Sakral dan Sarat Makna Filosofis! Kenali Ragam Budaya dan Seni di Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur adalah salah satu provinsi terbesar yang ada di Indonesia. Jawa Timur kental akan budayanya, bahasa yang beragam, serta adat istiadatnya yang terkenal. Kota-kota yang ada di Jawa Timur juga cukup terkenal. Itu juga salah satu alasan kenapa Jawa Timur memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak.

Beberapa daerah di Jawa Timur juga memiliki kawasan kekuasaan dari Keultanan Mataram yang ada di Jawa Tengah.

Beberapa diantaranya adalah eks- Karesidenan Madiun yang terdiri dari kota Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Magetan. Ada juga eks-Karesidenan Kediri atas Tulungagung, Blitar, Trenggalek, dan Kediri itu sendiri. Sebagian karesidenannya juga ada di wilayah Bojonegoro.

Kesenian Khas Jawa Timur.

budayajawa.id

 

Jawa Timur memiliki beberapa kesenian khas yang terkenal. Ada dua kesenian khas Jawa Timur yang unik dan terkenal hingga ke manca negara. Yang pertama adalah Ludruk. Anda pasti suda tahu soal kesenian yang satu ini.

Ludruk adalah seni tradisional seperti theater di atas panggung yang menceritakan kehidupan sehari-hari rakyat jelata. Anda akan menemukan sisi humor serta ada bagian kritik sosial di dalamnya.

Umumnya, ludruk dimainkan oleh laki-laki. Ludruk biasanya ditampilkan dengan tari remo dan parikan sebagai sesi pembuka.

Jika Anda penasaran dengan ludruk, Anda bisa menemukannya di Surabaya, Mojokerto, serta Jombang.

Kesenian yang kedua adalah seni Reog. Reog adalah seni pementasan dengan jaran kepang, serta diikuti dengan unsur gaib. Reog dulunya sempat diklaim sebagai tarian khas Malaysia, namun saat 2001 kesenian yang satu ini sudah ditetapkan menjadi kesenian khas Ponorogo dan menjadi ikon Jawa Timur.

Beberapa kesenian lainnya adalah wayang kulit purwa gaya Jawa Timuran, tari topeng dalang di Madura, serta Besutan. Anda juga akan menemukan kesenian Ketoprak dan wayang kulit jika berkunjung ke wilayah Mataraman.

Rumah Adat Jawa Timur.

Arsitag

 

Selain seni kesenian, Jawa Timur juga memiliki rumah adat tersendiri. Rumah Adat khas Jawa Timur adalah Rumah Joglo. Filosofi dan arsitekturnya memang sama dengan rumah Joglo di Jawa Tengah. Filsafat dari rumah Joglo memang terlihat sikretisme.

Dulunya, rumah ini mendapatkan pengaruh dari agama Islam yang kuat serta kepercayaan animisme, Hindu, serta Budha.

Umumnya, rumah Joglo menggunakan bahan bangunan dengan kayu jati. Rumah ini mengacu pada bentuk atap seakan mengambils stilasi bentu gunung.

Filosofi di dalamnya di ambil serta di beri nama atap Tajug. Biasanya, rumah hunian masyarakat memiliki 2 atap tajug yang bernama atap Joglo.

Dalam adat jawa, gunung sering dikaitkan dengan berbagai symbol yang magis atau mistis. Gunung juga disakralkan oleh banyak masyarakat Jawa Timur.

Mereka meyakini gunung sebagai tempat suci serta tempat tinggal para Dewa. Jangankan bentuk rumah, tata ruang serta bentuk di dalamnya juga terpengaruh aliran animise, Hidnu, serta Budha.

Di ruang induk biasanya Anda akan melewati pintu dengan hiasan sulur gelung atau makara. Arti dari hiasan tersebut adalah tolak balak, atau menolak maksud jahat dari luar.

Di kamar tengah adalah kamar sakral yang memiliki tempat tidur dengan bantal guling, cermin, dan sisir dari tanduk.

Biasanya ditambah denagn lampu yang selalu menyala saat siang dan menjadi pelita saat malam. Ada ukiran yang melambangkan Pendidikan rohani di dalam ruangan itu.

Pakaian Adat Jawa Timur.

adatindonesia.com

 

Baju adat khas Jawa Timur sedikit memiliki kesamaan dengan baju adat Jawa Tengah. Perbedaannya terletak pada corak yang menunjukkan nilai ketegasan dan menjunjung tinggi etika.

Perbedaan lainnya adalah perlengkapan pakaian yang dipakai. Biasanya, pakaian adat Jawa Timur menggunakan aksesoris tongkat atau sebum dhungket, penutup kepala atau odheng, arlohi rantai, serta selendang kain pada bahu.

adatindonesia.com

 

Pakaian adat Jawa Timur ini ternyata dibagi menjadi 3 macam. Pertama adalah Baju Mantenan yang umumnya digunakan saat resepsi pernikahan adat Jawa Timuran. Kedua adalah Baju Pesaan dengan khas Madura.

Baju ini merupakan baju keseharian orang Madura serta sebagian pesisir Jawa Timur. Dan yang terakhir adalah Baju Cak dan Baju Ning.

Baca juga:

Bulan Madu Pecinta Alam, Yuk Bertualang Mendaki 7 Gunung Terindah Ini

 

Tari-tarian Daerah Jawa Timur.

Youtube

 

Tarian khas Jawa Timur ada banyak macamnya. Yang paling terkenal akan ciri khasnya adalah Tari Reog Ponorogo. Anda pasti sudah tau dengan jenis tarian yang menggunakan topeng singa besar dengan bulu merak diatasnya serta ditarikan dengan 6-8 pria dan 6-8 wanita.

Durasi tarian yang satu ini tergolong sangat panjang. Tarian ini sangat menarik perhatian dan dijamin tidak akan bosan melihatnya.

radiobintangtenggara.com

 

Yang kedua adalah Tari Gandrung Banyuwangi yang asalnya dari Banyuwangi. Gandrung sendiri adalah lambang panggilan Dewi Sri atau Dewi Padi yang membawa kesuburan serta kesejahteraan bagi masyarakat setempat. Dari segi kostum, tari ini menggunakan baju dari beludru dengan atributnya.

Ada banyak sekali tarian khas daerah Jawa Timur seperti Tari Remo, Tari Jaranan Buto, Tari Wayang Topeng, dan banyak lagi.

Jika Anda mengunjungi salah satu kota di Jawa Timur, pastikan untuk menikmati pertunjukan yang biasanya dilengkapi dengan tampilan tari-tarian daerah.

Satu lagi, pastikan Anda menggunakan Jari Adventure sebagai mitra perjalanan wisata terbaik Anda. Hubungi

HP : 0812-22279979 dan WA : 0877-78906999.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.