11 Tempat wisata yang terkenal di Italia

Selain dikenal dengan keindahan alam dan makanannya, Italia juga dikenal sebagai Negara dengan banyak situs bersejarah dan bercitarasa seni tinggi. Banyak tempat menarik di Italia yang tersebar di kota-kota besar seperti Roma, Venisia, dan Florence maupun di kota-kota lainnya. Yuk ikut kita untuk lebih mengenal tempat-tempat tersebut.

1. Koloseum

Mungkin bisa dibilang sebagai tempat wisata yang terkenal di Italia. Menjadi agenda wajib bagi para traveller yang mengunjungi  negara ini. Pada masa kejayaan Romawi  bangunan ini menjadi tempat hiburan bari rakyat Roma. Tempat ini menampilkan berbagai pertunjukan mulai dari pacuan kuda hingga pertarungan para gladiator. Karena kemegahannya Koloseum tetap menjadi ikon dari kota Roma dan menjadi saksi bisu sejarah bangsa Italia.

Area di sekitar koloseum amatlah luas untuk menampung banyak pengunjung, sehingga rekan traveler dapat dengan leluasa berfoto sendiri atau bisa berfoto dengan warga lokal yang mengenakan pakaian prajurit romawi kuno. Masuk ke dalam koloseum, traveler bisa menjelajahi ruang bawah tanah dan merasakan sensasi menjadi gladiator ketika bersiap-siap untuk bertarung.

Alamat        : Piazza del Colosseo, 1, 00184 Roma, Italia

Jam buka     : 08:30 – 15:30

Telepon       : +39 06 3996 7700

 

2. Forum Romawi

Terletak tidak jauh dari Koloseum, Forum Romawi juga merupakan tempat menarik di Italia yang menampilkan sejarah kekuasaan Romawi kuno. Menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh traveler sejati ini sebenarnya adalah reruntuhan kota Romawi kuno yang dahulunya  berdiri megah bangunan istana, gedung para senator, kuil-kuil, pasar dan taman yang indah. Di dalam salah satu reruntuhan itu terdapat satu kuil bernama Tempio di Giulio Cesare yang di dalamnya berisi makam Julius Caesar.

Pintu masuk utama ke tempat ini terletak di sepanjang jalan Via dei Fori Imperiali, dekat dengan Piazza Venezia. Sedangkan pada pintu keluarnya menuju langsung ke Koloseum di mana traveler bisa langsung mengunjunginya karena tiket masuk ke dua tempat ini adalah sama. Sejarah yang ada di dua tempat ini akan membuka cakrawala akan sejarah Romawi kuno.

Alamat        : Via della Salara Vecchia, 5/6, Roma, Italia

Jam buka     : 08:30 – 15:30

Telepon       : +39 06 0608

 

3. Kuil Pantheon

Bangunan yang dibangun untuk tempat penyembahan dewa-dewa orang Romawi kuni ini masih menampilkan kemegahannya walaupun umurnya sudah hamper 2000 tahun. Ketika memasuki tempat ini perhatian pengunjung akan tertuju pada sinar matahari yang masuk melalui lubang besar di langit-langit. Keindahan arsitektur dari Pantheon inilah yang menarik banyak pengunjung untuk mengunjunginya.

Struktur bangunan tempat ini amatlah memukau dengan detil yang luar biasa, terlihat sebagai bangunan kotak yang kaku namun penuh dengan lengkungan dinamis di bagian interior. Raja Italia Vittorio Emanuele II dan Umberto I bersama dengan pelukis kenamaan Italia Raphael dimakamkan di tempat ini. Tempat wisata yang terkenal di Italia ini adalah contoh menakjubkan dari arsitekrut romawi abad kedua  dan menggambarkan kehebatan matematis dan geometris yang akan memukau pengunjung.

