Persiapan Cuti 2018, Catat Tanggal Event Festival Pariwisata Maluku-Papua yang Fenomenal Ini

Sukses menggelar beberapa event Internasional, kembali sisi timur Indonesia akan menyalakan semangat pariwisata yang spektakuler.

Deretan festival – festival budaya yang unik, siap membuat wisatawan terbelalak hingga terpana. Tari – tarian, parade fashion budaya, seni musik, dan pertunjukan atraktif lain yang pastinya sayang untuk dilewatkan dalam galeri Instagrammu.

Untuk yang mau bersiap – siap cuti, yuk catat tanggal event pariwisata di Maluku dan Papua 2018 berikut ya:

Festival Teluk Ambon – Maluku

Agendaku.id

Kebudayaan Maluku tak bisa lepas dari kebudayaan bahari para pelaut. Itulah sebabnya, teluk Ambon selalu ramai dikunjungi pelancong. Dengan tema kemaritiman, Festival Teluk Ambon akan digelar tanggal 17 hingga 20 Agustus 2018.

Selama festival berlangsung, wisatawan bisa menikmati lomba memancing, pertunjukan Hawaian Band, Arumbae Manggurebe, lomba seni musik, dan lomba balap perahu. Dijamin seru!

Pesta Rakyat Banda – Maluku

blogspot.com

 

Masih berada di Maluku, pada tanggal 4 – 11 November 2018, jangan lewatkan Pesta Rakyat Banda yang epik. Dimeriahkan dengan kesenian musik, tari – tarian, bazaar, serta mengundang seniman dari seluruh tanah air. Termasuk para pejabat dan tokoh penting nasional.

Festival Tidore East-West World Monument – Maluku Utara

darmawisataindonesia.co.id

Kota Tidore yang bersejarah, merayakan hari lahirnya sekaligus menggelar festival budaya dan tradisi kota Tidore. Ajang ini bakal menampilkan keindahan alam bahari, kesenian musik, budaya hingga komoditas Tidore yang terkenal berupa rempah – rempah yang dahulu sempat jadi rebutan bangsa kolonial Portugis.

Mengusung konsep perpaduan antara timur dan barat, Tidore Festival digelar tepat di batas garis khatulistiwa pada tanggal 23 Maret hingga 12 April 2018.

Legu Gam, Keraton Ternate – Maluku Utara

blogspot.com

 

Merayakan ulang tahun Sultan Ternate, kali ini Maluku Utara di Legu Gam akan berkumpul di kedaton sultan. Masyarakat seluruh lapisan di bawah kekuasaan sultan Ternate diperbolehkan hadir untuk ikut memberikan doa, restu bahkan masukan positif.

Kemeriahan ini akan menampilkan beragam kesenian tradisional seperti lagu – lagu adat, tarian, ritual juga hiburan. Event Legu Gam, akan dilaksanakan pada tanggal 28 Maret hingga 13 April 2018.

Festival Teluk Jailolo – Maluku Utara

sayangi.com

Festival yang akan menyedot perhatian wisastawan mancanegara ini akan digelar pada tanggal  3 – 5 Mei 2018. Diharapkan untuk bersiap – siap sejak awal agar tak kehabisan kamar hotel atau tiket pesawat. Keindahan Teluk Jailolo memang sudah tak perlu diragukan. Baik dari keanekaragaman terumbu karang, hingga panorama perairan laut yang jernih menakjubkan.

Serangkaian acara untuk memeriahkan festival ini sudah disiapkan. Seperti aneka kuliner khas Halmahera, pameran, pagelaran seni, tari – tarian, Orom Sasadu  hingga Sigofi Ngolo.

Festival Pesona Raja Ampat – Papua Barat

sportourism.id

Teramat sayang jika liburan tak menyempatkan diri berkunjung ke Raja Ampat. Tanggal 18 – 21 Oktober 2018 nanti akan digelar Festival Pesona Raja Ampat di Papua yang menjadi event tahunan sekaligus melambungkan pariwisata Raja Ampat di kancah internasional.

Mengusung tema maritim dan keberagaman budaya, festival yang digelar di Pantai Waisai Torang Cinta ini menggemakan kelestarian lingkungan alam dam budaya di Raja Ampat.

Biak Munara Wampasi – Papua Barat

sportourism.id

Bersiap menuju Kabupaten Biak Numfor tanggal 1 – 4 Juli 2018. Pameran bunga anggrek, kesenian dan tari – tarian daerah, hingga musik dan parade drum band akan menjadi beberapa acara yang turut dipergelarkan.

Selain itu, ada juga event menangkap ikan saat air laut surut atau snap mor. Kemudian, berjalan kaki telanjang di atas batu panas, lomba foto bawah laut internasional serta lomba lari 10 k.

Baca juga:

Festival Lembah Baliem – Papua

netz.id

 

Keindahan Lembah Baliem akan semakin diramaikan dengan festival yang menggambarkan perang antara suku Dani, Lani dan Yali ini. Konsep perang bukan untuk mencari pemenang, tetapi untuk atraksi hiburan masyarakat dan wisatawan.

Sejak lama Festival Lembah Baliem digelar untuk mempertandingkan kekuatan antar suku. Serangkaian event yang tak kalah memikat seperti pertunjukan seni daerah juga turut digelar. Catat tanggalnya Festival Lembah Baliem pada 8 – 10 Agustus 2018.

Festival Pesona Budaya Asmat – Papua

pedomanwisata.com

Siapkan tiket pesawat dan akomodasimu pada tanggal 19 – 23 Juni 2018. Festival Pesona Budaya Asmat, Papua tak boleh dilewatkan. Acara yang menjadi ajang pameran seni patung, pesta budaya, tarian serta musik daerah ini akan digelar untuk meramaikan acara lelang penjualan patung.

Uang yang terkumpul bisa mencapai milyaran rupiah akan dibuat untuk kesejahteraan masyarakat lokal Asmat.

***

Yuk, terus jelajahi pesona Indonesia untuk turut serta melestarikan sekaligus berkontribusi pada kemajuan wisata di daerah. Mau mempersiapkan perjalanan wisatamu ke berbagai destinasi wisata di Maluku – Papua? Tenang saja, segera hubungi agen travel Jari Adventure sebagai mitra perjalanan wisatamu yang profesional dan berkualitas.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.