Mengagumi Keunikan Kalimantan di Festival Babukung

Siapa sih yang tidak kenal dengan Kalimantan? Kalimantan adalah salah satu pulau di Indonesia yang sudah dikenal di seluruh penjuru dunia. Kekayaan alam bukanlah satu-satunya harta yang bisa ditemukan di Kalimantan, namun juga keragaman budayanya.

Kekayaan budaya di Kalimantan ini bisa kita saksikan langsung melalui keberagaman festivalnya. Antara satu festival dan lainnya pun memiliki nilainya masing-masing, salah satunya ada Festival Babukung.

Memangnya apa sebenarnya keunikan dari Festival Babukung? Nah daripada tambah penasaran, yuk simak beberapa fakta menarik tentang Festival Babukung yang satu ini!

 

Diselenggarakan di Nanga Bulik

Bagi kita yang belum pernah berkunjung ke Festival ini , pastilah bertanya-tanya di mana sebenarnya lokasi festival ini.

Kabar baiknya, lokasi Festival Babukung ini cukup mudah dijangkau, yaitu di Nanga Bulik yang merupakan ibukota Kabupaten Lamandau – tepatnya di Kalimantan Tengah.

Festival Babukung ini bukan hanya membuat kita takjub akan kekayaan budaya, namun juga keindahan alam Nanga Bulik yang tidak ada duanya.

 

Diselenggarakan tiap tahun

Setelah tahu lokasi Festival Babukung diselenggarakan, hal berikutnya yang harus kita tahu adalah tanggal dari festival ini.

Perlu diketahui kalau Festival Babukung ini diselenggarakan tiap tahun dengan tanggal yang selalu berubah-ubah.

Misalnya saja pada Festival Babukung tahun lalu yang diselenggarakan selama 3 hari, yaitu mulai tanggal 11 sampai 13 Oktober 2019.

 

Asal mula Festival Babukung

Sebenarnya bagaimana sih Festival ini ? Ternyata Festival Babukung ini berangkat dari tradisi Babukung alias tarian ritual adat kematian asli suku Dayak Tomun yang tinggal di daerah Lamandau.

Festival ini pun cukup unik, di mana para penari Babukung menggunakan topeng dengan karakter hewan yang dikenal dengan sebutan Luba.

Tarian Babukung dulunya dilakukan untuk menghibur keluarga yang berduka dengan menyerahkan bantuan tertentu.

bac juga:

Sudah diselenggarakan lima kali

Siapa bilang kalau Festival ini termasuk festival baru? Festival ini ternyata sudah diselenggarakan sejak lima tahun lalu lho, tepatnya mulai tahun 2014 kemarin.

Tidak heran jika Festival Babukung ini sudah mendapat perhatian lebih dari pemerintah dan jumlah pesertanya pun selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Bahkan banyak juga wisatawan asing yang datang ke Festival Babukung karena penasaran dengan budaya asli warga Kalimantan Tengah lho!

 

Masuk ke dalam 100 Calendar of Event Kementrian Pariwisata Republik Indonesia

Menarik kan keunikan Festival Babukung yang disebutkan barusan? Keunikan dari Festival Babukung inilah yang membuat festival mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk pemerintah daerah dan juga pemerintah pusat.

Bahkan saat ini Festival Babukung sudah masuk dalam 100 Calendar of Event Kemenpar yang berarti sudah mendapatkan perhatian khusus dari tanah air.

Tentunya hal ini merupakan prestasi yang membanggakan untuk warga Kalimantan tengah sekaligus memberi pengaruh positif dalam bidang pariwisata.

 

Masih banyak acara lainnya yang tidak kalah seru

Apa hanya tarian Babukung saja yang bisa kita nikmati selama Festival ini berlangsung? Eits jangan salah, Festival Babukung ini memiliki serangkaian acara yang dijamin seru kok.

Misalnya saja ada ritual penyambutan tamu khas Dayak Tomun yang akan membuat kita berdecak kagum. Selain itu, melalui Festival Babukung kita bisa menikmati sakralnya ritual adat pemberian gelar kehormatan bagi tokoh daerah.

 

Banyak stand UMKM

Bukan hanya menampilkan keragaman budaya asli warga Kalimantan Tengah saja, Festival ini juga menghadirkan banyak stand UMKM yang menawarkan souvenir asli  khas Dayak Tomun.

Melalui Festival Babukung inilah kebudayaan Dayak Tomun semakin mendunia dan tentunya membawa pengaruh positif terhadap perekonomian warga setempat.

Jangan khawatir karena souvenir ini ditawarkan dengan harga murah dan tidak akan membuat tabungan kita jebol. Lokasi Festival Babukung ini pun mudah ditemukan, yaitu di daerah Bundaran Rusa.

Nah bagaimana? Pastinya semakin tertarik kan mengunjungi Festival ini yang hanya diselenggarakan setahun sekali?

Masih yakin mau melewatkan Festival ini yang akan kembali digelar tahun ini? Yuk segera rencanakan perjalanan ke Kalimantan Tengah mulai dari sekarang!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.