Festival Sandeq Race: Balapan Perahu Layar Suku Mandar Asli

Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal akan kekayaan alamnya. Bahkan banyak wisatawan internasional yang datang ke tanah air karena penasaran dengan negara kita.

Namun apakah hanya kekayaan alam saja yang ditawarkan Indonesia untuk wisatawan?

Tentu saja tidak! Masih banyak yang ditawarkan Indonesia untuk para wisatawan, termasuk kekayaan budayanya. Berbagai budaya Indonesia pun bisa dilihat langsung melalui festival, salah satunya ada Festival Sandeq Race.

Memangnya apa sih keunikan Festival Sandeq Race daripada festival di Indonesia lainnya? Daripada tambah penasaran, yuk simak beberapa fakta menarik tentang Festival Sandeq Race yang satu ini!

 

Bukan festival kebudayaan

Pastinya banyak dari kita yang bertanya-tanya tentang Festival Sandeq Race, apakah festival ini merupakan festival kebudayaan atau bukan.

Nah, kabar baiknya, Festival Sandeq Race ini bukanlah festival kebudayaan lho! Yup, Festival Sandeq Race adalah lomba perahu layar tradisional yang diikuti oleh Suku Mandar asli.

Rute Festival Sandeq Race ini pun terbilang cukup jauh, tepatnya mulai dari Kabupaten Polewali Mandar sampai ke Kabupaten Mamuju.

 

 

Melibatkan ratusan peserta

Bagaimana dengan keseruan Festival Sandeq Race? Tenang saja karena Festival Sandeq Race ini selalu ramai akan peserta lomba dan hal ini bisa dilihat dari keramaian festival yang juga diselenggarakan tahun lalu.

Untuk Festival Sandeq Race 2019 sendiri tercatat jika ada 20 kapel Sandeq tercepat yang ikut serta yang melibatkan langsung 260 pelaut Sandeq.

Satu tim kapal pun terdiri dari 13 orang sekaligus yang berarti diperlukan kerjasama tim yang bagus supaya bisa memenangkan perlombaan. Terbayang kan betapa serunya Festival Sandeq Race ini?

 

Menampilan kekayaan budaya Suku Sandeq

Apakah hanya perlombaan perahu saja yang bisa kita saksikan pada Festival Sandeq Race? Tentu saja tidak!

Mengingat Festival Sandeq Race ini diadakan di Polewali Mandar, maka kita juga bisa menyaksikan langsung kekayaan budaya Suku Sandeq yang masih jarang dikenal oleh masyarakat.

Misalnya saja ada lomba lepa-lepa, pertunjukan seni dan budaya, pesta kuliner etnis Mandar, Sandeq Kecu, pameran budaya Desa Sandeq.

Bahkan ada juga pemutaran film dokumenter! Dijamin kita tidak akan bosan ketika ikut serta di Festival Sandeq Race satu ini!

 

Diselenggarakan tiap tahun

Belum sempat berpatisipasi di Festival Sandeq Race tahun lalu? Jangan khawatir, Festival Sandeq Race ini diselenggarakan tiap tahun sekali!

Selain itu, Festival Sandeq Race ini juga berlangsung cukup lama yaitu sekitar 10 hari. Misalnya saja pada Festival Sandeq Race 2019, festival ini diselenggarakan mulai tanggal 7 Agustus sampai 16 Agustus 2019.

Penyelenggaraan Festival Sandeq Race ini pun juga selalu berubah tanggalnya, di mana pemerintah juga perlu mempertimbangkan kondisi cuaca.

Jangan sampai keceriaan di Festival Sandeq Race justru menjadi petaka karena cuaca yang tidak bersahabat!

baca juga:

Festival Pinisi: Ajaibnya Keragaman Budaya Sulawesi Selatan

 

Makna di balik Festival Sandeq Race

Apakah tujuan dari Festival Sandeq Race hanya untuk menampilan budaya Sulawesi Barat? Ternyata makna Festival Sandeq Race bukan hanya itu lho!

Festival Sandeq Race sendiri merupkan penghormatan terhadap budaya pelaut etnis Mandar yang merupakan salah satu etnis asli Sulawesi Barat.

Pengenalan budaya leluhur memang diperlukan sehingga anak cucu pun tidak akan lupa tentang berbagai nilai yang dipegang erat oleh pendahulunya.

 

Kemeriahan festival dengan kehadiran kapal Sandeq

Sebenarnya apa sih keunikan dari kapal Sandeq? Meskipun kapal Sandeq adalah kapal tradisional, kapal satu ini bukanlah kapal biasa .

Kapal Sandeq merupakan kapal yang dibuat dengan cara tradisional yang sudah digunakan berabad-abad oleh para nelayan Mandar, Mamuju, serta Polewali yang digunakan untuk mencari nafkah di sepanjang pantai barat Sulawei.

Mengingat kapal Sandeq adalah kapal tradisional, maka jalannya kapal ini tanpa menggunakan teknologi modern, mesin, ataupun gadget navigasi sama sekali.

Para nelayan Mandar perlu mengendalikan kapal Sandeq dengan lincah supaya bisa tetap melaju melawan arus deras dan keluar sebagai pemenang di Festival Sandeq Race ini.

Terbayang kan keseruan Festival Sandeq Race? Keseruan Festival Sandeq Race ini memang tidak perlu diragukan lagi.

Karena kita bisa menyaksikan langsung perlombaan kapal tradisional Sandeq yang tidak akan ditemukan di negara lain. So, tunggu apalagi untuk menyiapkan budget untuk menyaksikan langsung keseruan Festival Sandeq Race?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.