Jembatan Terindah di Dunia, Indonesia Juga Termasuk Lho!

Anda pasti pernah melewati jembatan selama dalam perjalanan, entah untuk berlibur atau mengunjungi sanak saudara di negara tetangga.

Jembatan memang berfungsi sebagai penghubung antara 2 bagian jalan yang terputus akibat adanya rintangan. Bisa berupa lautan, atau sungai dan lembah. Namun, pernahkah Anda berpikir apa saja sih jembatan terindah di dunia?

Dunia pariwisata semakin lama kian berkembang. Kini, jembatan juga bisa beralih fungsi sebagai landmark atau ikon dari suatu kota bahkan negara, lho!

Banyak kota yang berlomba-lomba untuk membangun jembatan terindah yang megah nan menawan. Apa saja? Check this out ya!

 

  1. Jembatan Surabaya – Surabaya, Indonesia

Mari memulainya dengan jembatan terindah di Indonesia, salah satunya ialah Jembatan Surabaya. Tempat ini bahkan menjadi salah satu landmark terbaru di Surabaya, lho!

Yang menjadi daya Tarik ialah air mancur warna warni yang muncul setiap malam Minggu. Pertunjukkan ini biasa hadir di hari Sabtu pukul 8 malam hingga 9 malam.

Warna wani Pelangi yang indah akan menghiasi perjalanan Anda selama melewati jembatan yang satu ini.

 

  1. Jembatan Pasupati – Bandung, Indonesia

Ini dia Jembatan Pasupati atau yang biasa dikenal dengan nama Jalan laying Pasupati. Jembatan ini menghubungkan bagian timur dan utara kota Bandung.

Jembatan kebanggan warga Bandung ini memiliki panjang sekitar 2,8 kilometer dengan 663 unit segmen serta ditopang dengan 46 tiang.

Di mala hari, jembatan ini akan disoroti lampu warna-warni yang sangat indah.

 

  1. Jembatan Ampera – Palembang, Indonesia

Seakan tak mau kalah, jembatan Ampera terbentang sepanjang 1.117 meter. Jembatan ini menghubungkan daerah Seberang Ilir dan Seberang Ulu yang terpisahkan Sungai Musi.

Dulunya, jembatan ini biasa dilewati kapal dengan lebar mencapai 60 meter serta tinggi 44,5 meter, lho!

 

  1. Jembatan Vasco da Gama – Lisbon, Portugal

Penghubung yang satu ini terletak di Lisbon, Portugal, tepatnya jembatan yang melintasi Sungai Tagus yang panjangnya mencapai 17,2 ribu meter!

Jembatan ini merupakan jembatan paling panjang di Eropa, lho! Di tahun 1998, jembatan ini dibangun untuk melancarkan pembukaan World Fair kala itu.

baca juga:

Keripik Keladi dan Sarang Semut, 8 Oleh oleh khas Papua yang Bisa Dibeli

 

  1. Jembatan Goldern Gate – San Francisco, Amerika Serikat

Anda pasti pernah melihat penampakan jembatan ini di berbagai film hingga majalah ternama. Jembatan Golderrn Gate termasuk sebagai jembatan paling popular di dunia.

Jalur penghubung dengan nuansa merah artistic ini terbentang sepanjang 2.727 meter, dengan menghubungkan Kabupaten Marin dan San Francisco.

Tenang saja, kemegahan jembatan ini ternyata terbuka untuk para pejalan kaki di jam 9 pagi hinga 6 sore.

Sayangnya, dibalik nuansanya yang artistic, terdapat cerita yang mengerikan. Jembatan ini kerap digunakan sebagai lokasi bunuh diri.

 

  1. Jembatan Banpo – Seoul, Korea Selatan

Banpo Bridge, jembatan air mancur terpanjang yang ada di dunia. Jembatan ini menyediakan air mancur yang deprogram khusus untuk pertunjukkan yang berbeda saat siang dan malam hari.

Anda bisa melihat air mancur di Jembatan Banpo setiap hari, mulai bulan April hingga Oktober. Pertunjukkan akan diselenggarakan 20 menit selama 4-6 kali sehari.

 

  1. Jembatan Danyang Kunshan – Jiangsu, China

Danyang Kunshan Bridge juga termasuk dalam jembatan terpanjang di dunia. Jembatan ini menghubungkan Shanghai dengan Nanjing mencapai 164,8 kilometer.

Resmi dibuka pada tahun 2011, jembatan ini memperkerjakan 10 ribu orang dalam pembangunannya.

Pasalnya, pembangunan jembatan ini membutuhkan waktu hingga 4 tahun lamanya dengan biaya sekitar 8,5 miliar dollar AS. Waw, sungguh biaya yang sangat tinggi, bukan?

 

  1. Jembatan Millau Viaduct – Tran Valley, Perancis

Millau Viaduct di Tran Valley Bridge, Perancis menduduki peringkat sebagai jembatan tertinggi di dunia, bahkan ketinggiannya mengalahkan Menara Eiffel yang mencapai 341 meter.

Jembatan ini terbentang sepanjang lembah Sungai Tarn, tepatnya di dekat Millau selatan Perancis.

Panjangnya mencapai 2.460 meter sehingga memberikan pengalaman menarik berupa sensasi jalan di atas awan. Sangat mengesankan!

 

  1. Jembatan Akashi-Kaikyo – Selat Akashi, Jepang

Jembatan yang satu ini memegang gelar “World’s Longest Suspension Bridge”. Rentang jembatan Akashi-Kaikyo mencapai 1.991 meter.

Jembatan tol ini menghubungkan kota Awaji di Pulau Awaji dengan kota Kobe di Maiko.

Tak hanya itu, jembatan ini juga menyuguhkan dua buah taman sebagai tujuan wisata. Letaknya saling bersebrangan di Pulau Awaji dan di sisi Maiko.

 

  1. Tower Bridge – London, Inggris

Ini dia jembatan yang sangat popular di runia, Tower Bridge di London, Inggris. Jembatan ini terbentang di atas Sungai Thames, dengan panjang sekitar 61 meter.

Namanya diambil karena letaknya yang berdekatan dengan London Tower. Di atas jembatan juga terbangun 2 bangunan Menara yang saling terhubung. Tersedia dua koridor khusus untuk pejalan kaki.

Jembatan di Indonesia juga tak kalah kerennya dengan yang ada di luar negeri. Jadi, jembatan apa saja yang pernah Anda lewati?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.