Festival Tanjung Puting, Perkenalkan Taman Nasional Terbaik se-Indonesia

Siapa sih yang tidak kenal dengan Kalimantan? Kalimantan adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia yang dikenal akan kekayaan alamnya.

Kepopuleran Kalimantan bukan hanya dikenal oleh wisatawan nasional namun mancanegara yang ingin menghabiskan waktu liburannya di Indonesia.

Apakah hanya kekayaan alam saja yang ditawarkan oleh Kalimantan? Tentu saja tidak! Kalimantan juga salah satu pulau yang kaya akan kebudayaan.

Kekayaan budaya Kalimantan pun bisa dilihat langsung melalui berbagai festival, misalnya saja ada Festival Tanjung Puting. Berikut adalah beberapa fakta menarik Festival Tanjung Puting yang harus kita tahu:

 

Diselenggarakan tiap tahun

Memangnya kapan sih Festival Tanjung Puting ini diselenggarakan? Nah, bagi kita yang belum sempat ke Festival Tanjung Puting tahun lalu, jangan khawatir karena festival ini diselenggarakan tiap tahun kok!

Berbeda dengan festival lainnya, pemerintah setempat pun mengusulkan jika Festival Tanjung Puting ini diselenggarakan pada tanggal yang sama.

Diprediksikan jika Festival Tanjung Puting tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 5 Oktober sampai 8 Oktober.

Tentunya hal ini menguntungkan untuk wisatawan karena bisa memesan tiket dari jauh hari dan mendapatkan tiket murah.

 

Asal mula nama Festival Tanjung Puting

Pastinya banyak dari kita yang penasaran tentang asal mula Festival Tanjung Puting ini kan? Tepat sekali, diadakannya festival ini bertujuan untuk memajukan pariwisata di Kalimantan Tengah – tepatnya Kabupaten Kotawaringin Barat.

Festival ini menggunakan nama Tanjung Puting mengingat Taman Nasional Tanjung Puting adalah salah satu taman nasional terbaik di Indonesia.

Sehingga diharapkan lebih banyak wisatawan yang tertarik. Hal ini terbukti jika Festival Tanjung Puting bukan hanya menjadi sorotan wisatawan lokal saja.

Namun juga sudah banyak wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke festival ini.

 

Diselenggarakan di kawasan Pasar Tanjung Puting

Tambah penasaran kan tentang keseruan Festival Tanjung Puting ini? Sebenarnya di mana festival tahunan ini diselenggarakan?

Nah tentang saja karena Festival ini diselenggarakan di lokasi yang cukup strategis, tepatnya di kawasan Pasar Tanjung Puting yang berlokasi di Kumai.

Untuk mencapai lokasi Festival pun bisa menggunakan transportasi umum ataupun menyewa mobil dan motor di rental terdekat.

Jangan sampai kita terlambat datang ke Festival kalau tidak mau ketinggalan serunya festival ini ya!

baca juga:

Amazonnya Indonesia, Sapa Orangutan Telusuri Tanjung Putin Kalimantan Naik Kapal Klotok

 

Durasi Festival Tanjung Puting yang cukup lama

Lalu kenapa sih Festival ini berlangsung dalam durasi yang cukup lama, yaitu sekitar 4 hari? Tentu saja karena Festival Tanjung Puting ini diramaikan dengan serangkaian acara yang menarik.

Beberapa acara yang bisa kita temui selama Festival berlangsung.

Antara lain ada festival kuliner, festival batang arut, pawai asli warga setempat, night market, dan juga one day trip sebagai acara penutup. Pastinya sudah terbayang kan betapa serunya festival ini?

 

Diramaikan dengan berbagai lomba seru

Siapa bilang kalau Festival Tanjung Puting ini hanya sebatas menampilkan kebudayaan asli Kotawaringin Barat?

Melalui Festival Tanjung Puting inilah kita bisa menyaksikan berbagai perlombaan yang tidak kalah seru lho!

Peserta lomba pun hampir melibatkan segala usia dan membuat lomba semakin ramai dengan gelak tawa dari penonton.

Beberapa lomba yang selalu diselenggarakan selama Festival Tanjung Puting berlangsung antara lain ada Lomba Kuliner Lokal, Lomba Daur Ulang, Lomba Tarian Lokal, bahkan ada juga Lomba Stand Up Comedy lho!

Dijamin kita tidak akan bosan kalau sudah menginjakkan kaki di Festival Tanjung Puting ini.

 

Dimeriahkan langsung oleh artis papan atas

Apa hanya itu saja keseruan dari Festival ini? Eits tunggu dulu, Festival ini juga melibatkan banyak artis papan atas lho!

Misalnya saja kehadiran Babe Cabita pada Festival Tanjung Puting 2018 kemarin yang membuat festival ini semakin ramai karena gelak tawa penonton menyaksikan tingkah laku komika satu ini.

Tentunya masih banyak artis papan atas lainnya yang akan meramaikan Festival Tanjung Puting dan membuat jalannya festival semakin seru!

Menarik kan fakta tentang Festival Tanjung Puting yang disebutkan barusan? Yakin mau melewatkan Festival Tanjung Puting tahun ini begitu saja?

Yuk segera rencanakan perjalanan ke Kalimantan Tengah dan saksikan langsung keseruan Festival Tanjung Puting!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.