Dimeriahkan Berbagai Lomba, Intip Keseruan Festival Cisadane

 

Siapa di antara kita yang sudah pernah berkunjung ke Tangerang? Tangerang adalah salah satu kota di Indonesia yang dikenal akan keberagaman budayanya. Tidak heran jika banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara yang berlibur ke Banten karena ingin melihat langsung budaya asli warga lokal.

Keberagaman budaya Tangerang pun bisa kita lihat langsung dari festivalnya. Salah satu festival di Banten yang menarik perhatian masyarakat adalah Festival Cisadane. Apakah ada di antara kita yang sudah berkunjung ke Festival Cisadane? Memangnya apa yang membedakan Festival Cisadane dari festival lainnya? Nah daripada tambah penasaran, yuk simak keseruan Festival Cisadane satu ini

Diselenggarakan tiap tahun

Sebelum kita datang ke Festival Cisadane, pastinya harus tahu kapan sebenarnya festival ini diadakan. Kabar baik untuk kita yang belum pernah ke Festival Cisadane sebelumnya karena festival ini selalu diadakan tiap tahun. Perlu diingat kalau tanggal Festival Cisadane juga selalu berubah tiap tahunnya sehingga kita perlu memnatau terus kapan Festival Cisadane tahun ini diadakan. Contohnya saja Festival Cisadane tahun lalu diadakan pada tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus 2019.

Didukung langsung oleh pemerintah

Kemeriahan Festival Cisadane pun tidak perlu diragukan lagi mengingat festival ini sudah didukung langsung oleh pemerintah. Tujuan pemerintah mengadakan Festival Cisadane ini adalah untuk melestarikan budaya asli Tangerang. Bukan hanya itu saja, Festival Cisadane ini diadakan dengan tujuan untuk bersama-sama membersihkan sungai setempat. Pastinya tidak ada yang mau kan jika mengalami banjir karena aliran air ataupun sungai yang terhambat kan?

Merupakan perpaduan berbagai budaya

Satu hal yang membuat Festival Cisadane semakin unik adalah festival ini yang menampilkan beberapa budaya sekaligus. Tepat sekali, Festival Cisadane ini memang merupakan gabungan beberapa budaya sekaligus yaitu budaya Sunda, Betawi, dan juga Jawa. Tidak heran jika tiga budaya ini menjadi akar utama dari Festival Cisadane mengingat mayoritas warga Tangerang didominasi oleh tiga suku ini.

Atraksi utama Festival Cisadane

Apakah Festival Cisadane hanya diisi dengan kegiatan membersihkan sungai? Tentu saja tidak! Melalui Festival Cisadane inilah kita bisa melihat keberagaman budaya Tangerang, salah satunya adalah Perayaan Peh Cun. Bisa dibilang Perayaan Peh Cun ini merupakan cikal bakal atraksi lainnya yang ada di Festival Cisadane dan membuat festival ini semakin seru. Perayaan Peh Cun terdiri dari serangkaian acara seperti Lomba Uleg, Mendirikan Telur, Lomba Perahu Naga, Lomba Tangkap Bebek, dan masih banyak atraksi menarik lainnya. Yakin mau melewatkan Festival Cisadane yang akan kembali diselenggarakan tahun ini?

baca juga:

Sebelum ke Negeri Jiran, Cek Dulu Larangan Turis Selama Berlibur di Malaysia!

 

UKM yang menampilan budaya setempat

Ingin membeli souvenir khas Tangerang tapi tidak tahu tempat yang pas? Tidak perlu khawatir, kita bisa beli berbagai souvenir khas Tangerang di Festival Cisadane kok! Kok bisa? Tepat sekali, di Festival Cisadane inilah ada berbagai stand UKM yang menawarkan berbagai souvenir khas Tangerang. Adanya berbagai UKM di sini sama saja memajukan perekonomian warga setempat lho! Jangan khawatir karena berbagai souvenir handmade ini ditawarkan dengan harga terjangkau sehingga tabungan pun tidak akan habis begitu saja karena belanja di Festival Cisadane.

Melibatkan banyak perlombaan

Menarik kan berbagai atraksi tradisional yang bisa ditemui selama Festival Cisadane berlangsung? Eits tunggu dulu, melalui Festival Cisadane inilah kita bisa menyaksikan berbagai perlombaan yang tidak kalah serunya dengan atraksi utama lho! Mislnya saja ada lomba perahu naga, hoverboard, jetski, dan lain-lain. Dijamin kita tidak akan bosan ketika menginjakkan kaki di Festival Cisadane!

Dimeriahkan oleh artis papan atas

Belum puas dengan berbagai atraksi yang bisa kita saksikan di Festival Cisadane? Jangan khawatir, Festival Cisadane ini juga melibatkan artis papan sekaligus kok! Misalnya saja pada Festival Cisadane 2019 sudah melibatkan Nidji dan Kotak. Dijamin kita tidak akan bosan ketika berpatisipasi dalam festival ini dan liburan ke Tangerang semakin berkesan deh!

Nah bagaimana? Pastinya semakin tertarik kan untuk bergabung melihat keseruan Festival Cisadane yang hanya dilakukan setahun sekali? Masih yakin mau melewatkan Festival Cisadane yang akan kembali digelar tahun inI? Catat tanggalnya dan segera rencanakan perjalanan ke Tangerang untuk menyaksikan langsung keseruan Festival Cisadane yuk!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.