Selingan Masa Tanam Sawah, Tengok Serunya Grand Final Karapan Sapi di Madura

Madura adalah salah satu kota di Indonesia yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, bahkan namanya sudah sampai di telinga wisatawan mancanegara.

Berbeda dengan kota lainnya, Madura dikenal akan kelezatan kulinernya yang sulit untuk didapatkan di kota lain. Bagaimana dengan kebudayaan Madura?

Bukan Indonesia namanya kalau tidak kaya budaya! Madura juga merupakan kota yang kaya akan budaya. Kekayaan budaya Madura ini tercemin dalam berbagai festivalnya,salah satunya ada Grand Final Karapan Sapi.

Apa sebenarnya yang membuat Grand Final Karapan Sapi ini unik daripada festival lainnya? Nah daripada tambah penasaran, yuk simak keunikan Grand Final Karapan Sapi yang satu ini!

 

Kekayaan Madura yang perlu dilestarikan

Bagi kita yang sudah pernah berkunjung ke Madura, pastilah tahu kalau sapi adalah hewan yang sakral. Grand Final Karapan Sapi sendiri diselenggarakan untuk mengingatkan warga Madura untuk menjaga nilai ini.

Oleh sebab itulah pemerintah mendorong keras anak muda Madura ikut serta dalam festival ini supaya budayanya bisa tetap terjaga sampai anak cucu.

 

Perlombaan sapi yang tidak mengandung kekerasan

Pastinya banyak dari kita yang bertanya-tanya bagaimana jalannya Grand Final Karapan Sapi.

Meskipun sekilas festival ini sama seperti perlombaan sapi pada umumnya, ternyata Grand Final Karapan Sapi menentang keras adanya kekerasan pada hewan lho.

Pemerintah menegaskan ika lomba harus berjalan dengan terbuka tanpa kekerasan sama sekali. Hal inilah yang membuat Grand Final Karapan Sapi berbeda dengan festival lainnya.

Karena para penunggang sapi harus berpikir keras bagaimana caranya membuat sapi mereka bisa berlari dengan cepat.

 

Keseruan balapan sapi yang tidak tergantikan

Banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara yang tertarik datang ke Grand Final Karapan Sapi karena tidak mengandung kekerasan sama sekali – di mana sapi yang berlomba pun tidak akan merasa tersiksa.

Lomba balapan sapi ini dibuka dengan tanda peluit dan para peserta pun bisa segera memicu sapinya untuk menjadi yang tercepat.

Tugas para peserta di sini adalah utuk memicu sapinya berlari di lintasan sepanjang 200 meter yang diperkirakan hanya butuh waktu 20 detik untuk sampai garis finish.

 

Hadiah yang tidak main-main

Siapa bilang hanya pemenang saja yang akan mendapatkan hadiah? Yup, golongan yang menang dan kalah tetap akan mendapatkan hadiah lho!

Hadiah yang tidak diberikan pun bukan sembarangan, di mana kedua golongan kalah dan menang sama-sama mendapatkan mobil.

Hanya saja, golongan menang akan mendapatkan Piala Presiden RI yang bisa menjadi cerita untuk anak cucu kelak.

Adanya hadiah untuk tiap golongan pada Grand Final Karapan Sapi merupakan usaha pemerintah untuk meningkatkan rasa antuasiasme masyarakat agar berpatisipasi pada festival ini.

 

baca juga:

Karapan Sapi, Atraksi Budaya Asal Madura, Jatim

 

Jumlah peserta yang selalu bertambah tiap tahunnya

Apa benar jika Grand Final Karapan Sapi selalu ramai akan wisatawan? Eits jangan salah, jumlah wisatawan di Grand Final Karapan Sapi ini selalu bertambah lho bahkan untuk wisatawan mancanegara.

Grand Final Karapan Sapi tahun lalu sendiri melibatkan 24 pasang sapi yang dikirimkan langsung dari 4 kabupaten di Madura. Terbayang kan betapa serunya Grand Final Karapan Sapi ini?

 

Kehadiran Festival Sapi Sono’ yang tidak kalah seru

Apakah hanya lomba balapan sapi saja yang bisa disaksikan selama event ini berlangsung? Tentu saja tidak! Masih banyak acara menarik lainnya yang bisa kita ikuti selama Grand Final Karapan Sapi berlangsung, salah satunya adalah Festival Sapi Sono’.

Melalui Festival Sapi Sono’ lah kita bisa melihat banyak sapi yang didandani mengingat festival ini adalah kontes kecantikan sapi.

Tentunya juga akan ada hadiah bagi pemenang Festival Sapi Sono’ yang membuat jalannya festival ini semakin seru.

 

Kesempatan kita untuk mengenal berbagai jenis sapi

Belum puas dengan serangkaian acara yang ada di Grand Final Karapan Sapi? Jangan khawatir, masih ada pameran sapi yang juga tidak kalah serunya lho!

Melalui event ini kita bisa melihat berbagai jenis sapi, baik pameran sapi taccek, pameran sapi pedetan, ataupun jenis sapi lainnya.

Adanya pameran berbagai jenis sapi ini merupakan bukti jika warga Madura memang bisa mengembangkan sapi dengan baik. Tidak ada alasan lagi kan untuk menunda kunjungan kita ke Grand Final Karapan Sapi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.