12 Atraksi Wisata di Tana Toraja Untuk Liburan Rame-rame Teman Sekantor

Tidak disangka, pesona alam Indonesia begitu terkenal hingga ke segala penjuru dunia. Salah satu yang paling memikat adalah Tana Toraja. Kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Selatan ini menyimpan sebuah harta karun adiluhung berupa kekayaan adat dan tradisi masyarakat serta pemandangan alam yang spektakuler. Pantas jika penduduk di Tana Toraja sangat ramah kepada wisatawan lokal dan asing. Ini karena mereka tak pernah berhenti dikunjungi para turis yang penasaran ingin menyaksikan eksotika Tana Toraja saat liburan.

1. Ke’te Kesu

Pemukiman penduduk yang berada di daerah dataran tinggi ini berhawa sejuk dan panorama alam yang sungguh mencengangkan. Tidak hanya disuguhi pemandangan berupa bukit – bukit dan pegunungan, tetapi Anda juga bisa menyaksikan kuburan yang digantung di atas ketinggian. Inilah sebabnya, buat yang tidak begitu banyak stok nyali, liburan rame- rame akan jauh lebih menyenangkan.

2. Londa

Pemakaman khas Toraja ini sudah ada sejak ratusan tahun silam. Masyarakat yang meninggal dikubur di dalam peti yang ditempatkan sesuai silsilah garis trah atau keturunan keluarga dan status sosial. Bentuk makam yang unik dan tidak ada duanya inilah yang membuat Londa jadi spot favorit pengunjung.

3. Lemo

Bisa dibilang memang wisata ke Tana Toraja membuat kita harus beruji nyali. Seperti mengunjungi Lemo, rumah ini merupakan tempat penyimpanan mayat yang berada di sebuah area atau alam terbuka.

4. Tilanga

Usai lelah berkeliling, tidak ada ruginya berendam dan menyegarkan diri di Tilanga. Lokasi ini merupakan pemandian di alam terbuka yang airnya jernih dan sejuk.

Baca juga:

4 Oleh – oleh Khas Medan yang Murah – meriah, Borong yuk..

 

5. Patung Pong Massangka

Tidak hanya menyimpan wisata ritual adat atau bentang alam yang memikat, Tana Toraja juga layak ditelusuri dari segi historisnya. Termasuk ketika mengunjungi Patung Pong Massangka. Patung ini adalah perwujudan atau monumen lambang keberanian orang suku Tana Toraja yang berani berjuang melawan penjajah Belanda. Ia bahkan dikabarkan juga sosok pemberani yang tak gentar menghadapi seekor harimau.

6. Tangdanun

Di masa lalu, perkebunan kopi Tangdanun dikelola oleh bangsa Negeri Sakura atau penjajah Jepang. Namun, sekarang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah lokal sebagai perkebunan kopi asli Toraja.

7. Lokomata

Masih wisata pemakaman khas Toraja. Bila kebanyakan mayat dikubur di tebing – tebing berbatu. Maka Lokomata berbeda. DI sini batu – batu raksasa berada di sejumlah titik yang tersebar di seantero desa. Nah, di dalam batu raksasa inilah mayat – mayat disimpan.

8. Kambira

Keunikan pemakaman khas Toraja juga bisa disaksikan di Kambira. Di sini terkenal sebagai tempat menguburkan bayi atau pemakaman khusus bayi. Lubang dibuat di dalam batang pohon Tarra. Yaitu pohon berusia ratusan tahun yang diameternya seukuran 2 meter. Setelah dilubangi, mayat bayi kemudian dimasukkan di dalamnya dan ditutup ijuk pohon enau.

9. Bate Bambalu

Berwisata ke Tana Toraja jangan lupa membeli oleh – oleh khas Tana Toraja berupa kain tenun atau kerajinan tangan. Seperti gantungan kunci, kaos, tas, dan lain – lain. Nah, di sini merupakan home industri kerajinan lokal Tana Toraja. Ada banyak jenis oleh – oleh yang bisa dipilih. Selain itu, di sini juga ada galeri seni dan museum kecil, Museum Bate Bambalu.

10. Tongkonan Pallawa

Jangan lupa kunjungi sejumlah Tongkonan atau rumah adat suku Toraja. Biasanya, Tongkonan ada di puncak bukit. Termasuk Tongkonan Pallawa. Di bagian depan ada tanduk kerbau, dan konon di dalamnya juga ada beberapa bagian tulang – belulang jenazah yang disimpan.

11. Dusun Patane

Kuburan yang mirip seperti rumah ini merupakan “kavling” atau tempat yang nantinya akan digunakan bagi anggota keluarga tertentu dikuburkan jika sudah meninggal.

12. Pusat Kota Rantepao

Kembali ke pusat kota di Rantepao, pengunjung dapat membeli aneka oleh – oleh seperti barang kerajinan tangan, kain tenun atau camilan dan makanan oleh – oleh khas Tana Toraja. Di pusat kota, hampir sepanjang jalan berderet toko – toko souvenir dan oleh – oleh yang bisa disinggahi.

***

Luar biasa, bukan kekayaan wisata di Tana Toraja? Rencanakan perjalanan wisata bersama teman – teman sekantor bersama agen travel wisata yang berpengalaman, Jari Adventure.

Akan lebih pas jika berkunjung saat ada upacara ritual pemakaman sehingga akan lebih banyak pengalaman wisata yang bisa dilihat. Segera ajukan cuti liburan ke bos agar bisa travelling  rame – rame ke Tana Toraja ya..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.