10 Patung Ikonik di Indonesia yang Spektakuler

Amerika Serikat terkenal dengan Patung Libertynya, sedangkan Brasilia punya Christ the Redeemer sebagai patung ikonik mereka. Namun, Indonesia tak kalah dengan negara-negara tersebut. Ada banyak patung ikonik di Indonesia yang tak kalah spektakuler

Selain terkenal, 10 patung di bawah ini sekaligus menjadi landmark dan wajah dari suatu wilayah. Penasaran apa saja? Berikut pembahasannya.

1.      Patung Selamat Datang – Jakarta

Bagi warga Jakarta tentu sudah tidak asing lagi dengan patung yang terletak di persimpangan jalan M.H. Thamrin dan Jalan Imam Bonjol, Jalan Kebon Kacang, dan Jalan Sultan Syahrir di Jakarta.

Patung ini berada di tengah bundaran HI dan lebih dikenal dengan sebutan Monumen Selamat Datang. Patung ini sangat popular di Indonesia dan dibangun di tahun 1962 atas gagasan Presiden Ir. Soekarno demi menyambut para tamu dari berbagai negara.

Saat itu, Jakarta menjadi tuan rumah dari Asian Games IV

2.      Patung Dirgantara / Patung Pancoran – Jakarta

Patung lainnya yang tak kalah ikonik di Jakarta terletak di Jl. Gatot Subroto, Menteng Dalam, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan. Patung ini dikenal dengan nama Patung Pancoran, karena letaknya yang berada di kawasan Pancoran.

Dirancang oleh Edhi Sunarso di tahun 1964-1965, patung ini dibuat dari perunggu dengan berat hingga 11 ton, lho!

Patung Dirgantara berdiri setinggi 27 meter dengan kaki penahannya. Dari kejauhan saja, Anda sudah bisa mengenali patung yang satu ini.

3.      Monumen Pancasila Sakti – Jakarta

Penuh akan sejarah, monument yang satu ini tentu diminati oleh banyak wisatawan. Monumen ini dibangun sebagai bentuk penghormatan pada pahlawan bangsa yang telah gugur.

Yang paling popular adalah Patung Jendral pahlawan Revolusi yang terdiri atas Jenderal Ahmad Yani, Jenderal Suprapto, Jenderal Sutoyo, Jenderal S. Parman, Jenderal Panjaitan dan Kapten P. Tendean.

Lokasi ini juga memiliki lubang buaya dan bekas rumah penyiksaan sebagai saksi bisu peristiwa bersejarah atas gugurnya para Jenderal.

4.      Tugu Proklamasi – Jakarta

Sesuai Namanya, patung yang satu ini merupakan sebuah tugu yang menggambarkan kedua proklamator Indonesia, Ir Soekarno dan Drs. Moh Hatta.

Tugu ini juga terletak tepat di lokasi pembacaan proklamasi yaitu Jl. Proklamasi, Pegangsaan, Kec. Menteng, Jakarta Pusat. Di sini juga terdapat teks proklamasi yang diukir pada batu marmer.

5.      Garuda Wisnu Kencana – Bali

Patung ini baru saja diresmikan pada 22 September 2018 sebagai patung tertinggi di Indonesia. Tak tanggung-tangung, tingginya telah melebihi Patung Liberty dari Amerika Serikat! Tingginya mencapai 120 meter.

Garuda Wisnu Kencana menggambarkan Dewa Wisnu yang menunggangi Garuda. Di design oleh I Nyoman Nuarta yang Namanya sudah tersohor, membuat patung ini sukses menarik banyak minat dan menjadi landmark paling terkenal di Bali.

Anda bisa melihat patung ini di Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kecamatan Kuta Sel., Kabupaten Badung.

6.      Patung Ikan Sura dan Baya – Surabaya

Untuk patung yang satu ini pasti sudah dikenal oleh Sebagian besar warga Indonesia. Patung ini menjadi ikon dari kota Surabaya yang menggambarkan pertarungan ikan Sura dan Baya yang kental dengan legenda mengenai kota Surabaya.

7.      Patung Jalesveva Jayamahe – Surabaya

Selain ikon kota Surabaya, patung lainnya yang tak kalah terkenal ialah Patung Jalesveva yang terletak di Armada Timur Ujung, Ujung, Kec. Semampir, Surabaya.

Tingginya mencapai 30,6 meter dengan nama yang berarti “di lautan kita jaya”, sebuah selogan bagi Angkatan Laut Negara Indonesia.

Baca juga

8.      Patung Christina Martha Tiahahu – Maluku

Dari kawasan Pulau Jawa, kini kita beralih ke Maluku, tepatnya di Kota Ambon. Di sini terdapat sebuah patung monument untuk mengenang Martha Christina Tiahahu, seorang pahlawan wanita yang lahir di Nusa Laut, 4 Januari 1800.

Ketika dalam masa perjuangan, ia masih berusia 17 tahun. Patung ini berdiri di Karang Panjang dan dikelilingi view indah dari Kota Ambon.

9.      Patung Yesus Memberkati – Tana Toraja

Tak hanya patung Christ the Redeemer di Brasilia, Indonesia juga punya patung yang serupa tepatnya di Puncak Bukit Buntu Burake, Tanah Toraja.

Dengan tinggi mencapai 40 meter dan berdiri di puncak bukit membuat patung Yesus Memberkati ini dapat dilihat dari tiap sudut Tana Toraja.

Monumen serupa juga bisa Anda temukan di Manado, Sulawesi Utara sebagai symbol kerukunan umat beragama.

10. Patung Buddha Tidur – Mojokerto

Patung popular yang satu ini akan sedikit mengingatkan Anda dengan patung yang ada di Thailand. Mojokerto memiliki patung ikonik bernama Patung Buddha Tidur atas gagasan YM Viryanadi Mahathera, seorang biksu sekaligus pengrajin patung asal Trowulan.

Patung ini berada di kawasan Vihara Mojopahit, bersama miniature Candi Borobudur dan taman asri yang indah.

Masih banyak patung-patung ikonik yang bisa Anda temukan ketika mengeksplor Indonesia tercinta. Dari 10 patung diatas, mana yang menjadi favorit Anda?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.