Alamat        : Piazza della Rotonda, 00186 Roma, Italia

Jam buka     : 09:00 – 19:30

Telepon       : +39 06 6830 0230

 

4. Air Mancur Trevi

Air mancur yang terkenal karena keindahannya di antara banyak  air mancur lain di Roma. Dengan desain yang menyerupai lengkungan kemenangan ini dibangun di depan Palazzo Poli.  Keimegahan dari air mancur ini akan semakin terpancar pada malam hari ketika sorot lampu meneranginya. Berdiri tegak sebagai tokoh sentral dari air mancur ini adalah Neptunus yang sedang menaiki kereta berbentuk kerang dan ditarik oleh dua kuda laut, yang dipahat oleh PIetro Braci.

Terdapat  sebuah kepercayaan menarik dari air mancur ini yang menyangkut sekeping koin. Dipercaya bahwa apabila seorang pengunjung berhasil melempar koin ke dalam kolam ini maka dia akan bisa kambali lagi ke Roma. Tapi ada cara tersendiri untuk melemparnya yaitu dengan membelakangi kolam ini dan melempar koin dengan tangan kanan melewati bahu kiri.

Alamat        : Piazza di Trevi, 00187 Roma, Italia

Jam buka     : Sepanjang hari

Telepon       : +39 06 0608

 

5. Grand Canal

Keluar dari kota Roma kita menuju ke Venisia, yang merupakan salah satu destinasi  yang mempunyai nuansa romantis di Italia. Objek wisata yang paling banyak dikunjungi di kota ini tentunya adalah Grand Canal, yaitu sungai sepanjang 3800 meter yang membelah kota ini menjadi dua bagian. sungai ini dapat dibilang sebagai jalan utama dari Venisia yang di sisinya terdapat banyak bangunan indah yang dapat dinikmati saat melintasinya.

Untuk melintasi sungai ini traveler dapat menaiki bis air atau vaporetto dari ujung ke ujung. Atau bagi mereka yang ingin menikmati suasan romatis di sepanjang kanal ini bisa memilih gondola, yang akan memeberikan pengalam yang lebih berkesan. Taksi air juga bisa dipilih sebagai moda transportasi di sepanjang sungai ini. Di ujung sungai ini tempat menairk lain yang layak dikunjungi seperti alun-alun Santo Markus dan Istana Doge.

Alamat        : Venisia

Jam buka     : sepanjang hari

Telepon       : +39 041 529 8711

 

6. Kapel Sistina

Italia juga dikenal dengan para perupa seni nya, nah untuk para traveler yang ingin melihat salah satu karya seni yang terkenal dapat mengunjungi kapel yang terletak di dalam lingkungan Istana Apostolik, kediaman resmi Paus di Vatikan. Kapel ini terkenal karena arsitekturnya yang tampak melahirkan kembali Bait Salomo dari zaman Perjanjian Lama, dan akan dekorasinya yang seluruhnya dihias oleh seniman-seniman besar era Renaissance seperti Michelangelo, Raphael, dan Sandro Botticelli. Atas perintah Paus Yulius II, Michelangelo melukis langit-langit kapel seluas 12.000 kaki persegi antara tahun 1508 hingga tahun 1512. Meskipun ia jengkel dengan tugas ini dan berpikir bahwa tugasnya hanya untuk kebesaran Paus, kini langit-langit kapel ini dianggap sebagai mahakaryanya.

Kapel Sistina adalah bangunan batu persegi-empat yang tinggi. Bagian luarnya tidak dihiasi dengan hiasan-hiasan arsitektur atau dekoratif seperti yang biasanya ada di banyak gereja-gereja zaman Abad Pertengahan dan Renaissance di Italia. Tapi pada bagian dalamnya pengunjung akan menemui banyak karya seni indah mulai dari karpet, lukisan penutup dinding, hingga lukisan pada langit-langit kapel yang indah.

