3 Rekomendasi Air Terjun di Malang Untuk Liburan Akhir Tahun

Jika sebelumnya membahas mengenai objek wisata berupa pantai, kini saatnya megulas mengenai 2 air terjun populer yang ada di Malang.

Kedua air terjun ini cukup mudah untuk dicapai atau dijangkau, letaknya tidak jauh dari pusat Kota Malang dan tentunya keindahannya tidak diragukan lagi. Oleh karena itu, simak apa saja air terjun yang mungkin bisa menjadi rekomendasi destinasi libur akhir tahun anda.

 

Coban Pelangi

pixabay.com

Bukan sekedar nama, air terjun yang satu ini memang membiaskan warna pelangi. Lokasinya ada di kawasan Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Coban Pelangi rupanya satu arah dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sehingga tak perlu heran jika suhu udara disini berkisar antara 19 – 23 derajat celcius.

Oleh karena itu, lebih baik anda datang kesini pada pagi hari karena masih berselimut kabut sekaligus udara yang adapun masih sejuk. Setelah bermain air, tak ada salahnya untuk mampir ke wisata Gunung Bromo.

Dari pusat Kota Malang, air terjun ini bejarak sekitar 32 kilometer. Untuk mencapai lokasi, moda transportasi yang bisa dipilih adalah kendaraan pribadi atau  angkutan umum dengan rute Terminal Arjosari menuju Kecamatan Tumpang dan lanjut menuju Desa Poncokusumo.

Pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 parkir sepeda motor dan Rp 5.000 bagi pengunjung yang membawa mobil. Walau jalan menuju Coban Pelangi telah beraspal, namun anda tetap perlu waspada karena jalanan yang berkelok – kelok dan bisa berubah menjadi licin saat musim penghujan tiba.

Coban Talun

pixabay.com

Sedikit bergeser ke Kota Batu, Malang Raya, Coban Talun juga memiliki pemandangan yang tak kalah epik. Air terjun yang berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang ini terletak kurang lebih 15 kilometer atau berkisar 1,5 jam dari pusat Kota Malang dan hanya 10 menit perjalanan dari pusat Kota Batu.

Dari parkiran, anda harus berjalan sepanjang 1 kilometer untuk menuju air terjun. Selama berjalan, hamparan lereng bukit dan semilir angin sejuk yang berhembus menemani langkah demi langkah. Memasuki area air terjun, pengunjung akan disuguhkan pemandangan berupa hempasan air yang jernih dan ditambah bebatuan besar semakin menambah kesan eksotis.

Tak hanya air terjun, anda juga bisa menjumpai kebun bunga yang sering dijadikan sebagai tempat prewedding atau hanya sekedar berfoto biasa. Ada pula sebuah perkampungan kecil bernuansa suku Indian yang bernama wahana Apache. Berbagai pernak – pernik dan ornamen disini dibuat mirip seolah pengunjung sedang berada di tengah – tengah suku Apache, Indian.

Coban Talun telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, seperti mushula, tempat makan dan toilet, sehingga tempat ini sangat cocok menjadi destinasi berlibur akhir tahun bersama teman – teman atau keluarga tercinta.

 

Baca juga:

Coban Rais

pixabay.com

Masih dalam kawasan kota wisata Batu, Malang, aliran deras air terjun yang jatuh dari kecuraman sekitar 100 meter menjadi daya tarik wisatawan.

Berlokasi di sekitar hutan pinus yang asri, Coban Rais eksis dengan segala keindahannya. Tampak seperti sebuah curahan air dewa yang membentuk kolam alami di bagian bawah. Perairannya jernih dan segar.

Tak heran apabila sejumlah orang tak sanggup menahan diri untuk segera menceburkan diri ke dalamnya.

Coban Rais tak hanya menawarkan wisata berupa air terjun. Di sejumlah titik, para pelancong dapat mengabadikan diri berlatar spot selfie yang unik dan menarik.

Misalnya saja seperti di atas rumah pohon, hammock yang bergantungan serta bentangan panorama matahari yang sedang terbenam.

Sudah jadi kebiasaan rutin, ketika weekend panjang atau hari libur, wisatawan berbondong – bondong datang ke Coban Rais untuk melepaskan stres dan penat.

Masih di sekitar kawasan Coban Rais. Tersedia juga area camping ground yang cukup luas. Pihak pengelola juga menyediakan tenda besar untuk disewa sesuai kebutuhan. Ada kamar mandi dan air bersih yang membuat fasilitas di Coban Rais semakin nyaman bagi pengunjung.

***

Nah, semoga beberapa rekomendasi destinasi air terjun mempesona di Malang tersebut bisa menjadi alternatif liburan akhir tahun di kota Apel. Daripada tahun baruan tak jelas dengan konvoi yang bikin macet. Lebih baik, kembali mereguk indahnya alam dan merancang revolusi diri yang lebih baik di tahun baru.

Pastikan Jari Adventure, sebagai mitra dalam perjalanan wisata Anda ke berbagai destinasi menarik di seluruh Indonesia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *