Sulit Lupakan Mantan? 5 Keindahan Desa Wisata Apau Ping Malinau Bakal Menghipnotis Anda

Desa Apau Ping terletak di Provinsi Kalimantan Utara, tepatnya di Kecamatan Bahau Hulu, Kabupaten Malinau.

Desa ini diisi oleh beberapa suku namun tetap dalam satu garis keturunan yang sama yaitu suku Dayak sebagai suku asli dari Kalimantan.

Jika anda berniat untuk melakukan liburan ke Kalimantan dan menikmati keindahan alamnya, Desa Apau Ping adalah jawaban terbaik untuk travelling anda.

Pasalnya desa ini memiliki banyak keindahan alam yang takkan anda temukan di desa lainnya. Selain keindahan alam yang disajikan, anda pun dapat belajar bagaimana masyarakat desa bertahan hidup dan menjalani aktifitasnya.

Berikut 5 keindahan Desa Apau Ping yang buat anda gagal Move On.

Kegiatan Keseharian Masyarakat

Jika anda tinggal di kota bahkan yang sudah jarang terdapat perkebunan tentu akan sangat menjenuhkan karena anda tidak dapat melihat pemandang alam.

Tetapi hal ini tidak akan terjadi jika anda berkunjung ke Desa Apau Ping. Desa ini masih memiliki banyak keindahan alam.

Bahkan bukan hanya itu, anda pun akan terpukau dan mengagumi cara masyarakat menjalani aktifitas mereka dengan semangat.

Sebagian besar masyarakat di desa Apau Ping merupakan petani, hal ini dikarenakan kontur tanah dan wilayah yang berbukit.

Anda dapat belajar cara bercocok tanam apalagi jika hal tersebut dapat menjadi sebuah bantuan bagi masyarakat. Kegiatan ini tentu akan membuat anda rindu dan gagal move on untuk meninggalkan desa Apau Ping.

baca juga:

Desa Wisata Osing, Budaya Tanah Blambangan yang Menawan

 

Kesenian lokal

Selain aktifitas keseharian, anda akan menemukan kesenian khas desa Apau Ping yaitu senandung dari syair yang dinyanyikan oleh para sesepuh di desa Apau Ping.

Syair yang dinyanyikan tidak sembarangan melainkan mengandung do’a, ungkapan hati, bahkan harapan kepada Tuhan.

Biasanya tamu undangan yang berkunjung ke Desa Apau Ping akan disambut dengan tarian lokal berupa tarian Simbat Ladok.

Tarian ini berbentuk lingkaran dimana para penarinya akan menari berputar searah jarum jam. Tarian ini akan diiringi oleh alat musik sejenis kulintang yang mereka sebut Tinggalin.

Produk Lokal

Jika para suami pergi bertani tentunya para istri akan ikut membantu. Selain itu, di desa Apau Ping, para wanita khususnya istri akan mengisi waktu luang mereka dengan membuat anyaman dari rotan atau bambu.

Hal ini sengaja mereka buat untuk kebutuhan sehari hari seperti membuat tas, keranjang, alat penangkap ikan, alat menumbuk dan alat lainnya.

Ketika anda berkunjung ke desa Apau Ping tentunya anda akan merasakan bahwa desa tersebut memiliki banyak perempuan yang kreatif dan kuat.

Jenis Sayuran Khas

Selain seni dan keindahan alamnya, anda akan menemukan beberapa makanan yang khas dan unik. Hal ini karena para masyarakat pandai untuk memanfaatkan tumbuhan menjadi sayuran yang dapat dimakan sehari-hari.

Anda akan menemukan beberapa jenis tumbuhan seperti paku pala, paku bai, dan paku julut yang dijadikan makanan biasa.

Selain itu, bumbu dapur yang mereka gunakan pun berasal dari tumbuhan yang terdapat di kebun atau hutan dan hasil dari bercocok tanam. Tentunya anda tidak perlu khawatir dengan kualitas bahan masakan yang digunakan.

Obat Tradisional

Saat anda mengunjungi Apau Ping, anda akan terpukau dengan banyaknya tumbuhan yang terdapat di hutan atau perkarangan rumah.

Hal ini menjadikan desa Apau Ping dekat dengan sumber tumbuhan yang dapat dijadikan obat tradisional. Bahkan jika sesuatu terjadi, anda pun tidak perlu bingung untuk membeli obat-obat di apotek.

Karena anda akan mendapatkan obat tradisional langsung. Masyarakat biasa menggunakan obat tradisional seperti daun sirih atau keladi untuk mengobati demam.

Daun ini biasa dicampurkan dengan minyak tanah dan bereaksi ampuh terhadap orang yang sakit sehingga hilang demamnya.

Selain pada tumbuhan, obat tradisional diambil dari hewan seperti empedu kitan, empedu buang, burung suwikrukep, madu layuk, dan lainnya.

Penggunaan hewan sebagai obat tradisional dinilai dapat mengobati penyakit dalam seperti patah tulang, salah urat bahkan dapat menjadi obat bagi anak yang belum lancar berbicara.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.