Alamat        : 00120, Vatikan

Jam buka     : 09:00 – 16:00 (Senin – Sabtu)

 

Baca Juga : Liburan Seru ke Tempat Wisata Menarik Di Jepang Menggunakan Japan Railway Pass

 

7. Galeri Uffizi

Bangunan yang terletak di Firenze ini dibangun pada tahun 1584 ini pertama kali difungsikan sebagai kantor  hakim atau Uffizi dalam bahasa Italia, dan dari sinilah asal nama galeri ini didapatkan. Keluarga Medici yang awalnya mendiami gedung ini mengumpulkan mahakarya – mahakarya baik lukisan ataupun patung dari seluruh penjuru Italia. Setelah hilangnya dinasti Medici, karya seni tersebut tetap dipertahankan di kota Firenze dan gedung inipun mulai dibuka untuk umum sebagai museum pada tahun 1765.

Pengunjung diharapkan bersabar dalam melintasi aula yang ada di dalam galeri ini, karena memang peruntukan awal bukanlah untuk museum maka ruangan yang tersedia lebih sempit dan tanpa pengatur suhu udara. Pengunjung akan dibawa melewati jejeran karya seni yang diatur berdasarkan waktu mulai dari abad 13 hingga 18.

Dimulai dari lukisan beraliran gothic dari Giotto dan Cimabue, dilanjutkan ke aula jaman reanisans dengan lukisan dari Paolo Ucello. Aula terbesar dari galeri ini terletak setelahnya, mewadahi lukisan yang paling mengagumkan karya Sandro Botticelli yang berjudul Birth of Venus. Menjadi objek wisata utama di Florence cobalah mengunjungi galeri ini pada sore hari, setelah rombongan besar traveller lain sudah pulang dan rasakan sensasi kemegahan galeri ini.

Alamat        : Piazzale degli Uffizi, 6, 50122 Firenze FI, Italia

Jam buka     : 08:15 – 18:50

Telepon       : +39 055 238 8651

 

8. Piazza San Marco

Dikenal juga sebagai alun-alun utama kota Venice, tempat ini dikelilingi oleh bangunan-bangunan berarsitrktur indah. Bangunan-bangunan ini merupakan tempat wisata terkenal di Venicedan juga landmark dari kota air ini. Alun-alun ini pasti cukup ramai dikunjungi oleh para traveller yang berkunjung maupun warga lokal. Dan ramainya mengalahkan suara lalu lintas kendaraan bermotor. Selain itu, kehadiran merpati-merpati yang banyak dijumpai di tempat wisata yang terkenal di Italia ini juga berperan untuk memadati alun-alun cantik ini dan menambah kesan romantis khas Eropa.

Di alun-alun ini juga terdapat banyak kafe yang menyediakan kopi khas Italia dengan rasa yang fantastis, dan juga harga yang fantastis. Pada malam hari, permainan lampu di alun-alun ini akan mambuat suasana yang lebih syahdu. Ditambah lagi alunan lagu yang diperdengarkan oleh orkestra dan dapat dinikmati secara gratis, selama kalian tetap berdiri dan tidak duduk di salah satu kursi kafe.

Alamat        : Piazza San Marco, Venezia, Italia

 

9. Spanish Steps

Walaupun desainnya yang menyerupai kupu-kupu dianggap tidak biasa, namun deretan tangga ini merupakan salah satu lokasi yang harus didatangi bagi siapapun yang travelling ke kota Roma. Ikon dari masa Baroque ini merupakan tempat yang menyenangkan untuk bersantai sejenak duduk dan merasakan atmosfir yang ditawarkan Roma. Sebanyak 138 anak tangga disusun dengan bentuk yang beragam terdiri dari undakan, lengkungan, dan juga lebarnya. Tangga ini menghubungkan dua alun-alun yaitu alun-alun Spagna, di mana terdapat kedutaan negara Spanyol, dengan alun-alun Trinita dei Monti tempat gereja Trinitas yang mashyur dengan menara kembarnya.

