menghabiskan akhir pekan dengan berkunjung kesana?

Museum Omah Munir

klimg.com

Masih ingatkah dengan kasus Munir pada tahun 2004 silam? Seorang pejuang penegakan HAM yang dibunuh ketika berada di pesawat dan kasusnya hingga kini belum terkuak. Untuk mengenang almarhum Munir semasa hidupnya, Museum Omah Munir yang ada di Malang bisa anda kunjungi untuk menambah pengetahuan mengenai Hak Asasi Manusia. Museum tersebut diremiskan bertetapan dengan hari lahir Alm. Munir yakni pada 8 Desember 2013 dan peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia tanggal 10 Desember.

Museum Munir bertempat di bekas rumah Munir Said, di Jalan Bukit Berbunga 02, Kota Batu. Selain untuk mengenang perjuangan Munir, museum ini juga menyimpan berbagai buku memorabilia milik Alm. Munir. Pengunjung dapat melihat sejumlah penghargaan, KTP, paspor dan visa, almamater kampus, hingga skripsi ketika menjadi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Kiprahnya sebagai pejuang HAM terlihat dari salah satu foto dimana alm. bertemu dengan Presiden no 4 Indonesia, Abudurrahman Wahid. Kedepannya, Museum Omah Munir akan dijadikan sebagai tempat training center pendidikan HAM di Indonesia.

Baca juga:

6 Kuliner Khas Bali Dengan Citarasa Manis, Asam, Pedas, dan Gurih Untuk Wisata Kuliner Asyik

 

Museum Brawijaya

macigo.com

Nama Brawijaya begitu identik dengan Kota Malang, dua tempat menggunakannya sebagai nama yakni Universitas Brawijaya dan Museum Brawijaya. Sekarang jariadventure akan mengulas Museum Brawijaya yang telah dibangun sejak 1967 dan selesai pada setahun kemudian ini. Terletak di Jl. Ijen No. 25 A, Kota Malang, lokasi museum cukup strategis, jadi anda dapat menggunakan angkutan umum untuk menuju kesana.

Dari sekian koleksi yang dipamerkan, gerbong mautlah yang paling menyita perhatian karena sejarah tragis di baliknya. Tak sekedar melihat – lihat aneka koleksi museum, pihak museum juga menyediakan beberapa event, seperti pameran lukisan, diskusi, penerbitan, dan lomba. Museum buka mulai pukul 8 pagi sampai 2 siang pada hari biasa, dan 8 pagi hingga 2 siang saat akhir pekan tiba dengan tiket masuk sebesar Rp 3.000 saja.

Museum Satwa

www.hargatiketmasuk.info

Sedikit bergeser 20 km sebelah barat Kota Malang, terdapat Museum Satwa yang menjadi sarana rekreasi sekaligus edukasi bagi para pengunjung. Museum yang menyajikan beragam satwa yang diawetkan dan fosil – fosil purba yang didatangkan dari berbagai negara, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Artik, Eropa hingga Antartika ini menjadi bagian dari Jawa Timur Park 2. Aneka tema mulai dari tebing curam bersalju, rawa, hutan pinus, hutan tropis dan gurun semua disajikan lengkap dengan jenis hewan sesuai masing – masing tema.

Ada pula hewan – hewan laut yang jarang diketahui, sehingga anda bisa sekaligus belajar mengenai beragam satwa langka untuk menambah pengetahuan anda. Jika ingin menghabiskan waktu berlibur di Museum Satwa, anda bisa menuju lokasi yang terletak di Jalan Oro – Oro Dowo No. 9A, Kota Batu, Jawa Timur.

***

Study tour atau wisata edukasi untuk rombongan akademisi ke museum – museum unik di Malang akan menambah wawasan sekaligus hiburan bagi putra – putri Anda. Pastikan Jari Adventure yang memberikan pelayanan berkualitas dan mengakomodasi semua kebutuhan wisata Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *