Festival Buleleng: Ajang Mengembangkan Kreativitas Pemuda Bali

Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang menjadi sorotan tanah air ataupun internasional. Keindahan Pulau Bali bukan hanya pada alamnya saja.

Namun, juga keragaman budayanya yang menarik untuk dibahas. Bahkan banyak event yang diselenggarakan di Bali dengan menampilkan berbagai kebudayaan asli warga Bali.

Salah satu event di Bali yang menarik untuk dibahas adalah festival. Banyak festival yang diselenggarakan di Bali dengan mengedepankan kebudayaannya, misalnya saja ada Festival Buleleng.

Apakah sudah ada yang pernah berkunjung langsung ke Festival Buleleng? Berikut adalah beberapa fakta mengenai Festival Buleleng yang menarik untuk diketahui!

 

Melestarikan budaya Buleleng

Bukan rahasia lagi pastinya jika di jaman serba canggih ini nilai leluhur harus dilestarikan supaya tidak terlupakan.

Salah satu tujuan diselenggarakannya Festival Buleleng adalah untuk melestarikan budaya khas Buleleng yang dikhawatirkan akan dilupakan oleh masyarakat Bali sendiri.

Peserta Festival Buleleng pun juga beragam, tepatnya mulai dari anak muda hingga orang tua pun bisa berpatisipasi dalam keseruan acara ini.

 

Tema festival yang berbeda tiap tahunnya

Siapa bilang Festival Buleleng membosankan? Keunikan Festival Buleleng ini bukan hanya pada budaya Bulelengnya saja namun juga tema festival yang berbeda tiap tahunnya.

Untuk Festival Buleleng tahun lalu alias yang diselenggarakan pada tahun 2019 ini mengangkat tema Shining Buleleng.

Tentunya Festival Buleleng ini juga dihadiri oleh orang penting, di mana Festival Buleleng dibuka oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia dan Bupati Buleleng.

 

Disambut dengan ratusan penari

Masih penasaran dengan kemeriahan Festival Buleleng? Tenang saja, tarian dari ratusan penari di pembukaan Festival Buleleng ini dijamin akan membuat siapapun takjub kok!

Festival Buleleng ini tiap tahunnya dibuka oleh penampilan dari ratusan penari, di mana tahun lalu ada sekitar 500 penari yang berpatisipasi dalam pembukaannya.

Berbagai tarian pun dipersembahkan langsung oleh penari yang berasal dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Buleleng, salah satunya ada tari Panyembrahma.

Diperkirakan jika jumlah penari pada Festival Buleleng tahun ini akan bertambah dan membuat festival semakin meriah.

 

Merupakan wadah untuk menyalurkan kreativitas anak muda

Siapa bilang jika Festival Buleleng hanya menampilkan budaya leluhur? Melalui Festival Buleleng ini anak muda juga bisa menyalurkan kreativitasnya lho!

Tidak heran jika Festival Buleleng selalu ramai tiap tahunnya bahkan selalu ditunggu-tunggu oleh warga Buleleng sendiri.

Siapa sih yang bisa menolak keseruan festival yang mempertemukan berbagai ide kreatif anak muda Buleleng ataupun dari luar Pulau Bali?

 

Membawa pengaruh positif ke perekonomian masyarakat Buleleng

Banyak hal positif yang bisa didapatkan dari Festival Buleleng, salah satunya adalah kemajuan sektor pariwisata daerah Buleleng sendiri.

Buleleng merupakan salah satu daerah di Bali yang masih jarang dikenal masyarkat namun ternyata juga menyimpan banyak kekayaan yang bisa terus digali.

Oleh sebab itulah pemerintah mengadakan Festival Buleleng dengan rutin, yang lama kelamaan membawa pengaruh positif pula ke masyarakat Buleleng.

Meningkatnya jumlah wisatawan di Buleleng sama saja dengan memajukan perokonomian masyarakat Buleleng lho!

baca juga:

Bingung Menginap? Jangan Galau, Simak Hotel Kapsul Terbaik di Thailand Ini

Wisata Halal di Bali, Kuliner khas Pulau Dewata untuk Pelancong Muslim

Menyepi dari Sesaknya Turis di Bali, Tengok 5 Spot Permata Pulau Dewata

 

Diselenggarakan setahun sekali

Pastinya tambah penasaran kan kapan Festival Buleleng diselenggarakan? Nah jangan khawatir karena Festival Buleleng diadakan setiap tahun sekali!

Tanggal dari penyelenggaraan Festival Buleleng pun berbeda-beda tiap tahunnya, di mana tahun lalu festival ini diselenggarakan pada tanggal 2 Agustus sampai 6 Agustus 2019.

Durasi Festival Buleleng ini memang terbilang cukup lama mengingat serangkaian acara festival yang terbilang cukup padat.

 

Berlokasi di tiga tempat sekaligus

Masih bingung di mana Festival Buleleng diselenggarakan? Nah, perlu dicatat jika Festival Buleleng diselenggarakan di tiga tempat yang berbeda.

Tepatnya di Puri Kanginan, Pusat Budaya Sasana Budaya dan Monumen Singa Ambara Raja yang ketiganya sama-sama berlokasi di Kabupaten Buleleng.

 

Banyak pihak yang terlibat

Selain melibatkan 500 penari pada pembukaan Festival Buleleng , tahun lalu festival ini juga sudah melibatkan 52 grup budaya sekaligus dari kabupaten dan seluruh bali Utara yang menampilkan berbagai budaya khas Buleleng.

Berbagai atraksi menarik yang bisa disaksikan selama Festival Buleleng anara lain ada Balet Ramayana, Tari Janger Menyali, Bondres dan Genjek, Gong Kebyar, dan tak lupa banyak lomba yang menarik untuk disaksikan.

Menarik kan fakta tentang Festival Buleleng yang disebutkan barusan? Yakin mau melewatkan festival yang sudah masuk dalam 100 Calendar of Event Kementrian Pariwisata Republik Indonesia? Yuk kunjungi Festival Buleleng tahun ini!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.