Festival Salo Karajae: Mengagumi Budaya Parepare Sulawesi Selatan

Siapa di antara kita yang sudah pernah berkunjung ke Parepare? Parepare adalah salah satu kota di Sulawesi Selatan yang selalu menarik untuk dibicarakan.

Keindahan Parepare bukan hanya terbatas pada alamnya saja, namun juga berbagai budayanya yang menarik untuk disimak.

Membicarakan budaya Parepare tentunya tidak lengkap tanpa kehadiran berbagai festivalnya. Salah satu festival yang terkenal dari Parepare adalah Salo Karajae.

Apa sebenarnya yang membuat Festival Salo Karajae lebih istimewa daripada festival lainnya? Daripada tambah penasaran, yuk simak beberapa fakta menarik tentang Salo Karajae yang satu ini!

 

Diadakan tiap tahun

Kabar gembira untuk kita yang belum sempat mampir ke Festival Salo Karajae tahun lalu karena festival ini diselenggarakan tiap tahun.

Tanggal penyelenggaraan Festival Salo Karajae ini berbeda-beda tiap tahunnya, misalnya saja pada tahun lalu yang diselenggarakan bertepatan dengan Hari Pariwisata internasional.

Menariknya lagi, Festival Solo Karaje ini berlangsung selama beberapa hari, tepatnya sekitar seminggu. Dijamin kita akan puas ketika menghadiri festival yang menampilkan keunikan budaya asli Parepare satu ini!

 

Menampilkan keindahan alam khas Parepare

Bagi kita yang ingin berkunjung alias ikut berpatisipasi dalam Festival Salo Karajae, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah dengan mengetahui lokasi penyelenggaraannya.

Tenang saja karena Festival Salo Karajae ini diadakan di Tongareng Riverside yang ada di Keluruhan Lumpue, tepatnya di Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan.

Lokasi ini terbilang cukup strategis untuk siapapun sehingga kita yang belum pernah berkunjung ke Parepare pun akan mudah menemukannya.

Menariknya lagi, Festival Salo Karajae ini diadakan di pinggir sungai yang berarti kita bisa menikmati keunikan budaya Parepare sekaligus keindahan alamnya!

 

Termasuk dalam Calender of Event National 2020

Suatu kebanggan bagi warga Parepare ketika salah satu festival yang dilakukan di daerahnya bisa masuk dalam Calender of Event National 2020.

Bisa dibilang festival Salo Karajae ini sudah masuk dalam ajang bergengsi yang bukan hanya menarik wisatawan lokal namun juga wisatawan internasional.

Tentunya prestasi dari Salo Karajae ini tidak terlepas dari kerja keras Dinas Pariwisata, Olahraga, dan Pariwisata Parepare.

 

Fokus pada pelestarian budaya Parepare

Pastinya banyak dari kita yang bertanya-tanya tentang apa yang bisa disaksikan dari pegelaran Festival Salo Karajae ini.

Nah jangan khawatir karena Festival Salo Karajae menampilkan berbagai serangkaian acara yang seru, misalnya saja ada kompetisi tari Jeppeng, lomba balap perahu katinting, dan tak lupa ada lomba tarik perahu.

Tentunya Festival Salo Karajae ini juga akan menampilkan berbagai budaya Parepare lainnya yang tidak akan ditemukan di festival lainnya.

baca juga:

Mau Liburan ke Maluku? Ayo Semua Mampir ke Festival Teluk Jailolo!

5 Festival di Sulawesi Paling Populer Sepanjang Tahun

Tak Takut Ketinggian, 7 Wahana Gantung Ekstrim di Sulawesi Selatan Patut Dicoba

Ayo.. Berani Menyelam! 5 Wisata Diving di Sulawesi yang Alam Bawah Lautnya Keren Banget

 

Semakin ramai dengan berbagai pertunjukan

Apakah hanya itu saja acara yang bisa kita saksikan selama Festival Salo Karajae ini berlangsung? Eits jangan salah, masih banyak pertunjukan seru lainnya yang bisa disaksikan di festival ini lho!

Misalnya saja kita bisa menyaksikan atraksi flying board, video mapping, defile perahu hias, bahkan berbagai penampilan langsung dari artis ibu kota.

Bahkan akan ada festival kembang api pada malam puncak Festival Salo Karajae yang membuat festival ini semakin menarik perhatian wisatawan lokal dan juga internasional.

Pastinya tidak ada yang bisa menolak menikmati keindahan alam Parepare beserta cantiknya warna kembang api kan?

 

Sektor pariwisata Parepare yang semakin maju

Bukan rahasia lagi pastinya jika sektor pariwisata di Parepare termasuk lambat alias kurang berkembang. Meskipun daerah ini memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Salah satu tujuan diselenggarakannya Festival Salo Karajae ini adalah untuk menarik minat wisatawan nasional dan internasional. Agar mau berkunjung ke daerah Parepare.

Bisa dipastikan jika kita akan puas ketika mengunjungi festival Salo Karajae mengingat festival ini juga bergabung dengan festival budaya lokal Mallipa yang tidak kalah serunya.

Meningkatnya jumlah wisatawan di kota Parepare pun tentunya akan berpengaruh positif terhadap kehidupan warga lokal Parepare, terlebih dalam sektor ekonomi.

Menarik kan fakta unik tentang Festival Solo Karaje yang disebutkan barusan? Berpatisipasi pada Festival Salo Karajae merupakan pilihan yang tepat.

Mengingat festival ini adalah festival yang menghadirkan budaya asli Indonesia yang tidak ada di negara lain. So, kapan lagi meningkatkan rasa nasionalisme dengan berkunjung ke Festival Salo Karajae?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.