Festival Pinisi: Ajaibnya Keragaman Budaya Sulawesi Selatan

Sulawesi adalah salah satu pulau di Indonesia yang selalu menarik untuk dibicarakan. Pesona Sulawesi tidak hanya terbatas pada keindahan alamnya, namun juga keberagaman budaya yang tidak ada duanya. Sulawesi Selatan adalah bagian dari Sulawesi yang juga kaya akan budayanya.

Keberagaman budaya yang ada di Sulawesi Selatan ini bisa dilihat dari berbagai festival yang ada, misalnya saja ada Festival Pinisi.

Apakah sudah ada di antara kita yang pernah berkunjung ke Festival Pinisi? Apa sebenarnya yang membuat Festival Pinisi unik daripada festival lainnya yang bisa ditemui juga di tanah air? Berikut adalah beberapa fakta mengenai Festival Pinisi yang harus kita tahu!

 

Rutin diadakan tahunan

Kapan sih sebenarnya Festival Pinisi diadakan? Kabar baik untuk kita yang belum pernah berkunjung ke Festival Pinisi karena festival ini diselenggarakan tiap tahun.

Perlu diingat jika festival ini diselenggarakan dalam tanggal yang berubah-ubah, yaitu tahun lalu festival ini diadakan pada tanggal 11 sampai 14 September 2019.

Banyaknya serangkaian acara yang ditampilkan pada festival inilah yang membuat festival harus diselenggarakan selama beberapa hari.

 

Diselenggarakan di dua tempat sekaligus

Berbeda dengan festival lainnya, Festival Pinisi ini diselenggarakan di dua tempat sekaligus yaitu di Pantai Putih Bira dan Lapangan Pemuda Bulukamba.

Dijamin kita akan puas ketika berpatisipasi di event ini karena keindahan alam Bulukamba yang sudah tidak perlu diragukan lagi.

 

Masuk dalam jajaran Top 10 National Event

Hal berikutnya yang bisa kita banggakan dari Festival Pinisi adalah festival ini sudah masuk dalam daftar event unggulan yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia.

Tentunya hal ini merupakan kabar gembira untuk warga Bulukumba karena jumlah wisatawannya yang akan terus meningkat dan membawa pengaruh positif untuk perekonomian di daerah tersebut.

 

Meriahnya Pinisi Ekspo

Banyak yang penasaran kan tentang rangkaian kegiatan Festival Pinisi? Salah satu acara utama dari festival ini adalah Pinisi Ekspo.

Melalui Pinisi Ekspo lah kita bisa menyaksikan langsung berbagai pameran multi produk UMKM dan kuliner khas Bulukambang.

Tidak heran wisatawan yang berpatisipasi di Pinisi Ekspo karena penasaran dengan kuliner khas Bulukambang yang sulit untuk ditemukan di daerah lainnya.

baca juga:

Wisata Bersejarah di Pekanbaru yang Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

 

Dilengkapi dengan Annyorong Lopi

Apa hanya Pinisi Ekspo saja yang bisa kita temui ketika mengunjungi Festival Pinisi? Tentu saja tidak! Melalui Festival Pinisi ini kita juga bisa menikmati keseruan Annyorong Lopi.

Kegiatan ritual ini adalah peluncuran perahu Pinisi yang berkaitan dengan nilai budaya Bulukambang. Siapa sih yang bisa menolak menikmati keindahan pantai di Bulukambang.

Beserta warna-warni perahu tradisional khas Bulukambang yang hanya diadakan setahun sekali ini?

 

Meriahnya Wisata Rally khas Bulukambang

Satu lagi rangkaian acara Festival Pinisi yang tidak boleh dilewatkan adalah Wisata Rally. Lalu apa sebenarnya perbedaan acara ini dengan rangkaian acara lainnya?

Yup tepat sekali, Wisata Rally ini adalah acara puncak dari Festival Pinisi, di mana kita bisa menyaksikan langsung banyak kontestan yang kreatif dalam memodifikasi motornya.

Modifikasi motornya pun tidak boleh sembarangan karena tiap kontestan harus mengusung nilai khas Bulukamba. Terbayang kan betapa serunya Festival Pinisi dengan serangkaian tiga acara yang disebutkan barusan?

 

Masih banyak serangkaian acara seru lainnya

Membicarakan keunikan Festival Pinisi ini memang tidak ada habisnya, terlebih festival ini juga masih banyak melibatkan acara lainnya yang tidak kalah seru.

Wah yang benar nih? Yup, di Festival Pinisi inilah kita bisa menyaksikan langsung keseruan Karnaval Budaya Kajang, Festival Samindara, Festival Laongruma, dan juga Festival Datotiro.

Bukan hanya itu saja, Festival Pinisi ini juga melibatkan berbagai lomba seperti fashion show, lomba kreativitas anak, dan ada juga kontes tari kontemporer.

Jangan sampai kita melewatkan ramainya Pentas Seni Budaya dan Senandung Kopi Kahayya yang hanya bisa disaksikan di Festival Pinisi ini ya!

Nah bagaimana? Masih yakin mau melewatkan keseruan Festival Pinisi yang hanya dilakukan setahun sekali?

Pastinya tambah penasaran kan dengan budaya Bulukamba yang tercemin di Festival Pinisi ini? Yuk segera siapkan tabungan untuk berpatisipasi dalam keseruan Festival Pinisi tahun ini!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.