Pada bagian dasar dari tangga ini terdapat air mancur berbentuk perahu yang disabut Fontana della Barcaccia yang dibangun oleh PIetro Bernini. Air mancur tersebut diilhami oleh kejadian pada abad ke16 saat banjir besar membawa sebuah perahu nelayan terbawa arus hingga ke tempat ini. Karena lokasinya yang ramai dan selalu dipadati pengunjung, traveller diharap bisa waspada terhadap aksi pencopetan maupun penipuan. Yang disebutkan terakhir biasanya dilakukan oleh seorang pria yang tiba-tiba memberikan mawar kepada turis wanita. Dan pada akhirnya memaksa untuk teman pria wanita tersebut membayar mawar yang harganya tidak masuk akal. Dan disarankan jangan membawa makanan apapun ketika duduk di tangga ini, karena aparat setempat melarangnya dengan tujuan menjaga lokasi ini tetap bersih.

Alamat        : Piazza di Spagna, 00187 Roma, Italia

Jam buka     : Sepanjang hari

 

10. Menara Pisa

Menara Miring Pisa, atau lebih dikenal dengan Menara Pisa, adalah sebuah campanile atau menara lonceng katedral di kota Pisa, Italia. Bangunan ini sebenarnya dibuat agar berdiri secara vertikal seperti menara lonceng pada umumnya, namun mulai miring tak lama setelah pembangunannya dimulai pada Agustus 1173. Ia terletak di belakang katedral dan merupakan bangunan ketiga Campo dei Miracoli (lapangan pelangi) kota Pisa.

Traveller yang berencana untuk mengunjungi tempat wisata yang terkenal di Italia ini lebih baik sudah membeli tiket melalui website resminya untuk menghindari antrian yang panjang. Untuk menikmati pemandangan dari puncak menara pengunjung hanya mempunyai waktu 30 menit untuk naik dari lantai bawah hingga puncak menara. Hal ini dikarenakan kondisi menara yang semakin mengkhawatirkan dan untuk menghindari kerusakan maka batas waktu tersebut akhirnya ditetapkan.

Alamat        : Piazza del Duomo, 56126 Pisa PI, Italia

Jam buka     : 10:00 – 18:00

Telepon       : +39 050 835011

 

11. Pantai Amalfi

Bukan hanya keindahan alamnya, Pantai Amalfi juga kaya dengan warisan budaya dan sejarah. Di sana kita masih bisa menyaksikan sisa-sisa kejayaan kekaisaran Romawi, pengaruh Asia dari perdagangan sutra, paduan arsitektur Oriental dan Barat yang disebut gaya Arab-Norman. Amalfi pernah menjadi republik pada abad ke-9. Berkat keelokan alamnya dan diperkaya dengan warisan budaya dan sejarahnya serta dipadu bangunan-bangunan barunya, pantaslah jika tahun 1997 UNESCO memberikan pengakuan terhadap Pantai Amalfi sebagai Wilayah Warisan Dunia.

Tentu untuk berwisata ke Pantai Amalfi kita bisa menggunakan agen travel pemandu wisata (guided tour). Menggunakan minivan dari Roma ke Amalfi, lalu Positano dan Pompeii, balik ke Roma dengan tarif yang ditentukan. Namu nuntuk traveller sejati yang biasa berjalan sendiri, bisa menggunakan kereta api ataupun bis. Dan mengunjungi kota Positano lewat Pompeii dan Sorento atau melintasi jalur Salerno dan Amalfi. Yang harus diingat karena agak membingungkan adalah adanya dua jenis kereta api di Italia. Trenintalia melayani jalur-jalur utama, sementara untuk rute komuter Sorrento ke Pompeii hingga Napoli dan sebaliknya dilayani kereta api Circumvesuviana.

Alamat        : Amalfi, Italia

Jam buka     : Sepanjang hari

Selamat berjalan-jalan ke tempat wisata yang terkenal di Italia ya…(Jari Adventure-Det-Image : i.ytimg.com)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *