Eksotisme Budaya Papua, Ada 5 Fakta Unik yang Bikin Mata Terbelalak

Siapa yang memungkiri akan keunikan yang dimiliki oleh Indonesia? Indonesia kaya akan sumber daya masyarakat, kaya akan alam, suku, serta budayanya.

Indonesia adalah negara kepulauan dimana setiap pulaunya memiliki keunikan tersendiri untuk dieksplore. Salah satu pulau dengan keunikan yang menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara adalah pulau Papua.

Papua memang memiliki beberapa suku yang primitive, namun sebagian diantaranya sudah jauh lebih modern dari sebelumnya.

Mereka sangat unik karena mereka tidak bisa meninggalkan segala kebiasaan adat maupun budaya yang dimiliki oleh nenek moyang. Beberapa keunikan dari Papua akan kita jelaskan di bawah ini :

1.Orang Tua yang Bersekolah

Biasanya, masyarakat putus sekolah yang sudah tua dan melebihi usia sekolah sudah enggan untuk melanjutkan sekolahnya.

Mungkin mereka gengsi, atau sudah malas melanjutkan Pendidikan di usia tidak muda. Namun, berbeda lagi dengan masyarakat Papua. Mereka memilii semangat yang tinggi untuk dapat menyelesaikan Pendidikan mereka. Mereka tidak terlena dengan kehidupan mereka meskipun sudah maju.

Pendidikan tetap nomer 1. Itulah sebabnya Anda akan menemukan bapak-bapak dan ibu-ibu yang menggunakan seragam sekolah di Papua.

Bahkan, ternyata ada pula seorang lelaku berusia 54 tahun yang berada di bangku SMP meskipun harus berjalan kaki selama 3 jam untuk menempuh jarak ke sekolah.

2.Harga Berkelipatan 5 Ribu

Barang yang berasal dari Papua memang cukup mahal jika dibandingkan dengan Jawa. Itu karena proses pengiriman dan membawa barang ke Papua tidak semudah membawa barang ke pulau lainnya.

Akibatnya, beberapa daerah di Papua tidak memberlakukan pecahan uang tertentu.

Salah satu daerah yang menerapkan aturan seperti itu adalah Okbab. Di sana, mereka tidak menggunakan uang pecahan di bawah 5 ribu karena semua barang di daerah Okbab dibandrol dengan harga berkelipatan lima ribu. Wajar saja jika uang 2 ribuan tidak berlaku di daerah tersebut.

3.Membawa Babi di Atas Motor

Babi termasuk hewan liar yang sering ditakuti masyarakat, terutama jenis babi hutan. Di Papua, spesies hewan yang satu ini sangat mudah untuk ditemui.

Bahkan mereka juga kebanyakan masih memelihara babi dengan harga jualnya yang mahal. Itu dapat menguntungkan pihak pemilik babi saat babi dijual.

Tak jarang, mereka membawa babi mereka dengan motor hingga ke jalan raya. Jadi, Anda tidak usah terkejut jika ada seseorang menaiki motor dengan membawa babi di jalanan.

4.Lebih Memilih Mie Instant daripada Uang

Mie instant memiliki banyak sekali penggemar, termasuk masyarakat Papua. Beberapa daerah di Papua yang masyarakatnya sangat menyukai mie instant bahkan mereka akan memilih mie instant daripada uang.

Mie instant termasuk barang yang sulit didapat serta harganya lebih mahal daripada di Jawa. Mungkin itulah alasannya mengapa mereka lebih memilih mie instant.

Biasanya, mereka suka memasak mie instant versi kuah karena beberapa masyarakat di sana hanya mengenal mie kuah.

5. Satu Tungku Tiga Batu

Satu Tungku Tiga Batu adalah tradisi Papua yang mengutamakan kebersamaan dan harmoni antar agama besar di Papua seperti Islam, Kristen, dan Katolik.

Oleh karena itu Papua, pantas untuk dijuluki sebagai wilayah paling bertoleransi se-Indonesia karena mereka tidak mempersalahkan konflik perbedaan agama seperti wilayah lainnya.

Tradisi Satu Tungku Tiga Batu berasal dari Fakfak di Papua Barat. Bahkan, Anda bisa menemukan salah satu keluarga di Fakfak yang memeluk agama berbeda-beda.

Selain itu, Fakfak juga mempunyai sebuah simbol kerukunan agama yaitu Katedral Santo Yoseph, Masjid Agung Jami, serta Gereja Bethel Indonesia yang berdampingan satu sama lain.

6. Semua Orang Bisa Menari

Di Papua, Anda sudah pasti tahu tentang tradisi menarinya. Anda tidak akan kesulitan mencari anak-anak muda yang pandai menari tarian daerah jika ada di Papua.

Mereka dikenal suka menari, bahkan senam di daerah Papua terlihat seperti gerakan tarian. Selain anak muda, orang tua di Papua juga masih aktif menari tarian darahnya. Mereka sering menari bersama-sama.

Ada salah satu jenis tarian yang khusus ditarikan di acara tertentu yang dilakukan bersama-sama dalam sehari semalam.

Baca juga:

Karva Chaut, Tradisi Puasa Para Istri yang Terkenal di India

7. Bakar Batu

Bakar batu adalah sebuah tradisi di Papua dimana masyarakat di sana akan membakar batu di atas api sederhana.

Semua batu itu dibakar hingga membara, lalu di masukan ke lubang untuk memasak daging babi, umbi, atau yang lainnya. Arti dari tradisi ini adalah untuk bentuk rasa syukur dan silaturahmi.

***

Pastikan perjalanan wisata Anda menikmati raga budaya Nusantara selalu berkesan dan nyaman. Hubungi Jari Adventure untuk pemesanan atau info selengkapnya

HP : 0812-22279979

WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.