Bagaimana sih Momen Idul Adha di Luar Negeri?

Hari Idul Adha atau biasa disebut dengan Lebaran Haji merupakan hari besar yang dirayakan oleh umat Islam seluruh dunia setiap tahunnya.

Hari besar ini diperingati tiap tanggal 10 Dzulhijjah dengan perayaan penuh sejarah. Orang-orang memperingati hari dimana Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail melaksanakan perintah Allah SWT dengan ikhlas, yakni menyembelih Ismail.

Kesabaran dari Nabi Ibrahim diuji oleh Allah SWT dengan cara menyembelih anak tercintanya. Keteguhan dan ketaatan Nabi Ibrahim tak tergoyahkan dan ikhlas dalam menjalankannya. Posisi Nabi Ismail digantikan oleh Allah dengan sembelihan domba jantan dari surga.

Untuk meneruskan amalan ini, maka umat muslim menjalankan perintah-Nya dengan adanya Idul Adha. Tradisi ini ternyata berbeda-beda di setiap negara. Apa saja tradisi Idul Adha di berbagai negara? Simak berikut ini.

 

  1.       Indonesia

Umumnya, umat muslim di Indonesia melaksanakan kurban dengan menyembelih sapi, domba, atau kambing. Sehabis shalat Idul Adha, hewan kurban akan dipotong dengan membacakan bacaan takbir.

Seluruh masyarakat antusias dalam proses kurban. Biasanya, masyarakat Indonesia mengolah daging kurban menjadi berbagai makanan sedap. Seperti sate, gulai, hingga sup.

Kebiasaan lainnya ialah membagikan daging kurban dengan tetangga atau saudara sebagai bentuk rasa syukur.

 

  1.       Singapura

Kebiasaan umat muslim di Singapura saat merayakan hari raya Idul Adha ialah dengan Bazar. Terdapat berbagai macam rempah, bumbu, dan bahan makanan yang dapat digunakan masyarakat untuk mengolah daging kurban.

Tentunya semua bahan dibandrol dengan harga murah. Anda dapat menemukan Bazar tersebut di kawasan Geylang Serai dan Kampong Glam. Lokasi ini juga dekat dengan masjid Sultan.

 

  1.       Pakistan

Berbeda dari biasanya, umat Muslim di Pakistan merayakan hari Idul Adha selama 4 hari. Ada banyak toko yang tutup untuk fokus beribadah dan menyembelih kurban.

Seperti di Indonesia, masyarakat Muslim Pakistan membagikan daging kurban kepada kerabat, saudara, serta teman. Momen bersejarah ini dimanfaatkan untuk ajang berkumpul Bersama keluarga.

baca juga:

Tradisi Unik Idul Adha di Nusantara, Ada yang Merias Sapi Bak Pengantin!

 

  1.       Inggris

Jangan salah, umat Muslim yang tinggal di Inggris selalu merayakan hari raya Idul Adha dengan meriah. Umat Muslim di Inggris akan memulai hari raya dengan shalat Ied dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban.

Berdasarkan kutipan Time And Date, seringkali warga Inggris menyambut Idul Adha sebagai “Savory Ied”, karena sajikan yang dihidangkan memiliki cita rasa gurih seperti halnya bistik daging, serta nasi briyani kebab.

 

  1.       Uni Emirat Arab

Tradisi Idul Adha di Uni Emirat Arab justru lebih meriah lagi. Mereka akan mengenakan pakaian baru saat Idul Adha. Setiap hari besar ini, umat Muslim di Uni Emirat Arab akan berkunjung ke keluarga dan melakukan silaturahmi pada kerabat mereka.

Sama halnya dengan di Indonesia, perayaan Idul Adha di Uni Emirat Arab menyajikan makanan manis, kurma, buah, serta kopi dan teh untuk para tamu.

 

  1.       India

Uniknya, umat Muslim di India dibolehkan untuk menyembelih daging sapi untuk kurban saat Idul Adha. Namun, kebanyakan dari mereka memilih menyembelih daging kambing sebagai rasa hormat pada masyarakat Hindu.

Ketika mengolah hewan kurban, umat Muslim di India akan mengolahnya menjadi Nalli Nihari yang berbahan dasar daging dengan waktu masak agak lama.

Tak hanya berisi daging, sajian khas ini juga berisi sayuran dan penambah rasa seperti daun ketumbar.

 

  1.       Turki

Perayaan Idul Adha di Turki sedikit mirip dengan tradisi di Pakistan, yakni merayakan Idul Adha selama 4 hari lamanya. Perayaan ini dimulai dengan melakukan shalat Ied Bersama lalu dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban.

Hal unik yang dimiliki oleh tradisi Turki ialah hewan yang dikurbankan akan dihias dengan henna dan pita, lho!

Daging kurban dinikmati Bersama keluarga dan tetangga.

Sebagai umat Muslim, kita akan melaksanakan tradisi Idul Adha beberapa hari lagi. Bagaimana tradisi keluarga Anda saat perayaan Idul Adha?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.