Suku Alor, Kekayaan Tradisi dan Budaya Nusa Tenggara Timur yang Luhur

Indonesia merupakan negeri dengan banyak pulau di dalamnya. Jumlah pulau di Indonesia mencapai ribuan pulau bahkan sepertiga darinya belum memiliki nama.

Otomatis, Indonesia memiliki suku bangsa hinga mencapai 1340 suku. Meskipun Indonesia memiliki ribuan suku dan pulau, Indonesia tetap menjadi satu sesuai dengan semboyan negeri kita yaitu Bhineka Tunggal Ika.

Salah satu pulau yang ada di Indonesia adalah pulau Alor. Kepulauan Alor terletak di timur Kepulauan Nusa Tenggara. Destinasi wisata Pulau Alor juga menjadi salah satu dari dua pulau besar dalam wilayah kabupaten Alor.

Pulau Alor dihuni oleh masyarakat suku Alor. Mereka adalah penduduk asli yang mendiami pulau Alor. Suku Alor memiliki beberapa ciri khas yang bisa Anda pelajari. Apa saja? Ini dia pembahasannya

1.Agama dan Kepercayaan Suku Alor

floresexotictours.id

 

Suku Alor memiliki kepercayaan dan agama yang beragam dan bermacam-macam. Ada penduduk beragama Islam, Kristen Protestan serta Katolik.

Meskipun begitu, ternyata beberapa masyarakat Alor masih mempertahankan kebiasaan leluhur mereka yang animism dan dinamisme.

Beberapa diantara mereka masih menyembah wujud benda dan alam seperti matahari (Larra/Lera), bulan (Wulang), sungai / dewa air (Neda), hutan / dewa hutan (Addi), serta laut / dewa laut (Hari).

2.Tarian Lego Lego Khas Suku Alor

floresexotictours.id

Tarian yang satu ini merupakan seni pertunjukan berupa tari tarian. Tarian ini ternyata cukup populer bahkan terkenal hingga masuk ke dalam daftar tarian tradisional Indonesia.

Jika Anda berkunjung ke pulau ini, Anda bisa menonto pertunjukannya di beberapa tempat. Tarian Lego Lego sejenis dengan tarian masyarakat lainnya seperti tari Masekat dari suku Alas di Aceh.

Tarian Lego Lego ini dilakukan oleh banyak orang secara massal. Para penari akan bergandengan tangan satu dengan lainnya hingga membentuk lingkaran. Mereka akan mengelilingi 3 batu bersusun atau biasa disebut Mesbah.

Mereka juga akan menampilkan lagu pantun dengan bahasa adat, serta dilakukan semalaman dengan iringan gong dan moko. Pertunjukan yang satu ini wajib untuk Anda saksikan agar bisa menambah wawasan Anda.

3.Alat Musik Tradisional Suku Alor

Pinterest

Alat musik tradisional dari suku ini adalah Moko. Moko sendiri termasuk alat musik yang terkenal dan mirip dengan bentuk gendang. Moko bahkan berasal dari hasil kebudayaan di jaman perunggu silam.

Karena itu Moko dibentuk seperti bejana dengan bahan perunggu. Moko biasanya dimainkan sebagai pengiring tarian Lego Lego serta beragam acara adat suku Alor lainnya.

blogspot.com

Selain menjadi pengiring tarian dan musik, Moko juga kerap kali dijadikan sebagai mahar atau mas kawin dalam adat suku Alor.

Mahar adalah salah satu harta berharga yang diberikan dari pihak pria kepada pihak wanita saat melakukan pernikahan sebagai syarat diadakannya pernikahan. Minimal harus memiliki 1 Moko setiap keluarga di suku Alor.

4.Makanan Khas Suku Alor

syahidhas.com

 

Sama seperti daerah lainnya, wilayah pulau Alor pasti memiliki makanan khas yang dikonsumsi oleh masyarakat suku Alor.

Ada beberapa makanan khas suku Alor yang wajib Anda coba saat berkunjung ke tempat ini. pertama adalah Jagung Bose, makanan ini terbuat dari butiran jagung sesuai namanya.

blogspot.com

 

Kedua adalah biji kenari. Ternyata biji kenari juga termasuk makanan khas masyarakat Alor hingga saat ini. Terakhir adalah Kue Rambut yang terbuat dari tepung dan gua lempeng yang berasal dari lontar.

Bahan tersebut digoreng dengan menggunakan cara dan alat khusus. Sesuai namaya, bentuk dari kue yang satu ini suwar suwir seperti helaian rambut.

Baca juga:

Desa Wisata Osing, Budaya Tanah Blambangan yang Menawan

 

5.Desa Adat Takpala Suku Alor

floresexotictours.id

Ada sebuah desa yang ada di pulau Alor yang bernama Desa Adat Takpala. Desa ini memiliki segala keunikan yang dimiliki oleh suku Alor.

Jika Anda berkunjung ke lokasi ini, Anda akan menemukan segala adat dan istiadat yang dapat Anda pelajari. Kebudayaan suku Alor sangat terasa di desa ini.

Desa Adat Takpala hanya dihuni oleh sekitar 40 orang penduduk. Desa ini tertutup karena berada di atas kaki bukit yang rimbun pepohonan.

Untuk menemukan desa ini, cukup cari saja beberapa rumah adat yang terlihat seperti bentuk limas dengan atap ilalang yang terlihat dari kejauhan.

***

Penduduk suku Alor masih tetap mempertahankan segala adat dan kebudayaan mereka hingga saat ini. Untuk itu, akan menjadi pengalaman wisata yang berkesan jika Anda bisa berkunjung langsung ke sana.

Pastikan Anda menggunakan jasa agen travel wisata berpengalaman dan profesional, Jari Adventure. Mitra terbaik perjalanan wisata ke berbagai destinasi di Indonesia dan mancanegara. Untuk pemesanan hubungi HP : 0812-22279979 dan WA : 0877-78906999.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.