10 Taman Terbaik Melihat Gajah Liar, Termasuk Thailand, Sri Lanka dan Indonesia

 

Menyaksikan gerak-gerik hewan secara langsung di alam bebas merupakan pengalaman yang luar biasa. Itulah sebabnya banyak orang memasukkan kegiatan ini ke dalam daftar impian mereka.

Tak terkecuali melihat gajah. Menurut lembaga konservasi internasional IUCN, hewan mamalia besar ini berada pada kondisi kritis dan hampir punah karena ancaman perburuan dan perdagangan gading liar.

Sebelum nantinya benar-benar menghilang dari muka bumi, kita bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa taman dan cagar alam menakjubkan di mana gajah-gajah ini bisa dengan bebas berkeliaran di habitat aslinya tanpa terganggu dengan kehadiran kita.

Berikut 10 tempat indah dimana kita dapat melihat gajah langsung di alam liar.

 

1. Taman Nasional Chobe, Botswana

Berada di dekat Okavango Delta, Taman Nasional Chobe terkenal karena gerombolan gajah yang banyak mendiami wilayah ini. Tidak diketahui secara pasti berapa banyak gajah yang ada di sini tapi jumlahnya diperkirakan sekitar 120.000 ekor.

Berbagai jenis safari ditawarkan bagi pengunjung untuk melihat sekilas hewan-hewan ini. Tak hanya gajah, pengunjung juga disajikan pemandangan yang memukau dari dataran luas dan laguna.

Berwisata ke Taman Nasional Chobe akan menjadi salah satu perjalanan paling mengesankan karena taman ini termasuk dalam lima besar tujuan safarai terbaik dunia.

 

2. Taman Nasional Amboseli, Kenya

Menawarkan pemandangan gajah dengan latar belakang Gunung Kilimanjaro yang indah, Taman Nasional Amboseli menjadi tujuan populer bagi wisatawan dan fotografer.

Taman berukuran sekitar 400 km persegi ini menjadi tempat tinggal bagi lebih dari 1.000 gajah yang dapat terlihat di lahan basah, sabana, maupun hutan.

 

3. Taman Nasional Udawalawe, Sri Lanka

Sempurna bak lukisan, Taman Nasional Udawalawe memberikan kesempatan besar bagi pengunjung untuk melihat gajah-gajah secara langsung di alam liar.

Tak kurang dari 700 gajah berdiam di taman ini, diambah dengan burung-burung eksotis serta macan tutul, safari melihat hewan liar kali ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Taman ini buka sepanjang tahun tetapi salah satu musim terbaik untuk melihat gajah biasanya antara Oktober dan Januari.

 

4. Taman Nasional Gajah Addo, Afrika Selatan

Selain hamparan padang rumput yang luas, tumpukan lubang air dan hutan hijau yang subur, taman nasional yang indah ini didiami tak kurang dari 600 gajah liar.

Pengunjung juga bisa melihat satwa liar lain selain gajah, yaitu macan tutul dan singa.

baca juga:

Curug Cihurang, Sekali Datang Stres Jadi Hilang

 

5. Taman Nasional Minneriya, Sri Lanka

Sri lanka terkenal dengan populasi gajahnya yang subur dan ada banyak kesempatan untuk melihat makhluk-makhluk liar ini di tengah-tengah hutan dan lanskap lahan basah taman ini.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah musim kemarau, biasanya antara April hingga Oktober.

Hewan lain yang juga tinggal di taman antara lain buaya, macan tutul, banteng dan masih banyak lainnya.

 

6. Taman Nasional Kui Buri, Thailand

Dengan luas lanskap hutan hijau yang subur mencapai 969 km persegi, Taman Kui Buri dihuni sekitar 320 gajah liar Asia yang bebas berkeliaran di habitat aslinya.

Pengunjung bisa mengikuti safari untuk melihat sekilas gajah yang menjelajahi lanskap dari zona menontn khusus yang disediakan.

 

7. Sungai Kinabatangan, Kalimantan

Tepian sungai Kinabatangan sering digunakan sebagai tempat untuk melihat gajah-gajah Pigmi yang datang untuk minum dan makan.

Berada di Hutan Hujan Borneo yang berusia lebh dari 130 tahun, pengunjung dapat menikmati pemandangan hutan yang menakjubkan dan menemukan keajaiban alam seperti Gua Gomantong, yang menjadi tempat hidup bagi jutaan kelelawar.

Tak mengeherankan bila kemudian kawasan ini disebut sebagai salah satu hutan paling memukau di dunia.

 

8. Mashatu Game Reserve, Botswana

Dijuluki ‘Land of Giant’, cagar alam ini dihuni kawanan Gajah Afrika yang sering terlihat berkeliaran dalam kelompok-kelompok berjumlah hingga 50 ekor.

Tak kurang dari 72.000 hektar lahan didedikasikan untuk gajah yang tinggal di tengah-tengah cagar sehingga masih tersisa ruangan yang cukup luas bagi satwa liar lain untuk tinggal

Tak hanya gajah, pengunjung juga bisa menyaksikan hewan lain seperti singa, burung unta, jerapah dan lain sebagainya.

 

9. Taman Nasional Periyar, India

Bisa ditemukan di Kerala, taman ini merupakan tempat tinggal gajah yang mengesankan dengan hutan hijau yang sangat luas.

Ada ratusan Gajah Asia yang berkeliaran di alam bebas. Pengunjung bisa mengikuti tur jip atau tur safari untuk menyaksikan tingkah para gajah di habitat aslinya tanpa mengganggu mereka

Taman ini juga berfungsi ganda sebagai cagar harimau, babi hutan dan rusa.

 

10. Taman Nasional Khao Yai, Thailand

Di Taman nasional terbesar ketiga di Thailand ini, pengunjung dapat menemukan kawanan gajah Asia yang berkeliaran di tengah hutan hujan dan padang rumput yang membentuk lanskap.

Taman ini sebenarnya menawarkan beberapa jalur pejalan kaki tapi pengunjung biasanya tidak diperkenankan untuk masuk tanpa pemandu. Selain gajah, taman ini juga ditingali monyet, beruang, dan berang-berang.

Tempat mana nih yang akan bakalan dikunjungi terlebih dahulu? Kemana pun tujuannya pastikan untuk tetap menjaga jarak dan tidak mengganggu satwa liar dengan kehadiran kita.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.