10 Sungai Terindah di Bumi, Ternyata Indonesia Juga Punya!

Sungai merupakan salah satu tempat yang paling berguna untuk kehidupan manusia. Sejak zaman peradaban manusia dimulai, sungai merupakan urat nadi pemukiman penduduk. Bahkan, diketahui manusia sejak zaman purba sengaja memilih bertempat tinggal di sekitar sungai untuk memudahkan dalam mendapat air.

Misalnya untuk mandi, air minum, membersihkan diri, hingga urusan ke belakang. Tak kalah penting, sungai juga menjadi urat nadi perekonomian. Seperti di wilayah Pulau Kalimantan, kebanyakan warga masyarakat menggunakan sungai untuk jalur transportasi. Terutama untuk mengangkut hasil hutan dan hasil panen ke wilayah lain dan bisa dibarter atau dijual.

Nah, bicara tentang sungai, di seluruh dunia ini ternyata ada begitu banyak sungai yang menakjubkan. Bila di tanah air sungai yang ada di pemukiman padat penduduk tampak keruh dan dipenuhi sampah. Berbeda dengan sungai – sungai berikut. Aliran yang jernih, bening dan tenang menjadi sasaran empuk para wisatawan untuk menyaksikan kecantikan sungai tercantik di bumi ini:

1. Sungai Irrawaddy, Myanmar

www.burmaholidayarchitects.net

Seperti masyarakat yang ada di wilayah lain di dekat bantaran sungai. Masyarakat Irrawaddy di Myanmar mengandalkan sungai untuk menggerakkan roda ekonomi keluarga. Masyarakat mendayung perahu di atas sungai menuju wilayah atau daerah lain untuk berdagang atau menjual hasil ikan yang terjaring di sungai. Meski menjadi jalur transportasi masyarakat yang cukup ramai, namun uniknya Sungai Irrawaddy bersih dan layak dijadikan tujuan wisata.

2. Sungai Rhine, Swiss

mahertours.co.nz

Saksi bisu peradaban lampau di benua putih ini selalu menjadi magnet yang menarik wisatawan di seluruh dunia. Sungai Rhine memiliki panjang sekitar 1,2 km dengan sisi kanan dan kiri bantaran sungai dipenuhi deretan rumah – rumah menawan bergaya khas Eropa. Pengunjung seringkali diajak oleh tour guide menyusuri sungai Rhine dengan menyewa kapal cepat atau speedboat.

3. Sungai Nil, Mesir

www.cruisemapper.com

Negeri para Nabi ini menjadi terkenal dengan salah satu primadona wisata berupa Sungai Nil yang legendaris. Kisah nabi Musa yang dihanyutkan di atas sungai Nil turut mewarnai sejarah Sungai Nil yang mengiringi peradaban manusia. Tepian sungai Nil di Mesir begitu indah. Di berbagai sisi menyajikan panorama epik terutama menjelang matahari terbenam yang tak kalah indah dari sunset di pantai.

4. Sungai Danube, Rumania

parksandresorts

Rumania memiliki permata cantik yang tersohor bernama Sungai Danube. Aliran sungai Danube yang cantik tak pernah kering membelah ibukota, Bukares. Hebatnya lagi, sungai Danube juga melintasi hingga 10 negara sekaligus. Seperti Hungaria, Serbia, Bulgaria, Kroasia, Ukraina, Jerman, Bulgaria dan negara – negara kecil lain di benua Eropa.

5. Sungai Douro, Portugal

cloudinary.com

Bertandang ke Portugal tidak akan lengkap tanpa menyusuri eksotisme Sungai Douro. Menjadi sebuah sungai yang menggerakkan roda pariwisata Portugal karena kecantikannya. Pemandangan rumh – rumah penduduk yang menghadap ke sungai bertingkat – tingkat di tepi lereng perbukitan begitu spektakuler.

6. Sungai Neretva, Bosnia

www.dnevnik.ba

Kejernihan sungai Neretva di Bosnia ini begitu memikat. Hingga membius para wisatawan untuk selalu datang dan rindu untuk berkunjung menyaksikan keelokkannya.

Baca juga:

Nikmati Keindahan Kayong Utara! 4 Tempat Ini Akan Menyuguhkan Keindahan

 

7. Sungai Spree, Jerman

getyourguide.com

Menikmati keindahan Sungai Spree di Jerman, Anda bisa menyewa tour menumpang kapal cepat. Angin sejuk sepoi – sepoi menawarkan rileksasi yang dapat sejenak melupakan semua masalah menjadi sebuah senyuman manis.

8. Sungai Kenai, Alaska

tripstodiscover.com

Berada di tempat sedingin Alaska, Sungai Kenai menyuguhkan panorama terindah. Apalagi, jika berkunjung di musim semi atau sekitar pertengahan tahun.

9. Sungai Amazon, Amerika Serikat

amazonaws.com

Siapa yang tak kenal keindahan sungai Amazon. Di dalamnya ada berbagai jenis satwa dan flora langka. Wisatawan tak perlu pusing soal menginap, di tengah hutan sudah banyak cottage atau villa yang bisa disewa dengan harga terjangkau.

10. Sungai Kampar, Indonesia

newswantara.com

Indonesia juga tak kalah mempesona. Sungai Kampar bisa menjadi salah satu destinasi menarik saat berkunjung ke Sumatera Barat. Pasalnya, meski hanya sebuah sungai, wisatawan bisa berselancar bak menunggang ombak di pantai setinggi tujuh hingga 10 meter.

***

Nah, bila bosan menjelajahi mall di kota Anda, tidak ada salahnya mencoba beralih ke wisata sungai – sungai terindah di dunia tersebut. Pastikan perjalanan wisata Anda berjalan menyenangkan dan bebas ribet tentang akomodasi dan tiket atraksi.

Semua bisa dipercayakan kepada agen travel wisata profesional, Jari Adventure. Mitra sejati perjalanan wisata Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *