Serunya Festival Lokal di Jawa Timur, Tonton Yuk!

Apa di antara kita yang sering berkunjung ke festival? Festival adalah salah satu event yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan ataupun warga setempat.

Tujuan dari satu festival dengan festival lainnya pun selalu berbeda-beda. Biasanya suatu festival diadakan setahun sekali, bisa kurang ataupun lebih.

Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang memiliki banyak festival dan beberapa festival tersebut menarik wisatawan internasional.

Memangnya apa saja sih festival yang ada di Jawa Timur? Nah berikut adalah beberapa festival terbaik di Jawa Timur yang menarik untuk disaksikan keseruannya::

Festival Gandrung Sewu

Festival tahunan ini diadakan di desa Blambangan, tepatnya di kota Banyuwangi. Seperti namanya, festival ini memang dimeriahkan dengan tari Gandrung yang merupakan keseian asli Banyuwangi.

Asal mula Festival Gandrung Sewu ini adalah untuk mengungkapkan rasa syukur masyarakat pada masa panen dan kekaguman mereka pada Dewi Sri.

Dulunya tari Gandrung ini dibaawakan oleh penari pria yang berdandan wanita, namun seiring berjalannya waktu tari ini cenderung dibawakan oleh wanita.

Bukan hanya tarian, di Festival Gandrung Sewu ini kita juga bisa menyaksikan ppenampilan dari berbagai pemusik tradisional yang membuat festival lebih meriah.

Biasanya Festival Gandrung Sewu ini diadakan pada akhir tahun, tepatnya sekitar pada bulan Oktober.

Malang Flower Carnival

Festival yang diadakan di Malang ini merupakan festival peragaan busana, di mana konstentannya harus menggunakan ornamen bunga.

Ide dari diadakannya Malang Flower Carnival ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencintai alam.

Para konstentan juga menampilkan beberapa tari tradisional yang membuat festival ini semakin meriah. Malang Flower Carnival ini sudah diadakan sejak tahun 2018 kemarin, sekitar pada pertengahan September.

Jatim Specta Night Carnival

Sumenep adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang tidak mau ketinggalan dalam mengadakan festival tahunan.

Jatim Specta Night Carnival ini sudah dikenal sejak beberapa tahun terakhir, di mana festival ini diadakan pada malam hari. Seperti namanya,

Jatim Specta Night Carnival ini memang mengandalkan kelap kelip lampu yang membuat suasana di Sumenep semakin meriah.

Festival ini diadakan setahun sekali sebagai perayaan hari jadi Kabupaten sumenep dan biasanya diikuti oleh peserta dari masing-masing Kabupaten di Jawa Timur.

baca juga:

4 Hutan Pinus di Jawa Timur Untuk Hasilkan Foto Liburan Kece

 

Jember Fashion Carnaval

Siapa sih yang belum pernah mendengar tentang Jember Fashion Carnaval? Festival satu ini dikenal sebagai salah satu festival terbaik di Jawa Timur dan banyak wisatawan mancanegara yang ikut serta dalam festival ini.

Kostum yang ditampilkan pada Jember Fashion Carnaval ini bukan kostum sembarangan, bahkan biasanya dari desainer terkenal.

Bahkan sering kali kostum yang biasanya ditampilkan di Jember Fashion Carnaval ini dibawa ke ajang Miss Universe.

Festival ini diadakan tiap tahun dan biasanya pada pertengahan tahun. peserta dari Jember Fashion Carnaval selalu meningkat, bahkan pernah tercatat jika peserta festival ini jumlahnya mencapai 6,000 peserta!

Banyuwangi Ethno Carnival

Festival tahunan satu ini diadakan di Banyuwangi, tepatnya di sekitar Kawah Ijen. Asal usul Banyuwangi Ethno Carnival ini adalah untuk mengenalkan kearifan lokal terhadap masyarakat.

Terlebih untuk anak muda yang sering kali sudah lupa akan budayanya. Diadakannya festival ini juga sebagai bentuk rasa syukur akan keindahan blue fire yang bisa ditemui di Kawah Ijen.

International Tour de Banyuwangi Ijen

Kawah Ijen memang dikenal akan keindahan alamnya, bahkan menjadi pusat dari penyelenggaraan festival internasional.

Berbeda dengan festival Jawa Timur lainnya, International Tour de Banyuwangi Ijen ini merupakan kompetisi balap sepeda yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara.

Menariknya, festival ini bukan hanya untuk atlet profesional saja namun juga untuk para amatir. Bahkan rute dari International Tour de Banyuwangi Ijen ini selalu berubah lho!

Festival Kesenian Indonesia

Ajang Festival Kesenian Indonesia juga sudah menjadi agenda tahunan di Jawa Timur, lebih tepatnya selalu diadakan di Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya.

Festival ini meliputi berbagai seni pertunjukan, pameran seni rupa, bahkan banyak seminar internasional. Biasanya festival Kesenian Indonesia ini diadakan selama 3 hari berturut-turut. Festival ini sudah diadakan sejak 11 tahun lalu.

Menarik bukan berbagai festival di Jawa Timur yang disebutkan barusan? Festival manakah yang akan kamu saksikan tahun depan?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.