3 Bukit di Kalimatan Barat Ini Tawarkan Keindahan Alam Menakjubkan

Bukit kelam – Kalimantan Barat merupakan provinsi dengan julukan kota seribu sungai. Ternyata tidak hanya melulu tentang wisata air yang bisa anda temukan di provinsi ini tetapi juga wisata bukit. Nah, bagi anda yang menyukai petualang wajib sekali untuk mencoba datang ke 4 bukit di kalimantan ini. Penasaran bagaimana indah dan menantangnya keempat bukit tersebut? Yuk simak sama-sama!

Bukit Jamur

Salah satu bukit yang memiliki daya tari sendiri yaitu Bukit Jamur. Berada ini berada di kota Bengkayang, yang merupakan salah satu kota kabupaten di Kalimantan Barat tepatnya di desa Belangko. Bukit ini memiliki tinggi yang mencapai kurang lebih 500 mdpl dan memiliki keindahan layaknya di puncak tertinggi jawa, Mahameru karena anda bisa menikmati samudra awan saat pagi hari. jika anda anda adalah seorang pendaki maka mendaki bukit ini adalah sebuah petualangan yang menakjubkan. Untuk bisa sampai ke bukit ini anda bisa mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat yang harus berhenti di area parkiran. Nah, sedangkan untuk sampai ke puncak diperlukan waktu kurang lebih 2 hingga 3 jam. Dari atas puncak bukit ini anda bisa melihat negara tetangga yakni Sarawal, Malaysia. Sebagaimana di lansir dari laman indo-kaya.com jika anda ingin benar-benar menikmati keindahan maka harus memperhatikan waktu yang pas untuk mendaki.

Bukit Kelam

Selain bukit jamur, Kalimantan Barat juga memiliki bukit laiinnya . Salah satunya yakni Bukit Kelam. Bukit Kelam merupakan salah satu wisata terfavorit masyarakat Sintang maupun luar kota. Sebongkah batu raksasa yang bernama bukit kelam ini berada kurang lebih 20 km dari pusat kota Sintang dan menjadi backround kota Sintang jika di lihat dari tepian sungai Kapuas. Untuk bisa sampai ke Bukit Kelam, anda bisa mengambil rute perjalanan dari berbagai arah. Dari Pontianak misalnya, anda bisa lewat jalur darat menggunakan kendaraan roda empat yang mana menghabisakan waktu kurang lebih 10 jam atau jika anda ingin segera sampai ke kota Sintang, anda bisa mengambil rute jalur udara dengan memakan waktu kurang lebih 35 menit menuju Sintang , kemudian dilanjutkan menuju lokasi menggunakan kendaraan roda dua atau empat dengan menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam.

Baca juga; Mengenal Masjid Sultan Suriansyah, Salah Satu Masjid Tertua di Kalimantan Selatan

Bukit Saran

Satu lagi, sebuah bukit yang terletak yang terletak di kabupaten Sintang. Bukit ini bernama bukit Saran. Bukit ini berada di ketinggia kurang lebih 1.758 Mdpl. Nah, untuk bisa menikmati sensasi perjalanan kebukit ini anda bisa melewati rute perjalanan dari Pontianak menuju Sintang menggunakan bus, mobil/travel menuju Sekadau dilanjutkan menuju Simpang 4 kayu lapis hingga ke desa Lepat Betung dan kemudian dilanjutkan pendakian. Pemandangan di bukit ini menawarkan keberagaman yang begitu indah. Jika anda adalah seorang pendaki maka cobalah untuk berlibur ke bukit ini.

Bukit Batudaya

Merupakan salah satu bukit yang unik, terdapat di perbatasan Laor Simpang Hilir dan Sukadana Kabupaten Ketapang. Lokasi ini masuk dalam kawasan taman Nasional Gunung Palung (TNPG). Apa yang unik dari bukit ini? Ternyata bukit ini jika dilihat dari berbagai sisi dapat memperdaya mata memandang, namun bagian sisi yang sangat menkjubkan menunjukan bahwa bukit ini mirip dengan hewan Unta.

Sehingga bukit Batudaya juga disebut sebagai bukit Unta. Nah, bagi anda penyuka dan memiliki keahlian panjat tebing dapat mencoba di bukit ini. Untuk bisa sampai ke bukit ini anda bisa melewati beberapa jalur yakni darat dan sungai. Anda bisa menggunakan speadboat dari Pontianak menuju Telok Melano Ketapang kemudian dianjutkan hingga ke desa Perawas dan di sinilah anda dapat melihat keindahan bukit Batudaya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.