Perang Jeruk, Tomat, atau Air? 5 Festival Terunik di Dunia yang Bikin Tepok Jidat

Setiap negara biasanya memiliki perayaan atau festival yang diselenggarakan dalam rangka peringatan sebuah peristiwa.

Festival menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat entah itu suatu suku atau ras. Dengan keberagaman budaya di dunia, festival yang diadakan juga berbagai macam. Bahkan, Anda bisa menemukan festival-festival unik yang mungkin tidak terpikirkan.

Pengadaan acara festival biasanya digelar pada hari-hari atau tahun tertentu yang sudah ditentukan. Ada pula festival yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya.

Menikmati festival yang berbeda juga dapat menambah wawasan Anda pada suatu ras, lho! Apa saja festival terunik di dunia yang bisa Anda kunjungi? Mari kita simak berikut ini.

1. Up Helly Aa

Pinterest

 

Festival terunik pertama yang bisa Anda kunjungi berada di Skotlandia. Up Helly Aa merupakan festival yang digelar untuk perayaan hari jadi Skotlandia. Festival ini sudah dilaksanakan sejak tahun 1880 dan biasanya digelar di awal tahun.

Di malam Up Helly Aa, Anda akan menemukan sekitar 1000 pria dengan kostum prajurit. Secara berkelompok, mereka mengelilingi kota dengan membawa symbol api seperti lilin dan obor.

Dengan mengarak kapal naga bergaya Viking, mereka berkeliling kota sambil meledakkan roket dan juga meniup terompet.

Untuk kalangan perempuan, mereka berperan sebagai penggerak dengan menyiapkan aula untuk pertemuan serta menyiapkan makanan untuk para pria yang sedang menjadi prajurit.

2. Battle of Orange

The Italian Tribune

Festival ini cocok sekali untuk Anda yang menyukai jeruk. Sesuai namanya, Battle of Orange menjadi festival yang dirayakan layaknya peperangan jeruk. Festival ini berasal dari Kota Ivrea, Italia yang diselenggarakan setiap bulan Februari.

Buah jeruk menjadi senjata untuk dilemparkan kepada musuh. Itu karena ini merupakan sebuah tradisi untuk mengenang pemberontakan di abad pertengahan. Kala itu, penduduk kota ini menggulingkan kekuasaan Tiran.

Ketika festival berlangsung, akan ada gerobak berkuda yang berisi jeruk. Perwakilan pihak Tiran datang ke pusat kota yang telah dipenuhi orang berbaju oranye. Lalu, kerumunan orang tersebut melempari perwakilan pihak Tiran yang menaiki kuda dengan menggunakan jeruk bersama-sama.

3. La Tomatina

indiatimes.in

Festival yang satu ini sangatlah unik karena menjadi festival “perang buah” layaknya Italia. La Tomatina merupakan festival di Spanyol yang menggunakan tomat sebagai senjata perangnya.

Acara yang bermula di tahun 1945 ini berawal dari pertikaian antarkelompok muda dan bisa didamaikan.

Selain menjadi pengingat moment tersebut, La Tomatina juga menjadi ajang promosi wisata daerah. Wisatawan akan berdatangan untuk menonton atau ikut serta dalam atraksi perang buah tomat.

4. Dia De Los Muertos

hotelraspailmontparnasse.com

Dari Spanyol, kini beralih ke wilayah Meksiko. Negara ini memiliki festival yang bisa dibilang mirip dengan perayaan Halloween.

Tiap pesertanya menggunakan dandanan seperti arwah dengan dicat putih seperti tengkorak atau kostum menakutkan lainnya.

Saat festival berlangsung, semua orang akan pergi ke makam untuk dibersihkan sekaligus menghias makam. Mereka juga memberikan persembahan di makan tersebut untuk para arwah.

Anda bisa menyaksikan festival ini di ualn November. Selain Meksiko, bisa juga disaksikan di beberapa daerah Amerika Serikat, Amerika Selatan, serta Spanyol.

Memang sedikit menakutkan ya? festival ini digelar sebagai bentuk penghormatan pada kematian sanak saudnara dan kerabat.

Saking antusiasnya festival ini, pemerintah bahkan menyatakan hari festival ini sebagai libur nasional. Jika Anda tahu film Coco (2017), maka Anda akan sedikit paham tentang festival ini yang menjadi latar belakangnya.

Baca juga:

Jangan Hanya Keliling Tokyo, Cek 7 Destinasi Terbaik Jepang untuk Pecinta Alam

5. Songkran Water

scmp.com

 

Thailand merupakan negara tropis yang memiliki festival unik dan sayang untuk dilewatkan. Festival Songkran Water menjadi perayaan sebagai pertanda hari-hari terpanas di Thailand. Tiap orang akan melempar air kepada yang lainnya sambil bersorak-sorai.

Mereka biasanya menggunakan senapan air, selang, balon air, dan senjata lainnya yang bisa menyiramkan air. Bahkan, mereka menggunakan gajah untuk menyiramkan air dengan menggunakan belalainya.

Dari pihak peserta, mereka telah mengoleskan wajahnya dengan menggunakan kapur dan mentol sebelum festival dimulai. Hal ini menjadi pertanda keberuntungan. Songkran Water yang digelar di bulan April menjadi festival terbesar di Thailand.

Dibalik festival-festival unik pasti ada saja makna yang terkandung di dalamnya. Dengan festival atau perayaan, akan terekam momen-momen penting pada setiap pesertanya dan akan menjadi peristiwa yang selalu dikenang. Bagaimana? Tertarik untuk menyaksikannya secara langsung?

***

Jadikan Jari Adventure agen travel wisata untuk menikmati petualangan yang seru dan tak terlupakan. Hubungi

HP : 0812-22279979

WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.