3 Destinasi Wisata di Solo Untuk Menghindari Keramaian Wisatawan Saat Musim Liburan Akhir Tahun

Selama liburan akhir tahun, bisa dipastikan, lonjakan pengunjung yang bakal menghabiskan waktu senggang di kota Solo akan naik berkali lipat.

Maklum saja, selain kota Jogja atau Semarang, Solo juga menjadi primadona wisata berkat keberagaman jenis wisata.

Termasuk wisata budaya, sejarah, tradisi dan kuliner yang menakjubkan.

Sebagai wisatawan yang mungkin jauh – jauh datang dari luar kota menuju Solo. Tentu kita ingin agar lebih leluasa menikmati setiap destinasi tanpa perlu berdesak – desakan ataupun berjubelan dengan pengunjung lain.

Tengok saja, destinasi wisata yang sudah populer seperti Borobudur, Prambanan, atau Parangtritis, musim liburan bakal dipenuhi pengunjung. Sehingga foto – foto yang kita inginkan di tempat – tempat yang Instagrammable menjadi lebih sulit. Karena ada banyak pengunjung yang berada di satu lokasi secara bersamaan.

Nah, kalau kamu ingin menikmati alternatif wisata di Solo yang lebih tenang dan kontemplatif, inilah 3 rekomendasi tempat wisata alam untuk Anda:

Grojogan Sewu

Sesuai dengan kota asalnya, Grojogan Sewu berasal dari bahasa jawa yang berarti air terjun seribu bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Lokasinya ada di Tawangmangu, Solo, objek wisata ini dapat dijangkau dengan jarak 37 kilometer saja dari pusat kota. Tidak terlalu jauh, bukan? Oleh karena itu, anda akan melihat banyak pengunjung yang datang karena alasan medan yang ditempuh tidak terlalu berat pula. Saat memasuki area pintu masuk, anda akan disambut dengan pepohonan dan udara yang sejuk. Suara gemuruh percikan air terjun terdengar jelas karena air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 81 meter. Tebing bebatuan yang menjulang tinggi di sekitaran air terjun menambah asrinya tempat ini. Tak hanya dapat menikmati keindahan alam sekitar, pengunjung juga bisa berfoto dengan berlatar jembatan penyebrangan yang ada di sekitar air terjun.

Air Terjun Jumog

air terjun di anambas
air terjun di anambas

Alternatif lain wisata alam berupa air terjun yang bisa anda coba selain Grojogan Sewu adalah Air Terjun Jumog. Selisih 3 kilometer dari Grojogan Sewu yakni berjarak 40 kilometer dari pusat kota, air terjun ini memiliki keindahan alam yang tak kalah menarik. Kesejukan di sekitar objek wisata begitu terasa karena letaknya yang berada di dataran tinggi. Beberapa fasilitas juga ditawarkan disini, seperti kolam berenang dan tempat bermain untuk anak – anak. Jika telah puas menikmati Air Terjun Jumog, kedua wahana tersebut bisa anda kunjungi bersama si buah hati. Namun siap – siap menggigil karena air dan udara yang ada membuat anda akan bergidik kedinginan. Terdapat rest area atau area peristirahatan yang bisa anda gunakan bersama keluarga bila merasa lelah setelah seharian berkeliling.

Baca juga:

Air Terjun Girimanik

air terjun gunung jantan -
via tourism-indonesia.com

Selanjutnya ada Air Terjun Girimanik yang didominasi oleh tumbuhan hijau dan bebatuan. Jauh dari hiruk pikuk Kota Solo, tempat ini paling pas untuk anda yang sedang membutuhkan ketenangan. Di kawasan ini, anda dapat menikmati 4 air terjun sekaligus yakni Air Terjun Manik Moyo, Air Terjun Condromoyo, Air Terjun Tinjo Moyo dan tentunya Air Terjun Girimanik. Untuk ada yang gemar berfoto, salahsatu objek wisata alam yang ada di Solo ini bisa menjadi rekomendasi. Terlebih harga tiket masuk hanya 5 ribu rupiah saja, sangat terjangkau kan? Jangan lupa hindari akhir pekan dan musim liburan bila tak ingin ramai oleh pengunjung.

***

Jadikan perjalanan wisata Anda ke Solo sebagai pengalaman eksotis yang penuh kenangan berkesan. Untuk menciptakan liburan yang menyenangkan dan bebas ribet, hubungi saja agen travel wisata Jari Adventure.

Travel agent Jari Adventure mengakomodir semua kebutuhan perjalanan wisata. Seperti akomodasi, tiket masuk atraksi wisata, hingga tour guide selama di kota destinasi.

Liburan jadi lebih praktis dan hemat, karena semua kebutuhan perjalanan sudah disiapkan oleh pihak travel. Anda tinggal menikmati liburan senyaman mungkin, tanpa harus repot menelepon pihak hotel atau takut kehabisan kamar.

Yuk, pesan sedari awal sejak jauh – jauh hari sebelum keberangkatan. Jari Adventure juga melayani fitur pemesanan dan konsultasi tentang destinasi pilihan untuk wisata melalui aplikasi Whatsapp. Enjoy your trip..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *