Ubud Writers & Readers Festival: Surga Pecinta Buku dan Karya Sastra

Siapa sih yang tidak antusias ketika mendengar kata Bali? Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang selalu menjadi magnet untuk wisatawan lokal ataupun internasional.

Banyak wisatawan berkunjung ke Pulau Bali karena ingin menikmati keindahan alam yang tidak ada duanya. Kabar baiknya, Pulau Bali tidak hanya menawarkan keindahan alamnya lho!

Banyak event menarik yang bisa kita ikuti selama berkunjung ke Bali, salah satunya ada Ubud Writers & Readers Festival. Apakah ada di antara kita yang sudah pernah berkunjung ke festival satu ini?

Apa yang membuat Ubud Writers & Readers Festival berbeda dari festival Indonesia lainnya? Nah daripada tambah penasaran, yuk simak beberapa fakta menarik tentang Ubud Writers & Readers Festival satu ini!

 

Sudah diselenggarakan puluhan tahun

Bagi kita yang belum pernah berkunjung ke Ubud Writers & Readers Festival sama sekali, fakta menarik pertama tentang festival ini adalah sudah diselenggarakan lebih dari sepuluh tahun lalu – tepatnya sejak tahun 2004.

Terciptanya Ubud Writers & Readers Festival ini datang dari Yayasan Muda Swari Saraswati dan Casa Luna hingga akhirnya festival ini menjadi sorotan banyak pihak.

 

Cerita di balik Ubud Writers & Readers Festival

Siapa sangka jika ada cerita pilu di balik Ubud Writers & Readers Festival? Yup, pencetus Ubud Writers & Readers Festival yaitu Janet DeNeefe ini mengadakan festival ini sebagai cara mengenang peristiwa Bom Bali I yang terjadi pada awal tahun 2000 silam.

Melalui Ubud Writers & Readers Festival inilah para patisipan bisa bertukar ide ataupun berbagi inspirasi tentang kebudayaan ataupun isu-isu yang sedang ramai dibicarakan.

 

Diselenggarakan tiap tahun

Belum sempat bergabung ke Ubud Writers & Readers Festival tahun lalu? Jangan khawatir, Ubud Writers & Readers Festival juga bakal kembali diselenggarakan tahun ini kok!

Ubud Writers & Readers Festival 2020 ini rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober sampai 1 November 2020.

Durasi Ubud Writers & Readers Festival ini memang terbilang cukup lama, yaitu sekitar 5 hari mengingat festival ini memang memiliki serangkaian acara yang cukup padat.

 

Memberikan kesempatan bagi para penulis lokal

Apakah ada di antara kita yang tertarik untuk menulis namun belum punya tempat yang tepat untuk mengenalkan karyanya?

Ubud Writers & Readers Festival ini adalah wadah yang tepat untuk kita yang ingin mengembangkan bakat menulis lho!

Festival satu ini mengadakan Emerging Indonesia tiap tahunnya, di mana tiap penulis mendapatkan kesempatan untuk menuliskan idenya tentang isu sosial, budaya, ataupun lingkungan.

Penulis bisa menuliskan karyanya dalam bentuk cerita pendek ataupun puisi yang cukup dikirim melalui email. Para penulis yang terpilih ini juga akan diundang langsung ke Ubud Writers & Readers Festival untuk menjadi tamu spesial lho!

 

Melibatkan banyak speakers ternama

Masih ragu untuk datang ke Ubud Writers & Readers Festival? Tenang saja, banyak speakers yang datang ke Ubud Writers & Readers Festival dan membuat festival ini semakin seru lho!

Misalnya saja pada Ubud Writers & Readers Festival 2019 kemarin, beberapa speakers yang hadir. antara lain ada Adriaan Van Dis, Adrian Hayes, Butet Manurung Dian Sasmita, dan tentunya masih banyak lagi.  Terbayang kan betapa serunya Ubud Writers & Readers Festival yang akan kembali diselenggarakan tahun ini?

baca juga:

Tema festival yang selalu berbeda

Keunikan Ubud Writers & Readers Festival ternyata tidak berhenti sampai di situ lho! Satu hal yang membedakan Ubud Writers & Readers Festival dengan festival lainnya adalah keunikan dari tema yang diangkat.

Misalnya saja tema Ubud Writers & Readers Festival 2019 kemarin adalah Karma, di mana filosofi ini tidak hanya dikenal oleh masyarakat Bali saja namun juga di negara Barat. Kira-kira apa ya tema untuk Ubud Writers & Readers Festival tahun ini?

 

Lokasi yang mudah dijangkau

Seperti namanya, Ubud Writers & Readers Festival ini pastinya diselenggarakan di Kota Ubud. Tentunya ini merupakan kabar baik untuk kita mengingat kota ini mudah untuk dijangkau.

Bisa saja kita menuju lokasi Ubud Writers & Readers Festival menggunakan taksi, mobil ataupun motor sewaan. Jangan lupa untuk menawar harga transportasi umum sebelum berangkat ke Ubud Writers & Readers Festival ya!

Menarik kan fakta tentang Ubud Writers & Readers Festival yang disebutkan barusn? Yakin mau melewatkan Ubud Writers & Readers Festival begitu saja?

Yuk segera rencanakan perjalanan ke Ubud dan saksikan langsung keseruan Ubud Writers & Readers Festival!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.