Jangan Lewatkan Agenda Wisata Aceh dan Riau 2018 Untuk Persiapan Cuti

Berada di ujung barat Indonesia, wilayah provinsi Aceh dan Riau merupakan salah satu unggulan pariwisata di tanah air. Setiap tahun kunjungan wisatawan terus meningkat. Terutama turis dari negeri Jiran seperti Singapura dan Malaysia.

Selain promosi wisata yang terus gencar digiatkan oleh pemerintah daerah, event internasional seperti Sail Sabang di Aceh pada 2017 sukses dilaksanakan dan mendongkrak nama Aceh hingga ke kancah internasional.

Sementara, nama Riau sendiri pada tahun 2017, berhasil merebut raihan gemilang di ajang pariwisata bergengsi tanah air, Pesona Indonesia untuk kategori juara umum pariwisata yang digagas oleh Kementerian Pariwisata.

Dengan beraneka destinasi wisata sejarah yang menakjubkan seperti keraton dan kerajaan Sultan Riau, benteng, istana, makam – makam tokoh setempat, wisata belanja dan juga pantai – pantai biru bak permata berkilau, menambah keseruan liburan yang bikin ketagihan.

Berwisata ke Aceh dan Riau akan membuat para pelancong seolah – olah berlibur ke Karibia atau Maladewa. Agar liburan makin semarak, catat yuk agenda event wisata Aceh dan Riau 2018 untuk perjalananmu yang paling spektakuler berikutnya:

Aceh Culinary Festival

disbudpar.acehprov.go.id

Ajak teman – temanmu untuk liburan rame-rame ke Aceh Culinary Festival. Selain bisa patungan dari segi ongkos liburan, nantinya kamu juga bisa saling berbagi porsi makanan biar berat badan tak makin meningkat.

Selain mie Aceh atau kopi Aceh, provinsi Istimewa ini juga memiliki sebuah festival kuliner yang unik. Bahkan, kelasnya sudah internasional lho. Dengan mengusung konsep citra kuliner yang halal dan bersih, ada ratusan makanan khas Aceh yang diperkenalkan.

Buat yang hobi food travelling atau wisata foodie, penting banget nih buat datang ke Aceh Culinary Festival pada 4 sampai 6 Mei 2018.

 

Aceh International Rapa’I Festival

detik.net.id

Selain pecinta makanan, di Aceh juga bakal digelar event musik tahunan bertaraf Internasional yang berkonsep seni musik daerah. Aceh International Rapa’I Festival akan dilaksanakan pada 12 sampai 15 Juli 2018, dengan tempat pelaksanaan masih diagendakan.

Bakar Tongkang – Riau

pesonaindo.com

Kemeriahan dan sasaran ideal liburan sambil berburu fotografi di Festival Bakar Tongkang, Riau. Acara tahunan ini selalu meriah dan diikuti para peserta asal Riau yang masih memiliki keturunan Tionghoa. Acara ini merupakan serangkaian prosesi untuk membakar replika sebuah kapal khas orang Cina yang dahulu dipakai berlayar dari Cina hingga sampai ke Riau.

Sebagai wujud syukur bisa selamat dari pertarungan hidup dan mati melawan ganasnya ombak samudera, keturunan para etnis Cina di Riau kemudian melakukan prosesi Bakar Tongkang setiap tahun. Pada 2018, festival akan digelar tanggal 28 sampai 30 Juni.

baca juga:

Bono Surfing – Riau

wisatasumatera.com

Tak banyak ombak bono di seluruh dunia. Selain yang ada di hutan Amazon, Brasil, Ombak Bono Sungai Kampar juga asyik untuk wisata surfing. Panjang gelombang bisa mencapai hingga 50 km dengan ketinggian yang bervariasi. Antara 1 – 2 meter.

Keunikan berselancar di Ombak Bono, pastinya memberikan sensasi ketegangan tersendiri. Karena selain bukan di lautan lepas, air sungai juga terlihat kecoklatan.

Bagi para peselancar, belum lengkap pengalaman menunggang ombak tanpa berkunjung dan mencoba langsung The Seven Ghost yang ada di Kab. Palawan, Riau.

Dari Riau, pengunjung bisa menumpang kapal atau perjalanan darat selama 2 – 3 hari. Ombak yang tinggi merupakan perpaduan antara arus pasang laut dari Selat Malaka dan Laut Cina Selatan. Serta, ada dorongan angin dari tebing – tebing menjulang yang ada di sisi kanan dan kiri sungai Kampar.

Jangan lewatkan juga ajang kompetisi surfing yang bertaraf Internasional setiap tahun. Pada 2018, rencananya akan digelar 12 – 15 November.

Festival Pacu Jalur – Riau

klimg.com

Mau yang lebih seru? Saksikan langsung dengan mata kepala sendiri, Festival Pacu Jalur yang bakal digelar 29 Agustus hingga 1 September 2018 mendatang.

Tepuk tangan merah, teriakan, dan antusiasme para penonton akan memompa semangat para pendayung untuk menjadi tim yang paling cepat dan paling kompak untuk mendahului tim lain di garis finish. Perahu yang dipakai cukup unik dengan lebar 1,5 meter sepanjang 40 meter. Para pendayung akan duduk di sepanjang perahu dan bekerja sama untuk mengayuh perahu untuk melaju paling cepat. Keseruan festival Pacu Jalur bisa dilihat jika kamu bertolak ke Kab. Kuantan Singingi.

Luar biasa kan, agenda wisata di tanah air? Yuk, buruan booking liburanmu ke event – event wisata di atas bersama agen travel wisata, Jari Adventure. Mitra perjalananmu yang praktis dan ramah budget di seluruh destinasi liburan se- Indonesia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *