Hadirkan 500 Penari Berbakat! Saksikan Festival Morotai di Maluku Utara

Pariwisata Indonesia memang tidak pernah ada habisnya mengingat negara kita terdiri dari ribuan pulau dan keindahan alam yang tidak ada duanya.

Keindahan alam Indonesia inilah yang membuat para wisatawan internasional berkunjung ke tanah air, bahkan bisa menghabiskan waktu beberapa bulan sekaligus.

Apakah alasan wisatawan berkunjung ke Indonesia hanya untuk menikmati keindahan alamnya?

Eits jangan salah! Indonesia masih memiliki banyak daya tarik lainnya yang tidak akan ditemukan di negara lain.

Contohnya saja ada berbagai festival di Indonesia, baik festival kuliner ataupun budaya yang menarik untuk dikunjungi.

Bagaimana dengan Festival Morotai? Apakah ada di antara kita yang sudah pernah berkunjung ke Festival Morotai? Sebelum berkunjung ke Festival Morotai, yuk cari tahu dulu tentang apa yang membuat festival ini unik!

 

Pulau Marotai sebagai bagian Daerah Kawasan Ekonomi Khusus

Meskipun nama Pulau Marotai belum terlalu dikenal masyarakat Indonesia ataupun internasional, namun pemerintah sudah memasukkan pulau ini sebagai Daerah Kawasan Ekonomi khusus lho!

Tentunya hal ini menguntungkan warga Marotai karena pemerintah akan semakin gencar meningkatkan pariwisata di Pulau Marotai yang nantinya juga akan berdampak pada ekonomi warga lokal.

Nama Pulau Marotai pun tidak hanya akan dikenal warga Indonesia saja namun juga wisatawan internasional.

 

Diselenggarakan di Maluku Utara

Salah satu alasan pemerintah mengadakan Festival Morotai adalah Maluku Utara dianggap sebagai daerah yang memiliki keindahan alam dan juga kekayaan budaya.

Keunikan dari Maluku Utara inilah yang akan menjadi daya tarik sendiri untuk wisatawan internasional yang tidak akan ditemukan di daerah Indonesia lainnya.

Untuk penyelenggaraan Festival Morotai tahun lalu diadakan di Daruba yang merupakakan ibukota Kabupaten Pulau Morotai.

 

Diadakan tiap tahun

Meskipun Festival Morotai termasuk salah satu festival baru, bukan berarti penyelenggaraan festival ini main-main lho!

Festival Morotai pun direncanakan akan diselenggarakan tiap tahun dan waktunya pun bisa berubah-ubah. Untuk

Festival Morotai tahun lalu diadakan pada tanggal 2 hingga 8 Agustus 2019 yang berarti festival ini berjalan selama seminggu.

 

Membawa pengaruh positif ke masyarakat

Bukan rahasia lagi pastinya jika diselenggarakannya suatu festival juga sebaiknya meminta persetujuan dari masyarakat sekitar.

Jangan sampai festival yang diadakan di suatu daerah justru merusak daerah tersebut dan hanya akan merugikan masyarakatnya.

Bagaimana dengan Festival Morotai? Nah tenang saja karena festival ini membawa pengaruh positif ke masyarakat, terlihat dari jumlah wisatawan di Maluku Utara yang semakin bertambah.

Secara otomatis, perekonomian warga lokalyang tinggal di Pulau Morotai pun juga ikut membaik seiring bertambahnya jumlah wisatawan yang antusias menyaksikan festival ini.

 

Banyak agenda kegiatan

Berbeda dengan festival lainnya yang hanya menampilkan kuliner ataupun satu kebudayaan saja, kita bisa menemukan berbagai kegiatan di Festival Morotai ini lho!

Tercatat jika ada enam kegiatan ini pada Festival Morotai tahun lalu, yaitu ajang pencarian bakat Morotai Idol, baris kreasi goyang Morotai, fishing Morotai, pemilihan Jojurai Ngongare, dan fun drive.

Tak lupa ada kegiatan bahari lainnya. Dijamin kita tidak akan bosan menyaksikan keseruan Festival Morotai, bahkan waktu seminggu saja rasanya belum puas untuk menikmati festival ini!

baca juga:

Serunya Festival Lokal di Jawa Timur, Tonton Yuk!

 

Melibatkan ratusan penari

Belum lengkap rasanya jika suatu festival tanpa kehadiran tarian khas daerahnya, sama halnya dengan Festival Morotai yang menghadirkan budaya asli Maluku Utara ini.

Daya tarik festival ini adalah melibatkan 500 penari sekaligus dan koreografernya pun tidak main-main, yaitu Eko Suptrianto atau lebih dikenal dengan Eko Pece.

Eko Pece adalah salah satu orang penting yang mendukung kesuksesan penutupan Asian Games pada tahun 2018 kemarin. Terbayang kan betapa megahnya Festival Morotai ini?

 

Memecahkan rekor MURI

Siapa sangka jika festival yang baru diselenggarakan beberapa tahun ini sudah memecahkan rekor MURI? Tada alias Musik Bambu khas Morotai yang dimainkan ribuan orang sekaligus inilah yang membuat Festival Morotai menembus rekor MURI.

Tidak heran jika festival ini semakin mendapat perhatian dari pemerintah dan sudah masuk dalam jajaran festival yang didanai oleh pemerintahh.

Menarik kan, fakta tentang Festival Morotai yang disebutkan barusan? Masih yakin mau mlewatkan keseruan

Festival Morotai begitu saja dan memilih untuk berlibur ke luar negeri? Yuk tunjukkan rasa nasionalisme kita dengan meramaikan Festival Morotai tahun ini!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.