10 Makanan khas Turki Fenomenal dan Wajib Dicicipi Turis

Makanan khas Turki – Tidak hanya menyimpan destinasi wisata yang unik dan mengagumkan, olahan sajian khas Turki ternyata juga mengena di lidah. Terbitkan selera Anda bersama makanan khas Turki yang wajib dicicipi turis berikut:

1. Dondurma

Tak seperti es krim pada umumnya, es krim khas Turki, Dondurma ini punya sajian berbeda dari yang lain. Teksturnya kenyal dan lengket dengan citarasa manis dan menyegarkan.

Dan yang paling membuat Dondurma semakin mengesankan adalah cara penyajiannya. Kebanyakan penjual Dondurma di Turki memakai baju istimewa seperti baju Aladdin dengan kopyah yang khas.

Kemudian, mereka sengaja membuat atraksi lucu dan kocak dengan cara mempermainkan pembeli. Biasanya, scope es krim dondurma yang sudah jadi dan akan diberikan ke tangan pembeli, akan terlebih dahulu di bolak – balik tanpa terjatuh sekalipun. Dengan tongkat sepanjang setengah meter, para penjual dondurma yang ada di dalam kios, dapat memberikan es krim ke tangan pembeli secara langsung tanpa harus keluar kios.

Es krim yang lengket dan kenyal ini tak akan begitu saja diberikan. Sebelum sang pembeli tertawa karena sudah dikerjai oleh pedagang. Untuk membeli es krim dondurma, pembeli pastinya juga harus siap untuk dikerjai pedagang atau setidaknya tersenyum.

Atraksi yang dilakukan dengan cara memutar tongkat es krim ke atas bawah, kanan dan kiri hingga tampak si pembeli merasa kesal dan hanya bisa tertawa. Pedagang seolah merasa bersalah dan memberikan satu scop es krim sebagai permintaan maaf. Namun, ulah usil pedagang ternyata tak berhenti disini, karena saat pembeli akan meraih es krimnya, tongkat pedagang dondurma sudah lebih dulu mengambil, dan si pembeli hanya memegang cone renyah saja. Tenang saja, atraksi ini tak berlangsung lama, setelah berapa menit berlalu, seharusnya Anda sudah bisa menikmati manis dan segarnya dondurma di tangan.

2. Kebab Turki

Siapa yang tak mengenal makanan asli Turki ini. Dikenal luas di seluruh dunia, Kebab Turki bisa dijumpai dengan mudah bahkan di Indonesia. Menu yang satu ini adalah sandwich ala Timur Tengah yang dibuat untuk konsumsi masyarakat Muslim yang wajib mengonsumsi makanan halal. Daging yang umum dipakai sebagai isian roti tortilla-nya adalah daging sapi, kambing atau daging ayam. Daging cincang sebelumnya sudah diolah dengan aneka bumbu dan rempah yang sedap berbau jahe untuk menghilangkan bau prengus kambing ataupun bau daging.

3. Simit

Makanan yang mirip dengan donat ini ditaburi wijen di seluruh permukaannya. Sering dijumpai di pedagang kaki lima yang berjualan di tepi jalan. Bahkan, ada pula pedagang Simit yang berjualan dengan sedikit “atraksi” mengusung nampan di atas kepala dengan susunan Simit yang menjulang tanpa rasa takut atau khawatir dagangannya terjatuh di tanah.

Jika digigit, Simit ternyata tidak seperti donat, karena bertekstur renyah seperti roti bagel. Biasa disajikan sebagai peneman minum teh atau kopi bagi orang Turki.

baca juga: Seram! 5 Tempat Wisata Unik di Indonesia Ini Bikin Bulu Kuduk Merinding

4. Baklava

Kue pastry asal Turki ini dibuat selapis demi selapis demi menciptakan tekstur bertumpuk yang sangat indah. Begitu digigit, rasa kres yang renyah dan garing melumer di dalam mulut. Di beberapa lapisan ditambahkan madu atau mentega cair yang membuat tampilannya tampak lebih manis.

5. Kokoreç

Makanan yang tinggi kolesterol ini mungkin tidak terlalu cocok untuk orang yang sudah berusia lanjut. Namun cita rasanya yang lezat tak akan mengecewakan lidah. Terbuat dari jeroan kambing yaitu usus, ati ampela yang dililit lalu dibakar. Jeroan yang dipakai biasanya adalah usus anak domba yang masih menyusu. Agar tidak berbau amis, jeroan yang sudah dibersihkan akan direndam dalam air larutan jeruk lemon, dan dimarinasi dengan minyak zaitun, garam dan lada. Biasa disajikan bersama roti atau nasi.

6. Dolma

Tidak hanya lezat, tetapi Dolma dari Turki merupakan makanan sehat yang bernutrisi. Ini karena bahan utamanya terbuat dari daun atau sayuran yang dijadikan sebagai pembungkus aneka isian berbumbu rempah kaya rasa. Makanan yang populer di Timur Tengah ini bahkan dijual dengan harga fantastis di sebuah restoran Abu Dhabi dengan menggunakan daun anggur.

Pada umumnya, sayuran atau daun pembungkusnya memakai daun selada, serta diisi daging cincang atau nasi. Isian ini akan dibumbui dengan biji cemara, cherry kering, daun mint dan peterseli, daun ketumbar, kemudian sedikit lada bubuk dan kayu manis bubuk.

7. Börek

Mirip seperti baklava, Börek juga bertekstur kue pastry yang bertumpuk – tumpuk atau berlapis – lapis tipis dan garing. Namun, ada isian di dalamnya berupa daging yang sudah dicincang, bayam dan juga kentang. Dibandingkan Baklava yang manis, Börek memiliki rasa yang cenderung lebih gurih asin.

***

Yuk, pastikan agen travel wisata Jari Adventure sebagai peneman liburan Anda bareng keluarga. Melayani perjalan wisata ke tempat – tempat tujuan destinasi wisata seluruh tanah air dan manca negara.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *