Tradisi Unik Sambut Lebaran Idul Adha di Beberapa Daerah di Indonesia (Bagian 2)

Indonesia memang dikenal memiliki keragaman budaya dan adat istiadat. Hal ini juga nampak dalam perayaan menyambut Hari Raya Idul Adha atau disebut juga Hari Raya Kurban. Masing-masing daerah di Indonesia ini mempunyai tradisi dan keunikan tersendiri dalam merayakan hari raya umat muslim yang jatuh setiap 10 Dzulhijjah ini. Seperti apa tradisi yang digelar di berbagai daerah di Indonesia ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Tradisi Accera Kalompoang, Gowa

Di Gowa, Sulawesi Selatan, terdapat tradisi unik yang dihelat masyarakat dalam rangka menyambut Idul Adha. Namanya Accera Kalompoang. Tradisi ini rutin digelar masyarakat Gowa setiap tahunnya setelah usai melaksanaan Sholat Idul Adha. Dalam upacara Accera Kalompoang, benda-benda pusaka peninggalan Kerajaan Gowa yang tersimpan di Museum Balla Lompoa dibersihkan. Bagian inti dari upacara adat ini dikenal dengan sebutan Allangiri Kalompoang, yaitu upacara pembersihan dan penimbangan Salokoa (Mahkota) yang dibuat di abad ke-14. Selain masyarakat umum, upacara adat Accera Kalompoang juga disaksikan oleh para keturunan raja-raja Gowa. Semua peserta upacara adat diwajibkan memakai pakaian adat Makassar selama prosesi berlangsung.

Tradisi Masak Lemang di Kutacane, Aceh

Setiap menjelang perayaan Idul Adha, warga Kutacane memiliki tradisi unik yang disebut dengan masak lemang. Tradisi ini bahkan sudah menjadi tradisi turun menurun. Warga Kutacane menjadikan lemang sebagai simbol dari kebangaan keluarga sehingga jumlah lemang yang dimasak sangat erat kaitannya dengan status sosial keluarga tersebut. Untuk memasak lemang, sebuah keluarga akan melakukannya secara bersama-sama dengan anggota keluarga mereka. Sedangkan tempat yang dipilih untuk memasak biasanya di depan atau belakang rumah. Caranya, mereka menyiapkan pulut yang kemudian dimasukkan ke dalam bambu yang sebelumnya telah dilapisi daun pisang muda dan diisi santan kelapa. Lemang kemudian diletakkan dengan posisi tegak berdiri di tungku masak dan kemudian dimasak dengan api dari kayu bakar. Proses pemasakan lemang memakan waktu sekitar 2-3 jam. Setelah matang, lemang akan dibagikan ke tetangga, keluarga dekat maupun kerabat jauh.

Di Kutacane, Lemang bukan hanya sekedar makanan yang dimasak menjelang Idul Adha namun juga berperan untuk mempererat tali silaturahim antar sesama manusia.  

 

Baca Juga : Tradisi Unik Sambut Lebaran Idul Adha di Beberapa Daerah di Indonesia (Bagian 1)

 

Tradisi Kaul Negeri dan Abdau di Ambon

Masyarakat Negeri Tulehu mempunyai tradisi unik dalam memperingati Hari Raya Idul Adha yang dikenal dengan Kaul Negeri dan Abdau. Tradisi tersebut dilaksanakan setelah pelaksanaan sholat Idul Adha dan sudah berlangsung sejak ribuan tahun silam, yakni ketika pemerintahan syariat Islam pertama kali berkuasa. Prosesi acara adatnya pun cukup unik, yakni pemuka adat dan agama setempat menggendong tiga ekor kambing ke lokasi pemotongan hewan kurban. Gendongannya menggunakan gendongan kain seperti bayi yang digendong oleh ibunya. Kambing-kambing ini diarak keliling negeri dengan diiringi sholawat dan takbir menuju masjid Negeri Tuleha. Tradisi Kaul dan Abdau merupakan bentuk refleksi sejarah yang terinspirasi dari sikap pemuda Anshar menyambut Hijrah Rasulullah dari Mekah ke Madinah.

Tradisi Musik Daul di Sampang

Warga Kecamatan Tanjung, Kabupaten Sampang, Madura mempunyai kegiatan tahunan unik menjelang Idul Adha, yakni Musik Daul. Selain menyambut datangnya Idul Adha, tradisi unik ini juga digelar sebagai sarana mengakrabkan diri antar warga. Dalam musik daul, terdapat perpaduan beberapa musik tradisional, salah satunya adalah Gendang Tong-Tong dan Kaleningan. Musik Daul biasa dimainkan di sepanjang jalan raya setempat.

***

Betapa bangga dan bahagia melihat bermacam-macam tradisi sambut lebaran Idul Adha di seluruh Nusantara. Meskipun terdiri dari berbagai jenis perbedaan adat istiadat, agama, budaya, suku dan ras, namun Indonesia selalu bisa hidup rukun berdampingan satu sama lain.

Selamat merayakan Hari raya Idul Adha. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.