Festival Pekan Gawai Dayak, Perayaan Adat Turun Temurun Masyarakat Pontianak

Gawai Dayak – Berlibur ke luar kota atau bahkan luar pulau selalu menarik untuk dilakukan. Apalagi kota-kota dan pulau-pulau tersebut belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.

Bagi Anda yang sedang bingung menentukan destinasi wisata yang akan dituju, tak ada salahnya Anda memilih kota Pontianak sebagai alternatif liburan Anda di tahun ini.

Berbagai aktivitas seru bisa Anda lakukan di sini, seperti menjalajahi ibukota Kalimantan Barat ini dan menemukan hal-hal yang menarik yang ditawarkannya.

Anda juga bisa mengikuti perayaan tahunan Festival Pekan Gawai Dayak yang digelar di kota Pontianak. Penasaran seperti apa festival Gawai Dayak ini?

Yuks, cari tahu lebih jauh tentang pesta adat turun temurun Gawai Dayak yang begitu populer di kalangan masyarakat Pontianak ini:

Festival Gawai Dayak

Jika sedang berada di Pontianak, Festival Pekan Gawai Dayak merupakan salah satu agenda wisata yang wajib untuk dikunjungi terutama jika Anda tertarik mempelajari adat istiadat dan budaya.

Festival ini biasanya digelar pada akhir Mei setiap tahunnya dan bertempat di  Jalan Sutoyo, Kota Pontianak. Pesta adat yang digelar turun temurun  ini biasanya berlangsung selama beberapa hari dan menghadirkan berbagai macam acara yang menarik dan seru. Sebagai pembuka event biasanya dilaksanakan upacara adat suku dayak baru diikuti acara pawai besar mengelilingi kota Pontianak.

Menikmati upacara adat suku dayak serta arak-arakan keliling kota Pontianak pasti tak bakal membosankan.

Sebab, Anda akan disuguhi  berbagai kegiatan menarik seperti pentas seni traditional, seminar, lomba olahraga serta permainan daerah yang seru.

Rangkaian acara festival

Setiap rangkaian acara bebas diikuti siapa saja, baik warga Pontianak maupun wisatawan, sehingga Anda bisa berperan aktif dalam festival tersebut tak hanya melulu sebagai penonton.

Setiap tahunnya, festival Gawai Dayak ini selalu ramai dibanjiri pengunjung, bahkan banyak warga dari tempat yang jauh rela berdesak-desakan untuk ikut serta gelaran pesta adat ini.

Festival Gawai Dayak ternyata sudah ada sejak jaman nenek moyang lho. Dulunya, perayaan ini digelar sebagai ucapan rasa syukur pada arwah leluhur karena hasil panen yang melimpah.

Itulah sebabnya perayaan adat ini diselenggarakan Mei karena biasanya panen dilakukan di awal bulan tersebut.  Saat perayaan, suku asli Kalimantan Barat dan Sarawak, terutama Iban dan

Baca juga: Baca Juga: Obyek Wisata Pulau Maratua – Berau, Kaltim Yang Menawan

Dayak Darat, berdoa pada leluhur agar menjaga tanaman dan hasil panen tetap melimpah di musim atau tahun mendatang.

Bermacam-macam makanan dipersembahkan kepada dewa padi sebagai ucap syukur akan hasil panen yang baik. Penyair akan membaca mantera yang khusus untuk upacara ini dan melumur darah ayam jantan pada bahan persembahan.  Upacara biasa digelar di kota dan juga lamin (rumah panjang).

Acara adat Gawai Dayak mulai diselenggarakan secara besar-besaran dan dijadikan perayaan resmi pada 25 September 1964.

Destinasi wisata tahunan

Setelah resmi menjadi acara tahunan, pemerintah akhirnya memberikan perhatian dengan menjadikan tradisi Gawai Dayak sebagai bagian dari tujuan wisata yang dapat menarik pengunjung datang ke Pontianak. Usaha pemerintah Pontianak ini terbukti sukses karena wisatawan yang datang ke Pontianak semakin bertambah setiap tahunnya terutama menjelang festival Gawai Dayak diselenggarakan.

Jika Anda berkesempatan menyaksikan festival Gawai Dayak, ada satu atraksi dalam upacara adat itu yang patut diabadikan yaitu ‘ngamper bide’. Upacara yang dipimpin para pemuka atau biasa dinamakan panyangahat ini bertujuan memohon doa kepada Tuhan dan leluhur.

Saat upacara adat ini, Anda juga bisa menyaksikan pakaian tradisional dan perhiasan manik orang ulu akan dikeluarkan khusus untuk acara adat ini. Anda juga bisa melihat para perawan Iban mengenakan perhiasan perak tradisional pada upacara adat ini.

Akomodasi

Jika Anda memang berminat menyaksikan dan mengikuti jalannya acara adat Gawai Dayak ini, persiapkan akomodasi secara matang dengan booking tempat jauh-jauh hari sebelumnya sebab Pontianak akan ramai pengunjung saat event itu diselenggarakan.

Dengan persiapan yang matang, Anda akan mendapatkan tempat menginap yang nyaman dan tak jauh dari kota Pontianak.

Persiapkan pula segala keperluan lain yang mungkin Anda butuhkan di sana. Selamat menikmati kota Pontianak dan bersenang-senang di sana. (Jari Adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *