Cuma Nusantara Punya! 7 Tradisi Unik khas Indonesia yang Bikin Turis Terperangah

Indonesia merupakan salah satu tempat yang memiliki banyak sekali tradisi dan juga budaya yang sangat unik. Dengan negara kepulauan yang memiliki pulau, suku, dan masyarakat yang sangat banyak tentunya berbeda satu dari yang lain.

Nah, kita akan mencoba untuk melihat beberapa contoh tradisi unik di Indonesia yang bisa menjadi informasi yang bagus agar pengetahuan kamu mengenai tradisi dan budaya Indonesia bertambah.

Tradisi Budaya Unik Yang Ada di Indonesia

Untuk mengetahui keunikan dan keanekaragaman yang ada di Indonesia, kita bisa melihat beberapa tradisi lokal dan budaya masyarakat di berbagai tempat, suku, yang ada di seluruh penjuru Indonesia. Langsung saja simak.

1.    Dugderan (Semarang Dan Sekitarnya)

Jika kaliasn berkunjung ke Semarang sebelum atau menjelang bulan Ramadhan, aka nada sebuah tradisi yang sudah turun menurun dari beberapa generasi.

Ya, tradisi tersebut disebut dengan nama Dugderan. Acara ini memiliki beberapa acara yang cukup populer, seperti warak ngendok.

Acara yang satu ini adalah mengarak sebuah karakter yang unik berupa hewan yang bertubuh kambing dan berkepala naga.

Selain itu beberapa waktu yang lalu cukup populer dengan petasan yang meriah, namun karena peraturan daerah sudah sangat jarang adanya petasan.

2.    Kebo – Keboan (Banyuwangi)

Kebo” adalah sebuah bahasa Jawa yang artinya adalah Kerbau. Tradisi ini merupakan sebuah tradisi yang berasal dari Banyuwangi. Acara ini diadakan secara rutin setiap satu tahun sekali yang juga harus diadakan pada 10 Suro atau 10 Muharam.

Acara  diadakan dengan adanya beberapa pria yang berdandan seperti kerbau yang kemudian berperan untuk membajak sawah. Dan kemudian di arak keliling daerah sekitar.

3.    Tiwah (Suku Dayak Kalimantan)

Adalah sebuah tradisi terbesar dari Suku Dayak yang ada di Kalimantan. Sebuah upacara adat yang diadakan dengan sumber daya yang cukup besar dan juga waktu yang cukup lama menjadikan upacara Tiwah ini menjadi salah satu upacara terbesar dari suku Dayak.

Tiwah merupakan sebuah upacara kematian yang sangat sakral, karena dalam suku Dayak acara ini adalah bentuk pengantaran orang yang sudah meninggal ke kehidupan kekal selanjutnya.

baca juga:

Mengagumkan! 5 Museum Terbaik di Milan untuk Dikunjungi Pecinta Seni

4.    Omed – Omedan (Bali)

Merupakan sebuah tradisi dari pemuda yang berada di sebuah tempat yang ada di Bali, yaitu Banjar Kaja, Sesetan, Bali.

Omed – omedan merupakan sebuah upacara yang diadakan pada pergantian Tahun baru Caka, atau bisa dibilang untuk menyambut tahun baru Caka.

Tradisi ini merupakan sebuah tradisi tarik menarik yang dilakukan oleh pemuda yang akan memasuki usia atau masa kuliah baik itu laki – laki maupun perempuan.

5.    Tabuik (Sumatra Barat)

Tradisi unik selanjutnya adalah datang dari tanah Sumatra Barat yang bernama Tabuik. Tradisi ini merupakan acara yang sudah turun menurun yang juga diwariskan oleh nenek moyang ada di sekitar Sumatra Barat.

Berasal dari kata Tabut yang berarti mengarak, acara ini diadakan setiap tanggal 10 Muharram, yang menjadi simbol rasa hormat umat islam Pariaman terhadap Nabi Muhammad SAW.

6.    Mengasah Gigi (Suku Mentawai, Kepulauan Mentawai)

Berbicara mengenati suku Mentawai ada sebuah tradisi yang sangat khas. Pertama adalah tradisi untuk mengasah gigi mereka.

Dipercaya oleh suku Mentawai bahwa tradisi ini adalah bentuk merawat diri yang yang dilakukan oleh Suku Mentawai.

Selain itu ada beberapa tradisi lainnya seperti seni tubuh yang merupakan sebuah kesenian tradisional yang bahkan dikenal oleh dunia.

7.    Tradisi Pemakaman Suku Minahasa

Nah, seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada berbagai tradisi unik yang ada di Indonesia. Berikut ini ada lagi satu tradisi yang sangat unik dimana kita bisa melihatnya di daerah Sulawesi Utara, atau Suku Minahasa.

Tradisinya adalah terkait pemakaman yang ada di Suku Minahasa. Tidak seperti pemakaman pada umumnya, suku Minahasa tidak memposisikan pemakaman dalam kondisi tertidur.

Melainkan dengan cara duduk sambil memeluk kakinya. Hal ini dipercayai sebagai hal yang suci dan membawa kebaikan.

***

Nah, itu dia contoh tradisi unik yang ada di Indonesia. Bagaimana? Masih ada tradisi dan budaya unik lainnya tapi beberapa contoh ini mewakili dan membuktikan bahwa Indonesia kaya akan budaya lokal yang harus dilestarikan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.