Serunya Balik Kampung! Intip 5 Tradisi Lebaran di Singapura dan Malaysia

Hari raya Idul Fitri adalah hari paling penting bagi seluruh umat muslim. Hari lebaran disebut juga hari kemenangan setelah menjalankan puasa Ramadhan satu bulan penuh.

Indonesia memiliki tradisi unik dalam merayakan hari lebaran, misalnya berkunjung ke rumah-rumah tetangga untuk silaturahmi setelah sholat Ied, menghidangkan makanan khas lebaran seperti opor dan ketupat, hingga berkumpul Bersama keluarga di hari lebaran.

Tak hanya Indonesia, masyarakat muslim di negara lainnya juga memiliki tradisi lebaran masing-masing. Sebagai negara tetangga Indonesia, bagaimana tradisi lebaran yang ada di Singapura dan Malaysia?

Apakah tidak jauh berbeda dari negara kita? Hal unik apa yang mereka miliki? Mari kita simak berikut ini.

1.    Beribadah serta Kunjungan ke Makam

Ketika hari raya Idul Fitri tiba, masyarakat muslim di Singapura ini akan memulai hari dengan beribadah di masjid terdekat. Mereka akan melaksanakan sholat Ied berjamaah. Di sinilah mereka berdoa dan bersyukur.

Setelah beribadah, tak lupa untuk berkunjung ke orang tua sekaligus meminta maaf atas segala kesalahan yang telah diperbuat.

Momen yang satu ini tentu tidak boleh dilewatkan. Setelah itu, barulah mereka merayakan pesta keluarga dan teman di rumah. Pesta ini berisi acara makan-makan Bersama sekaligus merekatkan tali silaturahmi.

Warga muslim di Malaysia juga tak jauh berbeda. Mereka memulai hari dengan beribadah ke Masjid.

Selanjutnya, mereka akan berkunjung ke makam orang yang disayangi sambil memanjatkan doa agar mengampuni dosa mereka yang telah tiada.

2.    Saling Maaf-maafan

Momen hari lebaran tak lepas dari kata silaturahmi dan saling memaafkan. Hari penuh ampunan ini tak afdol bila tidak saling bersilaturahmi terutama memaafkan antar sesama.

Kalimat untuk saling bermaafan di Malaysia dan Singapura adalah “Maaf zahir dan batin” yang maknanya adalah meminta maaf atas segala perilaku dan perkataan mereka yang tidak berkenan di hati orang lainnya.

3.    Open House dan Hidangan Khas Lebaran

Beberapa masyarakat di Singapura dan Malaysia biasanya akan menggelar Open House setelah ibadah sholat Ied.

Acara ini mengundang seluruh rekan, keluarga, teman, dan kerabat tanpa memandang ras, status sosial, bahkan agama untuk merayakan hari besar ini. Biasanya, akan disediakan berbagai hidangan lezat khas lebaran.

Contohnya, jika di Singapura biasanya orang-orang akan menghidangkan ketupat, rendang, serta lontong saat perayaan Idul Fitri.

Ada juga cemilan manis seperti onde-onde serta kue kering. Malaysia tak jauh berbeda, yakni ketupat, lemang, rendang, kue dan biscuit hari raya.

Dengan merayakan open house, tentu ada manfaat yang bisa dipetik yaitu bisa saling mengenal satu sama lain sambil menikmati Q Time Bersama keluarga dan kerabat.

4.    Pakaian

Saat hari lebaran, tentu saja harus dirayakan sebaik mungkin. Biasanya, setiap orang akan menyediakan baju lebaran untuk dipakai saat bersilaturahmi di hari raya.

Singapura sendiri ternyata memiliki pakaian khas lebaran yang selalu menjadi andalan, yaitu baju tradisional kurung Melayu dan kebaya.

Pakaian ini biasanya terbuat dari sutra atau batik tulis yang dijahit dengan pola menarik dan dipadukan dengan jilbab dengan warna yang cocok.

Malaysia juga memiliki baju Kurung dan baju kebaya untuk lebaran. Bahkan, mereka yang non-Muslim juga biasanya akan mengenakan baju tradisional ini untuk menghormati teman atau keluarga yang muslim.

Baca juga:

Berbagi Hewan Kurban, Ragam Budaya Idul Adha dari Seluruh Dunia

 

5.    Mudik dan THR

Ternyata, tradisi mudik juga berlaku di Malaysia dengan nama Balik Kampung. Biasanya, mereka akan berkunjung ke rumah orang tua dan maaf-maafan dengan keluarga besar.

Mudik biasanya dilakukan seminggu sebelum lebaran. Selain itu, Singapura dan Malaysia juga memiliki tradisi yang dinanti-nanti oleh anak-anak, yaitu bagi-bagi THR untuk anak kecil.

Biasanya, uang ini akan dibagikan oleh para orang tua kepada anaknya dan anak kecil lainnya.

Bagaimana? Setelah membahas ke 5 tradisi lebaran dari kedua negara tetangga, dapat disimpulkan bahwa tradisi mereka tidak jauh berbeda dengan negara Indonesia.

Lalu, tradisi apa yang biasa Anda lakukan saat hari lebaran tiba?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.