Karva Chaut, Tradisi Puasa Para Istri yang Terkenal di India

India bukan hanya menjadi negara yang punya pesona alam, tapi juga berbagai keindahan budayanya. Buat yang suka menonton film Bollywood.

Mungkin pernah mendengar salah satu tradisi yang cukup populer, yang dikenal dengan puasa Karva Chauth. Ingin tahu lebih jelas tentang budaya warga India? Simak penjelasannya berikut ini!

Festival Penting Buat Para istri

Craftsvilla

 

Dalam budaya India, Karwa Chauth adalah festival penting bagi semua wanita yang sudah menikah. Dari matahari terbit sampai malam, mereka terus berpuasa untuk keselamatan suaminya.

Tanpa minum dan makan sepanjang hari tampaknya merupakan hal yang cukup berat, tapi hal ini menunjukkan rasa cinta dan hormat para istri kepada suami.

Umumnya Jatuh di Bulan Oktober atau November

floweraura.com

 

Tradisi ini banyak dirayakan di provinsi Uttar Pradesh, Madhya Pradesh, Rajasthan, Himachal Pradesh, Haryana, dan Punjab.

Biasanya, festival satu hari ini dilaksanakan pada hari keempat setelah bulan purnama pada bulan Kartik kalender lunisolar agama Hindu. Umumnya Karva Chauth jatuh setiap bulan Oktober atau November.

Asal-Usul Karwa Chauth

floweraura.com

 

Ada beberapa cerita yang diperkirakan menjadi alasan di balik perayaan ini. Kisah Ratu Veervati misalnya yang merupakan seorang ratu cantik, satu-satunya anak perempuan di tengah tujuh saudara laki-laki.

Di salah satu perayaan Karwa Chauth, ia mulai berpuasa setelah matahari terbit dan menunggu dengan kelaparan dan kehausan.

Karena tidak tahan melihat Veervati menderita, saudara-saudaranya membuat cermin di pohon Pipal yang seolah-olah menampilkan bulan di langit.

Saat puasa dibatalkan, berita jika suaminya meninggal menghampirinya. Setelah kejadian itu, Veervati melakukan Karwa Chauth dengan penuh pengabdian dan dedikasi, Yama sang dewa kematian mengembalikan suaminya dalam keadaan hidup.

Diawali Tradisi Menikah Dini

dnaindia.com

 

Di India kuno, wanita usia 10-13 tahun menikah. Mereka hampir tidak bisa menikmati masa kanak-kanak atau remaja karena terikat dalam perkawinan.

Komunikasi juga menjadi kendala besar pada masa itu. Jadi, wanita muda tidak bisa semudah itu pulang ke rumah orang tua, bahkan dianggap kurang baik.

Sejak usia dini, seorang wanita harus mengambil tanggung jawab penuh dari rumah tangga. Mulai dari memasak hingga bersih-bersih, mereka terkadang merasa sendirian dan tanpa teman.

Untuk menyelesaikan masalah ini, para wanita mulai merayakan Karwa Chauth dengan cara yang megah di mana wanita menikah dari seluruh desa dan beberapa desa di dekatnya biasa berkumpul di satu tempat dan menghabiskan hari dalam sukacita.

Baca juga:

Biar Tak Kehabisan Ongkos, Begini Cara Hemat Biaya Travelling

 

Persiapan Perayaan Karva Chauth

jrdexotica.com

 

Untuk menyambut festival ini, para wanita mulai mempersiapkan diri beberapa hari sebelumnya. Mulai dari membeli kosmetik, perhiasan, memakai henna, hingga menyiapkan perlengkapan pemujaan seperti lentera dan nampan pemujaan.

Saat hari Karva Chauth tiba, para wanita akan berkumpul dengan sesamanya dan makan sahur sebelum matahari terbit. Seharian, mereka akan menghabiskan waktu bersama tanpa melakukan pekerjaan rumah.

Malam harinya, para wanita akan berdandan cantik dengan busana yang didominasi warna merah, oranye, emas sebagai simbol keberuntungan.

Ditambah perhiasan dan henna layaknya pengantin, mereka duduk membentuk lingkaran lalu mendengarkan kisah Karva Chauth dan melakukan ritual persembahan pada dewa sambil menunggu terbitnya bulan.

Setelah bulan muncul, para wanita akan melihat pantulannya dari wadah berisi air melalui kain dupatta atau kerudung khas India.

Para suami kemudian mengambil air dan memberikan air minum pada sang istri, dilanjutkan dengan menyuapinya dengan makanan manis. Perayaan Karva Chauth pun ditutup dengan makan bersama.

***

Sungguh unik bukan perayaan Karva Chauth di India ini? Mengenali budaya dan tradisi unik di negara lain bisa menjadi salah satu bagian unik dari jalan – jalan.

Direncanakan Karva Chauth  akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2018. Jadi, persiapkan liburan Anda sejak jauh Рjauh hari untuk memesan tiket agar lebih hemat.

Mau kemana pun liburannya, pastikan Anda mempercayakan urusan perjalanan wisata bersama Jari Adventure. Agen travel wisata berpengalaman dan profesional yang menyediakan paket wisata di seluruh Nusantara dan mancanegara.

Kami menyediakan berbagai paket wisata lengkap dengan harga terjangkau. Termasuk paket wisata study tour, gathering, outbond, exhibition, tour wisata dan lain – lain. Hubungi tim Jari Adventure untuk pemesanan paket wisata Anda di nomor:

HP : 0812-22279979

WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.