Mengenal Lebih Jauh Kebudayaan Tidore, Datang Saja ke Festival Tidore!

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang bukan hanya dikenal akan keindahan alamnya namun juga budaya.

Bahkan banyak festival asli Indonesia yang diliput oleh media internasional yang membuat nama Indonesia semakin dikenal oleh dunia. Apakah kamu termasuk salah satu warga Indonesia yang cinta kebudayaan lokal?

Membicarakan festival Indonesia tidak memang tidak ada habisnya mengingat negara kita yang memiliki ribuan bahkan jutaan budaya.

Salah satu festival yang sudah dikenal di kancah internasional adalah Festival Tidore. Lalu apa sebenarnya yang membuat Festival Tidore ini lebih unik daripada festival lainnya?

Nah daripada tambah penasaran, yuk simak beberapa fakta mengenai Festival Tidore yang satu ini!

 

Merupakan festival tahunan

Bagi kita yang belum pernah berkunjung ke Festival Tidore, pastilah bertanya-tanya kapan festival yang menampilkan kekayaan  budaya Tidore ini diselenggarakan.

Tepat sekali, Festival Tidore ini diselenggarakan setiap tahunnya dengan tanggal yang berubah-ubah. Festival Tidore sendiri sudah diselenggarakan mulai tahun 2018 silam dan sudah menyedot perhatian masyarakat tanah air ataupun internasional sejak kala itu.

Nilai penting dari Festival Tidore adalah nilai maritim yang merupakan bagian dari refleksi dan ketegasan tentang identitas jati diri warga Tidore.

Biasanya puncak Festival Tidore diselenggarakan bersamaan dengan Hari Jadi Tidore sehingga tidak heran jika festival ini selalu ramai akan wisatawan.

 

Menampilkan kekayaan kebudayaan Tidore

Seperti namanya, Festival Tidore ini memang menampilkan kebudayaan asli suku Tidore dengan tujuan generasi sekarang tidak melupakan kebudayaan ataupun nilai-nilai yang dianggap penting oleh para leluhurnya.

Festival Tidore sendiri biasanya diawali dengan ritual Rora Ake Dango yang dihadiri langsung oleh enam Suwohi.

Serangkaian ritual ini terdiri dari mengambil, mengantarkan, serta mendoakan air yang dipercaya akan membawa berkah untuk warga Tidore.

 

Dihiasi dengan warna-warni kapal yang berlayar

Membicarakan keseruan Festival Tidore ini memang tidak ada habisnya, termasuk adanya konsep pelayaran yang dilakukan langsung oleh masyarakat Tidore.

Menariknya lagi, kapal tradisional yang berwarna-warni ini hadir dalam formasi perang. Bahkan armada ini dipimpin langsung oleh Sultan Tidore yang didampingi keluarganya dan pastinya dijaga oleh pasukan khusus kesultanan lho!

 

Meriahnya Parade Juanga

Bukan hanya kapal tradisional saja yang bisa disaksikan di Festival Tidore, namun juga Kora-Kora yang merupakan kapal perang tradisional milik Kesultanan Tidore.

Saat Parade Juanga ini dimulai, ratusan Kora-Kora akan mengelilingi pulau yang akan membuat siapapun yang hadir berdecak kagum.

Kora-Kora di sini bukanlah kapal perang biasanya karena bahan dasarnya yang menggunakan kayu Gufasa atau yang bisa dikenal dengan kayu Marfala.

Mengenali Kora-Kora pun cukup mudah karena ada hiasan kepala naga di bagian depan kapal yang tentunya disertai ekor di bagian belakang.

Jangan salah karena ada makna di balik kedua hiasan ini, tepatnya simbol persatuan dan kesatuan warga Ternate.

 

Adanya kegiatan napak tilas

Siapa bilang keseruan Festival Tidore hanya berhenti sampai di situ? Masih banyak keseruan lainnya yang bisa kita saksikan selama Festival Tidore berlangsung.

Termasuk napak tilas atau yang sering dikenal dengan istilah Penjelajahan Panji. Napak tilas satu ini merupakan kegiatan di mana wisatawan bisa menyusuri langsung rute khusus yang ditempuh Sultan Tidore saat itu untuk meredakan pemberontakan yang terjadi di wilayahnya.

Saat di Kesultanan Tidore, wisatawan juga bisa berkunjung ke Museum Maritim Dunia yang dilengkapi dengan banyak artefak.

Artefak inilah yang merupakan bukti nyata jika Tidore pernah hebat di jamannya, terutama untuk menguasai laut.

baca juga:

Mau Liburan ke Maluku? Ayo Semua Mampir ke Festival Teluk Jailolo!

 

Kembali diadakan pada tahun 2020

Nah buat kita yang belum sempat menikmati keseruan Festival Tidore tahun lalu, tidak perlu khawatir karena kita bisa datang lagi ke Festival Tidore tahun ini!

Festival Tidore tahun ini direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 7 sampai 12 April 2020 dan berlokasi di Kepulauan Tidore, tepatnya di Maluku Utara.

Jangan lupa untuk menabung dulu supaya tidak kelewatan lagi keseruan festival yang mengekspose budaya Indonesia Timur satu ini ya!

Menarik kan fakta tentang Festival Tidore yang disebutkan barusan? Yakin masih mau melewatkan keseruan Festival Tidore yang hanya dilakukan setahun sekali?

Yuk segera rencanakan perjalanan kita ke Maluku Utara untuk menyaksikan langsung Festival Tidore!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.