4 Destinasi Keren di Pulau Madura Untuk Foto Liburan yang Instagrammable

Madura terkenal dengan Jembatan Suramadu, namun siapa sangka banyak tempat wisata lainnya yang bisa anda jadikan sebagai referensi libur akhir pekan. Yuk, simak apa saja objek wisata keren yang ada di Pulau Madura.

  1. Gili Labak

images.static6.com

Madura memiliki destinasi pesisir yang tak kalah eksotis dari Gili Trawangan yang ada di Lombok, yakni Gili Labal. Berlokasi di Kecamatan Pulau Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Gili Labak memiliki luas tidak lebih dari 5 hektare. Pasir pantai yang berwarna putih dan airnya yang jernih menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang kesini. Daerah sekitar pantai, kurang lebih terdapat 3 warung dan wc yang dapat digunakan pengunjung untuk bilas selepas bermain air di pantai. Fasilitas umum lainnya adalah mushulla, jadi para wisatawan tak perlu khawatir mengenai tempat ibadah.

Anda bisa melakukan snorkeling, diving atau menikmati deburan ombak di pinggiran pantai. Jika menyukai piknik, anda juga dapat mendirikan tenda dan bermalam disana. Ada 2 cara untuk mencapai Gili Labak, yaitu lewat Pelabuhan Kalianget yang letaknya sekitar 5 km ujung timur Kota Sumenep atau melewati Pelabuhan Tanjung di Kecamatan Sarongga, sekitar 2 km sebelum Kota Sumenep. Jika cuaca sedang normal, perjalanan dari Tanjung menuju Gili Labak ditempuh sekitar 1,5 jam, sedangkan Kalianget – Gili Labak memakan waktu 2,5 jam. Pesona Gili Labak seakan memikat siapa saja yang melihat keindahan pantainya.

 

  1. Bukit Jaddih

dutawisata.co.id

Menjadi tujuan wisata yang sedang naik daun, Bukit Jaddih wajib masuk dalam daftar destinasi yang harus dikunjungi saat melancong ke Pulau Madura. Bukit Jaddih sendiri ialah bukit yang terdiri dari bebatuan kapur yang terbentuk akibat penambangan batu kapur putih. Terletak di Kabupaten Bangkalan, Madura, untuk menuju kesini cukup mudah yakni jika anda berangkat dari Surabaya, anda bisa melewati Jembatan Suramadu lalu mengambil ke arah kanan melalui Jalan Raya Labang hingga Jalan Raya Jaddih di Parseh. Harga tiket masuk cukup terjangkau, hanya merogoh kocek Rp 2.000 per-orang, Rp 5.000 kendaraan bermotor, dan Rp 10.000 untuk mobil, anda sudah bisa menikmati wisata hits yang satu ini.

Baca juga:

 

  1. Pantai Lombang

thepresidentpostindonesia.com

Pantai Lombang terletak di sebelah timur Pulau Madura, tepatnya di Desa Lombang, Kecamatan Batang Batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Hamparan pasir putih seluas 12 km dan pohon cemara udang yang berjajar mengikuti garis bibir pantai ditambah angin sepoi – sepoi yang berhembus membuat suasana pantai begitu terasa. Konon katanya, tumbuhan cemara udang hanya ada di Pantai Lombang dan beberapa pantai di perairan laut Tiongkok. Hal tersebut erat kaitannya dengan ekspedisi besar yang dilakukan oleh kekaisaran negeri Tiongkok dalam mengarungi perairan nusantara pada abad ke 15 yang dipimpin oleh Jenderal The Ho.

Pengunjung bisa mendirikan tenda untuk bermalam, karena di sekitaran pantai belum terdapat hotel atau penginapan. Meski begitu, untuk urusan MCK tetap tersedia, dimana kamar bilas tersebut digunakan para pengunjung untuk membersihkan badan selepas berenang. Beberapa warung bisa anda manfaatkan untuk bersantai menikmati angin sepoi – sepoi sembari menyantap kudapan yang dijajakan. Terletak 30 km dari Kota Sumenep, Pantai Lombang dapat dicapai menggunakan angkutan umum, kendaraan pribadi atau menyewa ojek dengan waktu tempuh perjalaan 1 jam.

  1. Api Tak Kunjung Padam

blogspot.com

Sekilas dari namanya saja cukup unik, yang ada dalam benak kita adalah api yang tidak pernah padam, nyatanya benar lho! Fenomena alam ini bisa anda saksikan di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura. Sesampainya di lokasi, terdapat sekitar 50 titik semburan api yang berasal dari bawah tanah yang konon akan tidak akan pernah padam mesti terkena disiram air. Tempat wisata ini tak pernah sepi oleh pengunjung yang terus datang karena penasaran ingin melihat semburan api menyembur dari celah tanah.

Pengunjung juga bisa berbelanja karena di sekitaran objek wisata terdapat gerai yang menjual aneka cinderamata khas Madura. Ada pula penjual jagung yang bisa anda bakar secara langsung di lokasi semburan api yang menyala, unik ya.

***

Menikmati keunikan Pulau Madura, pastikan perjalanan wisatamu sudah terakomodasi dengan baik. Agen travel wisata, Jari Adventure, siap melayani kebutuhan wisatamu dengan harga paket sesuai budget. Liburan yuk…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.