3 Tempat Wisata di Banten yang Cocok untuk Keluarga

Provinsi Banten menyimpan kekayaan destinasi yang beragam. Mulai dari pesona alam berupa pesisir yang sangat menakjubkan. Pulau – pulau indah yang masih asri dan belum terjamah, hingga pesona kampung adat tradisional yang mewarisi sejarah dan tata adat nenek moyang sejak zaman prasejarah.

Lokasi yang tak terlalu jauh dari Jakarta, membuat provinsi termuda di Indonesia ini bisa menjadi alternatif yang ideal bagi keluarga ataupun traveller yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan.

Nah, liburan dadakan ke Banten? Yuk, cek dulu beberapa pilihan tempat wisata yang ramah keluarga berikut:

Pantai Anyer Banten

Di urutan pertama ada wisata bahari yang bisa anda kunjungi ketika datang ke Banten yakni Pantai Anyer. Anyer menawarkan keindahan pasir putihnya yang menjadi ikon pantai ini. Lokasinya ada di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Ombak disini cukup tenang, sehingga pengunjung bisa melakukan beberapa kegiatan seperti berenang, snorkeling, surving atau hanya sekedar jalan santai di tepi pantai. Pantai Anyer bisa dibilang tujuan wisata terpopuler di Serang, sehingga tak perlu heran jika pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Kampung Suku Baduy

wisata budaya ke kampung Baduy

Suku Baduy adalah suku pedalaman provinsi Banteng yang masih mendiami kawasan Serang. Wilayah pemukiman mereka juga dijadikan sebagai objek wisata dan sering dikunjungi oleh wisatawasan lokal mupun asing. Disini kita juga bisa mengenal tentang sejarah dan belajar mengenai kehidupan masyarakatnya dengan mencari tahu ada istiadat yang ada.

kampung baduy
via bantenwisata

Suku Baduy terdiri dari dua macam, yakni Suku Baduy Dalam yang mengisolasi diri dari dunia luar dan Suku Baduy Luar yang tentunya lebih terbuka. Jadi jika melancong ke Serang, Banten, jangan lupa untuk mampir ke Suku Baduy Luar.

Pulau Dua / Pulau Burung

Sesuai dengan namanya, di pulau ini memang terdapat beragam jenis burung dalam koloni yang besar. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pulau Burung adalah bulan April hingga Agustus karena akan banyak burung yang berimigrasi ke pulau ini. Setelah musim tersebut berakhir, maka ratusan hingga ribuan burung akan kembali ke daerah asalnya.

Liburan_Lebaran_di_Objek_Wisata_Tasikardi-
via penghubung.banten.go.id

Tercatat hampir 10.000 ekor burung yang terdiri dari 108 jenis yang berbeda hidup disini selama musim mereka belum berakhir. Objek wisata yang satu ini rupanya termasuk ke dalam kawasan cagar alam yang ada di Banten selain Ujung Kulon. Jaraknya dari pusat Kota Serang sekitar 30 kilometer, letaknya ada di utara Banten. Memiliki luas seluas 30 hektar, Pulau Burung juga memiliki ekosistem tumbuhan tropis berpadu dengan pesisir, seperti mangrove, pohon dada, kepuh, cangkring dan ketapang.

Baca juga:

Tempat Terbaik Rayakan Tahun Baru di Banten, Keren dan Terjangkau Lho!

Tips berwisata ke Banten

Dikenal dengan sebutan kota Debus, Banten ternyata memang memiliki sisi budaya mistis yang masih kental.

Kalau kamu berkunjung ke beberapa daerah seperti Keraton atau tempat – tempat bersejarah di Banten, masih mudah menjumpai “sesajen” yang menghiasi beberapa sudut kota.

Agar liburan lebih maksimal, berikut adalah beberapa tips berwisata ke Banten yang patut dicatat:

1. Jangan lupa mampir membeli oleh – oleh khas

Sepulang dari berwisata ke Banten, jangan lupa mampir membeli oleh – oleh khas yang terkenal. Ada beberapa panganan yang menjadi buah tangan para pengunjung dari Banten. Misalnya ada emping, ceplis, kue dapros hingga camilan gipang dan sate bandeng.

kuliner khas banten

Umumnya, makanan dan camilan ini sudah dikemas dalam wadah – wadah yang praktis dan mudah untuk dibawa bepergian. Akan tetapi, perlu diingat untuk sate bandeng. Karena jenis makanan basah, tidak bisa tahan terlalu lama dalam 24 hingga 48 jam harus segera dimakan.

2. Menilik sejarah Banten

masjid agung banten
via warasfarm blogspot

Bertandang ke Banten, tak perlu terburu – buru pulang. Mampir dulu di reruntuhan Keraton Surosowan. Keraton ini merupakan bekas istana Kesultanan Banten yang sangat megah. Dahulu, pewaris tahta kerajaan yang juga termasuk anggota Wali Songo, Sunan Maulana Malik Ibrahim bertempat tinggal di lingkungan Keraton.

Hingga kini, keraton masih bisa dilihat meskipun hanya tinggal puing – puing.

***

Berlibur ke Banten? Keputusan Anda sudah tepat. Pastikan Jari Adventure sebagai mitra perjalanan wisata Anda bersama keluarga ataupun rombongan instansi. Dijamin liburan lebih praktis tanpa harus repot mengurus semua sendiri dan bisa disesuaikan dengan budget Anda.

Yuk, hubungi Jari Adventure, agen travel wisata kepercayaan Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *