Dieng Culture Festival: Pesona Festival Meriah Yang Diadakan Setahun Sekali

Dieng Culture Festival adalah sebuah acara festival kebudayaan yang diadakan setahun sekali yang menampilkan berbagai pertunjukan kesenian, adat, budaya yang ada di seluruh Jawa Tengah. Walaupun acara ini diadakan di daerah Dieng, namun beberapa daerah lain di Jawa Tengah juga ikut andil untuk meramaikan acara ini.

Dieng Culture Festival juga merupakan salah satu acara yang sudah resmi menjadi agenda tahunan yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Jika kamu berniat untuk menghadiri acara Dieng Culture Festival tentunya ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum kamu mengunjungi acara yang satu ini.

Penasaran kan apa saja yang hal yang harus diperhatikan saat mengunjungi acara yang satu ini? Oke langsung saja ke pembahasan selanjutnya agar lebih mengenal acara Dieng Culture Festival.

Jazz Di Atas Awan

Salah satu yang mempopulerkan DCF adalah “Jazz di atas awan”. Beberapa tahun yang lalu jauh sebelum acara ini menjadi sepopuler sekarang salah satu yang mendongkrak pengunjung adalah acara yang satu ini.

Kenapa bisa disebut dengan Jazz di atas awan?

Dieng merupakan sebuah pegunungan tertinggi yang ada di Indonesia. Dengan ketinggian ini jika beruntung kamu akan menikmati pemandangan awan yang berada di bawah kita, nah dengan pemikiran seperti ini kita bisa menyebut sebagai gelaran jazz di atas awan.

Biasanya acara ini digelar malam hari mulai dari pukul 19.00 WIB. Dengan dihibur oleh berbagai musisi jazz yang tentunya sudah tidak asing lagi untuk beberapa dari kehidupan sehari hari kamu. Acara konser ini selalu dibanjiri pengunjung dari mana saja dari seluruh Indonesia.

Jadwal Kegiatan Dieng Culture Festival

Biasanya acara ini digelar di bulan Agustus setiap tahunnya. Di tahun 2019 misalnya digelar dari tanggal 2 – 4 Agustus 2019, sedangkan untuk tahun 2018 sama digelar di bulan Agustus juga tapi di tanggal 3 – 5. Jadi untuk permasalahan tanggal memang tidak bisa dipastikan namun yang jelas pagelaran festival budaya ini memang digelar di bulan – bulan tersebut.

Biasanya di bulan ini, musim kemarau dan juga intensitas hujan sedang rendah jadi, acara ini akan digelar dengan lebih meriah tanpa adanya hujan.

baca juga:

2 Wisata Pemandian di Kab. Lingga yang Butuh Polesan

 

Susunan Acara Yang Menarik

Bagi anda yang mencari susunan acara Dieng Culuture Festival mungkin beberapa hal berikut ini bisa dijadikan sebagai acuan, karena tiap tahunnya acara yang ditampilkan cukup serupa walaupun ada beberapa penambahan dan juga pengurangan.

Hari Pertama, pada hari pertama akan diadakan acara pembukaan yang biasanya dilakukan di siang atau menjelang sore hari, sekitar pukul 14.00 WIB. Kemudian akan dilanjutan pertunjukan budaya dan adat yang biasanya diadakan setelahnya. Nah, Jazz di atas awan biasanya diadakan di hari pertama pada malam hari mulai pukul 19.00 WIB.

Hari Kedua, di hari kedua ini biasanya digelar dengan berbagai acara budaya, kesenian, pameran. Dan juga berbagai pertunjukan menarik yang dimulai pagi hari. Kemudian di malam hari akan ada pelepasan lampion yang sangat menarik minat pengunjung. Selain itu ada juga pesta kembang api yang dilakukan setelahnya.

Hari Ketiga, Biasanya diadakan kirab budaya. Dan juga salah satunya adalah cukur rambut gimbal yang merupakan budaya yang dimiliki oleh penduduk Dieng. Dilanjutkan penutupan sampai sore hari.

Semua rangkaian acara ini dilaksanakan di area candi Arjuna dan sekitarnya. Tempat ini yang merupakan salah satu tempat lapang luas yang cukup menampung ribuan orang. Jangan lupa ketika akan mengunjungi DCF atau Dieng Culture Festival, anda harus membeli tiket jauh – jauh hari. Karena biasanya, tiket sangat laku dan cepat habis.

Persiapan Suhu Dingin

Khusus untuk kamu yang memang tidak terbiasa dengan cuaca dingin mungkin harus memperhatikan hal ini. Cuaca di daerah Dieng sangatlah dingin terlebih di malam hari dan juga dini hari menjelang pagi. Ada baiknya jika mempersiapkan pakaian terhangat yang dimiliki sebelum menuju tempat ini.

Cuaca yang sangat dingin bahkan beberapa kali suhu Dieng bisa sampai ke 5 derajat Celcius, yang bisa membekukan embun. Jadi siap – siap ya?

Nah, itu dia pembahasan kita mengenai Dieng Culture Festival. Anda bisa memperhatikan dan memahami beberapa info di atas sebelum menuju ke acara di sana.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.