Festival Tanjung Lesung, Kombinasi Olahraga dan Seni Budaya Banten

Siapa di antara kita yang suka mengunjungi festival? Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal akan festivalnya mengingat banyaknya budaya daerah yang unik.

Bisa dibilang jika tiap daerah di Indonesia memiliki festivalnya masing-masing yang tidak akan akan ditemukan di festival lain.

Bagaimana dengan festival di Banten? Banten juga salah satu daerah di Indonesia yang memiliki beragam festival, misalnya saja ada Festival Tanjung Lesung.

Memang apa sih keunikan dari Festival Tanjung Lesung ini? Nah daripada tambah penasaran, yuk simak keseruan Festival Tanjung Lesung satu ini!

 

Makna di balik Festival Tanjung Lesung

Sebenarnya sejak kapan sih Festival Tanjung Lesung diselenggarakan? Berbeda dengan festival kebudayaan lainnya, Festival Tanjung Lesung ini diadakan sejak bencana yang terjadi di Banten pada Desember 2018 kemarin.

Diadakannya Festival Tanjung Lesung ini bertujuan untuk membangkitkan kembali Provinsi Banten yang dulunya dikenal sebagai salah satu provinsi terindah di Indonesia.

Tentunya Festival Tanjung Lesung ini diharapkan juga mampu mengembalikan kembali perekonomian warga lokal yang sempat lesu akibat bencana.

 

Baru digelar sejak tahun lalu

Meskipun baru digelar satu kali, yaitu pada tahun 2019 kemarin namun bukan berarti Festival Tanjung Lesung ini tidak berkualitas lho!

Festival yang diselenggarakan pada tanggal 27 September sampai 29 September 2019 lalu sudah menyedot perhatian ribuan masyarakat lho!

Bahkan jalannya Festival Tanjung Lesung ini sudah didukung oleh banyak pihak, seperti pemerintah setempat dan beberapa perusahaan swasta yang mendukung bangkitnya kembali perekonomian Banten.

 

Sudah masuk ke Kalender 100 Event Nasional

Ternyata keberhasilan Festival Tanjung Lesung bukan berhenti sampai di situ mengingat festival ini sudah masuk dalam Kalender 100 Event Nasional.

Tentunya hal ini merupakan prestasi membanggakan tersendiri untuk warga lokal dan pemerintah setempat.

Prestasi inilah yang membuktikan jika warga Banten sudah kembali bangkit dan siap memajukan pariwisatanya bahkan lebih sukses daripada dulu.

 

Lokasi yang mudah diakses

Bagaimana dengan lokasi Festival Tanjung Lesung? Apakah cukup mudah untuk tiba di Festival Tanjung Lesung?

Nah hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena lokasi Festival Tanjung Lesung yang cukup mudah untuk dijangkau, baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Bahkan diperkirakan jika perjalanan dari Jakarta menuju Tanjung Lesung hanya membutuhkan waktu 3 jam apabila tol baru Serang dan Panimbang sudah selesai digarap.

baca juga:

Jarang Dilirik Turis, 7 Tempat Wisata Instagenik di Cina yang Sering Diremehkan

 

Melibatkan ratusan penari anak-anak

Lalu apa sebenarnya yang membuat Festival Tanjung Lesung spesial? Tentu saja banyak! Misalnya saja pembukaan Festival Tanjung Lesung yang dimeriahkan langsung dengan tarian Kuda Leumpang.

Berbeda dengan tarian tradisional lainnya yang biasa dibawakan oleh orang dewasa, tarian ini dibawakan langsung oleh anak-anak SD yang berlokasi di Pandeglang lho!

Menariknya lagi, tarian Kuda Leumpang ini bukan hanya melibatkan 1 atau 2 anak saja namun 150 anak sekaligus! Terbayang kan betapa meriahnya Festival Tanjung Lesung, mulai dari pembukaannya saja?

 

Adanya lomba triathlon

Siapa sangka jika Indonesia juga menjadi lokasi perlombaan triathlon? Lomba triathlon sendiri dikenal sebagai salah satu perlombaan bergengsi, di mana tiap peserta melakukan tiga olahraga sekaligus yang meliputi sepeda, berenang, dan marathon.

Adanya lomba triathlon pada Festival Tanjung Lesung bertujuan untuk mengeksplorasi kekayaan alam yang ada di Tanjung Lesung karena sempat meredup akibat bencana tahun 2018 kemarin.

 

Kategori Rhino X-Tri yang beragam

Penasaran dan ingin berpatisipasi langsung pada lomba triathlon? Tentu saja bisa! Tenang saja karena Rhino X-Tri alias lomba triathlon ini dibagi menjadi beberapa kategori sekaligus sehingga kita bisa memilihnya sesuai kemampuan.

Misalnya saja ada kategori Rhino di mana nomor renang adalah 1,000 meter, balap sepeda 20 kilometer, dan untuk lomba lari berjarak 10 kilometer.

Ada juga kategori Bull, di mana lomba renangnya adalah 500 meter, balap sepeda berjarak 10 kilometer, dan lomba larinya sendiri berjarak 5 kilometer.

Berani ikut mencoba lomba triathlon yang diadakan di Festival Tanjung Lesung?

Nah bagaimana? Pastinya semakin tertarik untuk datang langsung ke Festival Tanjung Lesung dan melihat keseruan perlombaan yang berlangsung kan?

Yuk rencanakan perjalanan ke Banten mulai dari sekarang dan jangan lupa mampir ke Festival Tanjung Lesung!

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.