MERDEKA!!! Yuk, Intip Keseruan Momen Rayakan Hari Kemerdekaan di Dunia

Tepat pada tanggal 17 Agustus, momen perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia selalu dimeriahkan dengan berbagai event. Di setiap sudut gang – gang kecil hingga kota – kota besar, semua orang ikut berpartisipasi dalam merayakan momen kemerdekaan.

Maklum saja, sudah 73 tahun Republik Indonesia direbut dari para penjajah dengan melewati berbagai perjuangan dan tantangan. Memperingati momen kemerdekaan, rakyat Indonesia biasanya menyelenggarakan berbagai acara seperti upacara bendera, tasyakuran dan permainan unik khas tradisional. Ternyata, perayaan serupa juga banyak terjadi di negara – negara lain. Seperti apa perayaan kemerdekaan di seluruh dunia? Intip yuk..

1.Gwangbokjeol di Korea Selatan

Hanya berselang 2 hari sebelum kemerdekaan Indonesia, di Korea Selatan gempita hari perayaan kemerdekaan juga digelar. Tepat pada 15 Agustus, Korea Selatan lepas dari belenggu penjajahan Jepang pada 1948. Untuk itulah, biasanya rakyat di Seoul akan menggelar pesta semalam suntuk dengan hiburan dan atraksi seperti menyanyikan lagu  – lagu tradisional. Pemerintah juga memberikan grasi atau pengampunan kepada para narapidana yang berkelakuan baik di Korea Selatan.

2.Syttende Mai di Norwegia

Berpusat di kota Oslo, pada tanggal 17 Mei, rakyat Norwegia akan merayakan hari kemerdekaan dengan cara unik dan meriah. Yaitu makan es krim dan sosis yang jumlahnya sangat banyak. Semua masyarakat diperbolehkan untuk memakan es krim dan sosis sebanyak yang diinginkan. Mereka juga bisa mendapatkan hadiah menu sarapan istimewa yaitu Block Party Style. Sebuah menu khusus yang hanya disajikan saat hari kemerdekaan kepada sanak kerabat.

3.Freedom Day di Afrika Selatan

Tepat pada 27 April, rakyat Afrika Selatan merayakan hari kemerdekaan sekaligus hari terpilihnya presiden pertama nan legendaris berkulit hitam, Nelson Mandela. Pada tanggal itu, Nelson Mandela mengubah sejarah dengan menghapus rezim apartheid yang memisahkan kelompok ras kulit hitam dengan ras kulit putih pada 1948. Pada hari kemerdekaan ini, rakyat biasanya akan mengadakan pesta meriah dan mengundang tetangga atau keluarga untuk bersantap menu daging Braai.

4.Bastille Day di Prancis

Bastille Day di Prancis berlangsung meriah pada 14 Juli sama seperti hari kemerdekaan Amerika Serikat. Pada hari kemerdekaan Negeri Menara Eiffel ini, toko atau restoran umumnya akan tutup karena para pemilik toko ingin merayakan hari libur nasional ini bersama keluarga. Perayaan hari kemerdekaan akan diawali dengan parade militer berkuda di Champ Elyesees hingga Menara Eiffel. Tepat pada puncaknya, di area Menara Eiffel akan digelar pesta kembang api yang sangat meriah dan mendapat apresiasi berupa tepuk tangan meriah dari para penonton. Tak jarang, masyarakat di Prancis akan menggelar pesta semalam suntuk bersama keluarga atau tetangga terdekat.

5.Dia de la Independencia di Meksiko

Di Meksiko, hari kemerdekaan digelar pada 15 September. Hari yang spesial ini dirayakan dengan parade atau karnaval meriah dengan sejumlah orang berkeliling dan turun ke jalan – jalan sambil meneriakkan kalimat “Grito de Dolores”. Kalimat inilah yang sering diucapkan tentara Meksiko vs Spanyol pada 1821 saat perang. Perayaan independence day diwarnai dengan parade, pesta kostum, konser hingga pesta kembang api yang memeriahkan langit malam Meksiko pada 16 September.

Baca juga:

6. Hari kemerdekaan di Indonesia

Di tanah air, kemerdekaan Indonesia dirayakan dengan tak kalah meriah. Setiap daerah memiliki tradisinya masing – masing. Ada yang menyelenggarakan tasyakuran di setiap gang, ada yang menancapkan bendera merah putih di puncak gunung semeru, dan masih banyak lagi. Namun, yang paling dinantikan adalah upacara bendera 17 Agustus yang diadakan di Istana Merdeka. Setelah itu, ada parade pesawat tempur TNI AU yang melintasi istana serta ditutup konser musik para selebriti di saat makan malam di Istana.

7. Australia Day di Australia

Negeri Kangguru juga tak kalah meriah dalam memperingati hari kemerdekaan. Pada 26 Januari, masyarakat Australia akan merayakan hari kemerdekaan dengan berlibur ke pantai atau taman untuk pesta BBQ sambil menonton pertunjukan musik atau pesta kembang api. Selain itu, di wilayah pesisir Australia juga kerap mengadakan lomba selancar sebagai acara tahunan untuk merayakan momen kemerdekaan Australia.

Wah, unik – unik ya! Selamat hari kemerdekaan untuk bangsa Indonesia dari Jari Adventure. Semoga selalu sukses dan semakin maju.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.