Jangan Ngaku Cinta Indonesia, Sebelum ke Festival Pesona Budaya Tua Buton!

Siapa sih yang tidak kenal dengan Indonesia? Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal akan keindahan alamnya dan juga budayanya. Berbagai budaya Indonesia pun menarik untuk dibahas, salah satunya ada budaya yang berasal dari Buton.

Buton adalah salah satu pulau yang dikenal akan keindahan alamnya dan bukan hanya dikenal wisatawan lokal saja namun juga mancanegara. Bukan hanya alamnya saja yang istimewa, Buton juga punya yang menarik untuk dibahas.

Memangnya apa sih keistimewaan dari Festival Pesona Budaya Tua Buton? Nah daripada tambah penasaran, yuk simak fakta menarik tentang Festival Pesona Budaya Tua Buton satu ini!

 

Sudah diselenggarakan sebanyak 7 kali

Banyak dari kita yang pastinya penasaran tentang Festival Pesona Budaya Tua Buton. Selain merupakan festival tahunan, festival ini ternyata sudah diselenggarakan sebanyak 7 kali lho!

Pada tahun 2019, Festival Pesona Budaya Tua Buton ini diselenggarakan pada tanggal 19 sampai 24 Agustus 2019 kemarin. Dijamin kita akan puas menikmati keseruan Festival Pesona Budaya Buton ini!

 

Melibatkan banyak pihak

Mengingat Festival Pesona Budaya Tua Buton sudah diselenggarakan sebanyak 7 kali, pastinya pendanaan untuk festival ini pun tidak main-main.

Meskipun festival ini disebut sebagai pesta rakyat, namun ternyata festivalnya rakyat Buton ini sudah melibatkan banyak instansi dan juga pemerintah lho!

Hal ini terbukti dari Festival Pesona Budaya Tua Buton yang melibatkan langsung Pemerintah Kabupaten Buton, Organisasi Perangkat Daerah, dan juga banyak mitra yang berlokasi di Jakarta.

Dijamin Festival Pesona Budaya Tua Buton ini semakin meriah dengan banyaknya pihak yang terlibat!

 

Diramaikan oleh puluhan penenun wanita

Tenggara, tidak heran jika salah satu acara utama dari Festival Pesona Budaya Tua Buton adalah menampilkan keindahan kain khas Buton.

Bukan hanya kainnya saja, kita bisa menyaksikan langsung puluhan penenun wanita yang menenun kain adat tradisional khas Buton lho!

Diperkirakan jika jumlah penenun wanita di Festival Pesona Budaya Tua Buton tahun lalu mencapai 50 orang yang membuat festival ini semakin meriah.

 

Adanya ritual Pedole-dole

Belum puas menikmati keseruan proses menenun kain adat khas Buton? Tenang saja, masih ada kegiatan lainnya yang juga seru untuk diikuti kok!

Di Festival Pesona Budaya Tua Buton lah kita bisa menyaksikan ritual Pedole-dole, yaitu ritual turun temurun warga Buton yang masih dilakukan sampai sekarang.

Nilai dari ritual Pedole-dole pun tidak main-main, yaitu agar anak selalu sehat dan patuh kepada orang tua dan usia anak yang boleh ikut hanya dari 0 sampai 1 tahun lebih.

baca juga:

Persiapan Cuti 2018, Catat Tanggal Event Festival Pariwisata Maluku-Papua yang Fenomenal Ini

 

Melibatkan ribuan penari

Membicarakan kemewahan Festival Pesona Budaya Tua Buton ini memang tidak ada habisnya, terlebih festival ini juga melibatkan ribuan penari.

Pada penutupan Festival Pesona Budaya Tua Buton ini tercatat melibatkan 5,019 penari yang menampilkan tiga tarian daerah sekaligus, yaitu tari nenas, tameng, dan juga bosu.

Tidak heran jika Festival Pesona Budaya Tua Buton ini selalu menarik perhatian wisatawan lokal dan juga internasional.

 

Makna di balik simbol nanas

Berbeda dengan penampilan tradisional lainnya, tiga tarian yang ditampilkan di Festival Pesona Budaya Tua Buton ini memiliki makna sendiri bagi warga asli Buton.

Simbol nanas ini melambangkan daerah Buton sebagai wilayah yang kuat mengingat nanas adalah buah yang bisa hidup di segala tempat.

Sedangkan dua wanita yang menari bosu ini melambangkan jika perempuan Buton adalah pekerja keras dan sanggup menjadi perisai masyarakat.

 

Dipenuhi wisatawan internasional

Satu hal lagi yang harus kita tahu tentang Festival Pesona Budaya Buton adalah festival ini juga sudah menarik perhatian wisatawan internasional.

Bahkan tercatat jika festival ini sudah menyita perhatian wisatawan dari 14 negara lho! Tentunya hal ini merupakan kabar menggembirakan bagi warga Buton karena meningkatnya sektor pariwisata juga akan berpengaruh ke ekonomi mereka pula.

Pemerintah pun menargetkan jika festival ini akan menyedot lebih banyak perhatian wisatawan internasional untuk tahun depan.

Menarik kan Festival Pesona Budaya Buton ini? Masih yakin mau melewatkan keunikan festival tahun ini? Yuk segera menabung untuk menyaksikan langsung keunikan Festival Pesona Budaya Buton!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.