3 Kuliner Khas Pacitan yang Tiada Duanya di Dunia, Berbahan Dasar Tuna & Hiu

Wisata kuliner ke Pacitan, umumnya pengunjung bakal lebih mudah menjumpai jenis masakan sari laut. Bahan – bahan seperti ikan tuna, ikan kerapu, ikan baronang, ikan tongkol, hingga ikan kelong alias ikan hiu.

Pastinya, selain lezat dan gurih, kuliner dari Pacitan juga mengandung nilai gizi yang tinggi. Dalam seporsi masakan berbahan  ikan. Para penikmat rasa bakal menemukan kandungan omega 3, protein, mineral, dan vitamin untuk memenuhi asupan kebutuhan nutrisi harian.

Nah, sudah siap menjelajahi keunikan kuliner khas tanah kelahiran Presiden ke-6 ini, yuk berangkat ke kota Pacitan…

Tahu Tuna

Bukalapak

Terkenal sebagai daerah pesisir, Pacitan memiliki hasil laut yang melimpah, salahsatunya adalah ikan tuna. Disana tuna diolah menjdi beragam kudapan seperti lumpia, siomay, rolade bakso, pepes dan yang populer ialah tahu tuna. Eits, siapa sangka bahwa ikan tuna memiliki kandungan Omega 3 yang bisa berfungsi untuk meningkatkan HDL atau kolestrol baik. Jadi selain rasanya yang membuat ketagihan, mengkonsumsi tahu tuna baik memiliki manfaat yang baik untuk asalkan masih dalam porsi yang wajar lho!

 

Salah satu tahu tuna yang sering menjadi jujukan para pemburu oleh – oleh khas Pacitan adalah ‘Tahu Tuna Pak Ran’. Tak lagi hanya dijual di tempat oleh – oleh saja, namun juga meluas ke pasar online. Tetapi akan lebih afdhol rasanya bila mencicipi langsung di daerah asalnya.

 

Nasi Tiwul

homestaypacitan.com

Nasi Tiwul memang tidak hanya ada di Pacitan, namun ciri khas nasi tiwul khas Pacitan yang disajikan bersama ikan kelong – lah yang membuatnya berbeda. Konon makanan ini telah ada sejak jaman penjajahan Jepang sebagai pengganti makanan pokok pengganti nasi karena tingginya harga beras saat itu. Nasi tiwul sendiri adalah nasi berbahan dasar gaplek alias singkong yang telah dikeringkan.

 

Layaknya nasi pada umumnya, kurang nikmat bila disantap tanpa lauk. Ikan kelong goreng, tahu atau tempe menjadi pelengkap kuliner yang satu ini. Bagi yang belum tahu, di Pacitan, ikan kelong adalah sebutan lain untuk ikan hiu yang masih kecil dengan panjang kira – kira 75 – 100 cm. Selain disajikan bersama lauk ikan atau tahu tempe, sambal dan potongan timun semakin menambah kelezatan nasi tiwul. Seiring berkembangnya waktu, varian lauk nasi tiwul mulai bervariasi termasuk ayam goreng kremes tulang lunak yang kini menjadi salahsatu favoritnya. Anda bisa

Baca juga:

Sayur Kalakan

merahputih.com

Untuk anda yang doyan masakan dengan cita rasa pedas, jangan lewatkan untuk mencicipi sayur kalakan ketika berkunjung ke Pacitan. Berbahan utama daging ikan hiu, menjadikan kuliner ini begitu unik sehingga banyak diburu wisatawan yang gemar menikmati kuliner khas daerah. Tak perlu khawatir harganya mahal, karena di Pacitan, kita bisa menemu ikan hiu dengan mudahnya.

 

Uniknya lagi, meski berupa sayur berkuah, daging ikan hiu yang digunakan dipotong kecil – kecil lalu ditusuk seperti sate. Sayur ini biasanya disantap bersama dengan nasi tiwul, kuah sayur kalakan menggunakan santan yang ditambahkan cabai rawit sehingga menjadi perpaduan yang segar antara santan yang gurih berpadu dengan pedasnya cabai. Salahsatu rumah makan yang menjual sayur kalakan ialah Warung Makan Sari Laut Bu Gandos yang letaknya kurang lebih 1 kilometer dari Pantai Teleng Ria, Pacitan.

***

 

Sebenarnya, masih banyak ragam kuliner khas Pacitan yang masih bisa dieksplorasi. Kalau kamu mampir atau sedang berada di kota yag berjuluk 1001 goa ini, wajib mampir ke lokasi Alun – alun yang terdapat banyak pedagang makanan untuk wisata kuliner.

 

Selain wisata foodie, kunjungi juga berbagai destinasi wisata alam yang sudah diakui para pengunjung benar – benar indah. Seperti Pantai Teleng Ria, Pantai Klayar, hingga seribu keunikan Goa Gong yang menakjubkan.

 

Goa Gong dapat menjadi instrumen alam yang harmonis, karena saat beberapa sudut stalagmit atau stalagtit ditabuh, maka akan terdengar bunyi yang indah sehingga menjadi perpaduan musik yang dapat dipertunjukkan kepada wisatawan.

 

Selain itu juga ada Pemandian Alami Banyu Anget untuk terapi kesehatan, serta wisata arung jeram di Sungai Maron yang menantang adrenalin.

 

Yuk, siapkan perut dan lidahmu untuk digoyang 3 kuliner khas Pacitan yang menggugah selera..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *