Tradisi Mudik Unik Sambut Lebaran di Berbagai Negara

Tradisi mudik unik sambut Lebaran di berbagai negara – Sudah bukan menjadi hal yang aneh apabila setiap momen Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tiba, setiap umat muslim yang merayakan ingin segera pulang ke kampung halaman masing-masing untuk berkumpul bersama karib-kerabat untuk merayakan kemenangan bersama-sama.

Bahkan, di Indonesia sendiri perjalanan pulang kampung ketika Hari Raya Idul Fitri telah menjadi tradisi dan fenomena selama ratusan tahun. Setiap orang yang telah bekerja di luar daerahnya atau bahkan luar negeri akan menikmati indahnya kebersamaan dengan keluarga tercinta dengan cara pulang ke kampung halaman. Ternyata, fenomena mudik tidak hanya terjadi di tanah air saja, berikut beberapa tradisi mudik unik sambut Lebaran yang bisa dijumpai di negara-negara muslim lain di seluruh dunia:

Indonesia

Sebagai negara muslim dengan mayoritas pemeluk agama Islam terbesar di dunia, tradisi mudik unik sambut Lebaran sudah menjadi momen yang paling dinantikan setiap tahun. Setiap Lebaran menjelang, setiap keluarga sudah memiliki anggaran khusus agar bisa pulang ke kampung halaman. Dengan cara menyewa mobil atau rental mobil, memesan tiket via agen travel wisata atau bahkan rela berdesakan dengan mengendarai transportasi umum yang bisa dipastikan akan berjejal penuh penumpang.

Di Indonesia, Lebaran adalah momen yang tepat untuk menjalani mudik karena biasanya instansi ataupun perusahaan juga meliburkan para pekerja selama satu minggu penuh dan memberikan fasilitas Tunjangan Hari Raya sebesar satu kali gaji. Momen Lebaran inilah yang selalu ditunggu-tunggu oleh setiap orang untuk saling bertemu dan bersilaturahmi setelah satu tahun tidak berjumpa.

Turki

Negara muslim berikutnya yang memiliki tradisi mudik unik sambut Lebaran adalah Turki. Idul Fitri di Turki dikenal pula dengan sebutan Bayram. Ketika hari raya idul fitri, warga muslim yang biasanya mendiami suatu daerah akan berkumpul untuk acara makan-makan bersama dan saling bersilaturahmi. Mereke menggunakan pakaian muslim terbaik yang dikenal dengan busana Bayramlik.

Sama seperti di Indonesia, anak-anak dan keluarga yang lebih muda akan mendatangi kediaman kerabat yang lebih tua untuk saling meminta maaf dan memberikan hadiah berupa makanan, coklat, manisan, ataupun permen yang disebut baklava dan lokum sebagai cinderamata selama Lebaran.

 

Baca Juga : 7 Tradisi dan Budaya Unik di Indonesia Untuk Sambut Bulan Puasa Ramadan

.

Arab Saudi

Arab Saudi merayakan Lebaran dengan sangat meriah. Ada pesta perayaan yang digelar di tempat-tempat umum. Kegiatan itu seperti kembang api, makan dan jamuan, pertunjukan musik religi, parade, festival serta kegiatan seni seperti teater dan puisi. Yang jelas, kota Riyadh yang biasanya khusyuk menjadi lebih semarak dan meriah dengan hiasan-hiasan di setiap sudut kota. Jika di Indonesia, masyarakat menghidangkan sajian seperti ketupat dan opor ayam, maka di arab Saudi akan mudah dijumpai nampan-nampan besar berisi nasi briani, daging kambing dan kari yang disajikan untuk makan bersama dalam satu nampan besar.

Nigeria

Nigeria yang mayoritas penduduknya berkulit hitam memiliki beberapa agama yang dianut oleh masyarakat. Sebagian kecil masyarakat memeluk agama Islam merayakan Idul Fitri dengan bebas dan penuh toleransi dari umat non muslim. Nigeria menyebut Idul Fitri dengan sebutan “small sallah”, dan mengucapkan kalimat sapaan saat Lebaran “barka da sallah” atau “salam”. Di Nigeria juga terdapat tradisi mudik unik sambut Lebaran, karena beberapa masyarakat yang tinggal di perkotaan berasal dari daerah-daerah yang terpencil sedang mencari nafkah di kota dan ingin berkumpul kembali dengan keluarga di kampung.

China

Kendati terkenal dengan komunisme dan sekulerisme, di China sendiri juga memiliki masyarakat muslim yang cukup besar. Bahkan ada lebih dari 18 juta jiwa umat muslim di Cina yang bertempat tinggal di kota Xinjiang. Ketika Idul Fitri tiba, umat muslim akan merayakan dengan meriah, warga muslim saling bersilaturahmi dan mengenakan busana terbaik.

Kaum pria umumnya memakai kopiah putih dan gamis yang dipadu jas. Sedangkan para wanita memakai busana muslim dan kerudung yang tertutup. Setelah melaksanakan solat idul fitri, biasanya umat muslim di Cina akan menggelar pesta kemenangan. Acara yang diglear antara lain makan-makan, berkumpul bersama sanak kerabat, serta saling memberikan hadiah berupa makanan ataupun manisan. Di Cina sendiri, hari Lebaran juga ditetapkan sebagai hari libur nasional sama seperti di Indonesia.

Lain dengan kota Xinjiang, di provinsi Yunna, umat muslim yang sedang merayakan Idul Fitri juga memiliki agenda kegiatan yang unik. Mereka melakukan ziarah ke tempat-tempat yang dianggap luhur seperti makam keluarga dan makam para tokoh muslim. Di sana, mereka berdoa untuk para leluhur dan tokoh muslim serta membaca ayat suci Al-Quran.

Kegiatan ini ternyata ada kaitan dengan sebuah sejarah memilukan ketika zaman Dinasti Qing. Yaitu ada ratusan ribu umat muslim yang dibunuh dan dibantai karena memeluk agama Islam yang sangat berbeda dari mayoritas masyarakat Cina yang memeluk Konghucu.

India

Jangan salah, di India juga terdapat tradisi mudik unik sambut Lebaran. Ini karena kebanyakan masyarakat di daerah juga mencari nafkah dengan bekerja di pusat kota seperti New Delhi, Hyderabad, dan Kolkata. Ketika Lebaran menjelang, para pekerja yang berasal dari daerah berbondong-bondong untuk segera pulang kampung ke daerah masing-masing. Pada malam Idul Fitri, pusat perbelanjaan di India biasanya akan ramai dengan kaum wanita. Merekamenyiapkan segala pernak-pernik Idul Fitri, seperti makanan kecil, jajanan dan permen. Kegiatan unik sambut Lebaran di India tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, yaitu saling bersilaturahmi, bertukar kado dan memberikan uang saku untuk anak-anak kecil dengan tujuan agar memberikan kebahagiaan bagi sanak-kerabat.

(Jari adventure-det-picture : cdn.klimg.com)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.