Sempat Terhenti Pandemi, Ini 7 Festival Budaya Indonesia yang Mendunia

Salah satu negara dengan budaya yang unik dan beragam ialah negara kita sendiri, Indonesia. Selain kaya akan sejarah dan Bahasa, Indonesia juga memiliki budaya yang bermacam-macam dari Sabang hingga Merauke.

Dari tiap tempat ke tempat lainya menyimpan banyak keragaman yang patut untuk diperlihatkan di mata dunia.

Nyatanya, ada banyak budaya yang kini tersohor dan dilirik dunia karena keistimewaannya. Festival budaya Indonesia selalu dinanti-nanti oleh masyarakat lokal bahkan wisatawan global.

Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak festival budaya Indonesia yang tersohor di dunia.

 

Sumatera Barat – Festival Pacu Jawi

Festival ini merupakan sebuah balapan sapi yang digelar di lahan persawahan berlumpur. Uniknya, orang yang bertugas sebagai joki ini hanya memegang bahkan menggigit ekor sapi yang ia pacu.

Orang-orang disekitarnya akan semakin bersemangat untuk menyemangati balapan tersebut. Tentunya cukup menegangkan, bukan? Festival ini tepatnya digelar di Tanah Datar, Sumatera Barat

 

Sumatera Utara – Festival Danau Toba

Masih di Kawasan Sumatera, festival yang satu ini pasti sudah pernah Anda dengar.

Festival ini  sudah ada sejak tahun 2980 dengan nama Pesta Danau Toba dan berganti nama menjadi Festival Danau Toba di tahun 2013. Anda bisa melihat rangkaian acara festival ini mulai bulan Mei hingga September.

Festival yang terkenal cukup Panjang ini menyuguhkan beragam pertunjukan seni, pesta budaya, pameran dan karnaval Si Gale-Gale. Nikmati berbagai suguhan khas Sumatera yang dijual selama festival.

 

Jawa Timur – Festival Karapan Sapi

Mirip dengan Pacu Jawi asal Sumatera Barat, festival Karapa Sapi juga istilah untuk lomba pacuan sapi. Biasanya digelar di bulan Agustus dan September.

Untuk merebutkan Piala Bergilir Presiden, Karapan Sapi digelar di Residenan Pemekasan. Untuk itu bagi Anda yang sedang berlibur ke Kawasan Jawa Timur, jangan melewatkan festival yang satu ini ya!

 

Jawa Tengah – Festival Budaya Dieng

Festival yang lebih dikenal dengan nama Dieng Culture Festival ini merupakan acara tahunan yang selalu ramai pengunjung, baik lokal hingga wisatawan asing.

Dataran tinggi Dieng sudah sangat terkenal akan keindahannya. Itulah salah satu alasan mengapa festival ini sangat menarik.

Terutama hawa dingin dan alunan musik jazz membuat semua orang di sini terhanyut dan syahdu.

 

Yogyakarta – Festival Sekaten

Yogyakarta terkenal akan adat Jawanya yang sangat kental. Salah satu festival yang dikenal dunia adalah upacara Sekaten.

Upacara Sekaten digelar untuk memperingati Maulid Nabi (kelahiran Nabi Muhammad SAW) dengan paduan kegiatan dakwah Islam serta sentuhan seni.

Acara yang berlangsung selama 1 minggu ini diadakan di Alun-alun Utara Kota Yogyakarta. Puncaknya ditandai dengan kegiatan Grebeg Muludan.

 

baca juga:

Suka Bertualang, Yuk Jelajahi 7 Taman Nasional Terbaik di Amerika Serikat

 

Papua – Festival Lembah Baliem

Mari kita lihat budaya mendunia yang ada di ujung negara bagian timur yaitu Papua. Lembah Baliem menjadi festival rutin yang diadakan setiap tahun oleh masyarakat Wamena, Papua.

Festival ini sangat tersohor di dunia karena keunikan dan budayanya yang sangat kental.

Lembah Baliem mempertontonkan sebuah ritual peperangan antar suku adat di wilayah tersebut. Tak sedikit turis asing dan fotografer yang datang dan berlomba-lomba untuk mengabadikan momen terbaik di sini.

 

Sulawesi Selatan – Festival Rambu Solo

Berbeda dari festiva sebelumnya, Rambu Solo merupakan sebuah upacara kematian. Selama proses ritual, terdapat banyak atraksi yang membuat upacara ini menarik perhatian.

Umumnya, Rambu Solo digelar oleh orang berpengaruh atau keturunan raja di lingkungan adat. Anda bisa melihat pagelaran ini selama beberapa hari dibulan Desember, yang akan diakhiri dengan pemakaman jenazah.

Pantas saja banyak wisatawan asing yang penasaran dan tertarik dengan budaya yang satu ini.

 

Kalimantan Barat – Festival Cap Go Meh

Setiap tahun baru Imlek, masyarakat Kota Singkawang Kalimantan Barat biasa menggelar perayaan Cap Go Meh pada malam ke-15 bulan pertama. Festival ini juga dikenal dengan sebutan Festival Yuan Xiao.

Tak hanya Kalimantan Barat, banyak kota di Indonesia yang juga menggelar perayaan Imlek setiap tahun. Anda bisa menyaksikan parade barongsai hingga atraksi ‘thang sin’ atau ‘lok thung’ yang mendebarkan.

 

Kalimantan Timur – Festival Erau Kertanegara

Festival yang digelar setiap tahun di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur ini sangat memikat banyak pengunjung. Erau berarti Eroh, yang berarti ramai, riuh, serta penuh suka cita.

Festival ini konon digelar untuk penjabatan raja di zaman Kerajaan Kutai hingga diambil alih oleh Pemerintah sebagai peringatan ulang tahun kota Tenggarong.

Festival Erau Kertanegara menampilkan berbagai pertunjukan, pentas seni, dan perlombaan yang dapat Anda saksikan.

 

Nusa Tenggara Timur – Festival Likurai Timor-Belu

Bukan sebuah rahasia lagi jika NTT menyimpan banyak adat yang menarik perhatian dunia. Salah satunya Festival Likurai Timor-Belu yang biasa disebut Festival Fulan Fehan.

Perayaan ini digelar dengan mempertontonkan tari kolosal dari Kabupaten Belu sebagai symbol untuk menyambut pahlawan dari peperangan. Festival ini melibatkan ribuan penari.

Masih banyak budaya yang tersohor di dunia yang dimiliki oleh negeri kita tercinta. Oleh karena itu, cintai ragam budaya Indonesia dan jaga keasliannya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.