Pantangan Buatmu! 7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Turis di Korea Selatan

Siapa yang tidak tertarik untuk mengunjungi Korea Selatan? Negara denga julukan Negeri Gingseng ini sangat diminati oleh wisatawan seluruh dunia.

Korea Selatan menjadi kiblat fashion dunia. Tidak heran mengingat betapa cantik dan tampannya artis papan atas di negeri ini. Drama dan musiknya juga sangat diminati sehingga membuat Korea Selatan menjadi incaran wisatawan.

Namun, berkunjung ke negeri ini ternyata juga memiliki beberapa hal yang tak boleh dilakukan sembarangan, lho! Meskipun hanya berlibur sebentar, sebagai wisatawan Anda juga harus mengingat kebiasaan masyarakat Korea untuk menghargainya.

Daripada melakukan hal yang salah ketika berlibur, simak saja beberapa pantangan saat berkunjung ke Korea Selatan di bawah ini :

1.  Menggunakan Pakaian Terlalu Terbuka

Memang banyak artis Korea Selatan yang menggunakan pakaian terbuka seperti yang Anda lihat di tv maupun drama Korea.

Namun, sayangnya masyarakat Negeri Gingseng ini ternyata kurang menyukai pakaian yang terlalu terbuka, lho! Bahkan, pakaian dengan bahu terbuka atau punggung yang terekspos juga sering dianggap tidak senonoh dan tentu saja tidak sopan.

Daripada mendapatkan tanggapan seperti itu, lebih baik Anda menjaga pakaian yang Anda gunakan agar tetap sopan dan tidak berlebihan. Pilihlah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan tempat Anda berada.

2.  Lupa Melepas Alas Kaki

Ada banyak tempat di Korea Selatan yang tidak boleh dimasuki dengan menggunakan alas kaki, restoran contohnya.

Banyak restoran di Korea yang mengharuskan pengunjung untuk melepas alas kaki. Biasanya, restoran ini memiliki design seperti lesehan atau memang menjaga agar tetap bersih.

Dimana pun Anda berada, lihat dulu area sekitarnya. Apakah ada sejumlah sepatu atau sandal yang tergeletak sebelum memasuki ruangan? Jika ada, maka sebaiknya Anda melepas alas kaki sebelum masuk ke dalamnya.

3.  Sumpit Tersangkut di Nasi

Apa Anda terbiasa menancapkan sendok, garpu, atau sumpit di onggokan nasi? Jika iya, maka jangan lakukan hal tersebut saat berlibur di Korea Selatan.

Ternyata, masyarakat Korea memiliki sebuah kebiasaan saat makan yaitu tidak membiarkan sumpit nyangkut di nasi. Taruhlah di bawah piring atau mangkuk saat tidak ingin menyuap nasi.

Meskipun hal yang sangat kecil, namun harus tetap Anda jauhi agar tidak dipandang jelek oleh masyarakat Korea. Hargailah apa saja kebiasaan mereka meskipun itu hal terkecil sekalipun.

4.  Memilih Tempat Duduk Acak di Transportasi Umum

Duduk di transportasi umum Korea Selatan tentunya berbeda dengan di Indonesia. Di Indonesia, Anda bisa memilih spot tempat duduk terbaik bagi Anda.

Namun, di Korea Selatan tidak berlaku hal itu. Jika Anda memilih tempat duduk tertentu di transportas umum, bisa saja Anda mendapatkan tatapan sinis dari tiap orang disitu bahkan dimarahi.

Baik itu kereta bawah tanah atau bus, jangan sampai Anda lakukan itu. Apalagi Anda duduk di area khusus orang tua dan yang memiliki kebutuhan khusus.

Jika Anda tetap duduk di area tersebut, Anda akan dianggap ofensif. Sebaiknya, perhatikan terlebih dahulu tempat itu khusus area khusus atau bukan. Jangan lupa untuk mempersilahkan orang tua untuk duduk terlebih dahulu.

5.  Berbicara Lantang di Depan Umum

Jika Anda bicara secara lantang dan keras di Korea Selatan, pasti akan dianggap kasar. Apalagi jika itu Anda lakukan di depan umum dan transportasi umum.

Hal ini harus Anda hindari karena akan dianggap mengganggu orang lain. Bicaralah dengan control suara yang sewajarnya agar tidak mendapatkan tatapan sinis hingga teguran dari masyarakat Korea.

Baca juga:

10 Makanan Kuliner Terbaik Korea Selatan, Lezatnya Bikin Nagih

 

6.  Asumsi Setiap Orang Bisa Bahasa Inggris

Tidak semua orang Korea fasih berbahasa inggris, ya! jika ingin berinteraksi dengan warga lokal, jangan langsung ajak untuk bicara bahasa Inggris. Tanyakan terlebih dahulu apakah Anda bisa berinteraksi dengan bahasa Inggris atau tidak.

Jangan paksakan diri Anda untuk tetap berinteraksi berbahasa Inggris karena akan dianggap tidak sopan. Sebaiknya, asahlah diri Anda untuk berbahasa Korea sedikit demi sedikit lewat Korean Drama atau secara langsung.

7.  Menggunakan 1 Tangan untuk Memberi dan Menerima

Ketika ingin menerima barang yang dibeli atau memberikan uang saat membeli barang, pastikan Anda tidak menggunakan 1 tangan saja.

Gunakan kedua tangan ketika bertemu situasi seperti memberi dan menerima hingga berjabat tangan. Menggunakan 1 tangan saja akan dianggap tidak menghargai dan tidak sopan. Jangan samakan dengan kebiasaan di Indonesia yang biasanya cukup menggunakan 1 tangan kanan saja.

Itulah beberapa pantangan yang harus Anda ketahui saat berkunjung ke Korea Selatan. Dengan menghargai masyarakatnya, Anda juga akan dihargai oleh mereka sebagai pengujung. Ingat selalu dan jangan ragu untuk diterapkan, ya!

***

Satu lagi yang perlu diingat, pilih agen travel wisata berpengalaman Jari Adventure untuk setiap perjalanan destinasimu. Hubungi

HP : 0812-22279979

WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.