Catat Jadwalnya! 5 Perayaan Budaya Paling Keren di Indonesia untuk Isi Liburanmu

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki segala bentuk keragaman yang sangat indah. Tak hanya keindahan pada sejarah dan alamnya saja, tapi juga indahnya suku-suku yang bisa dilihat dengan mata.

Memang, keberagaman di Indonesia sering menjadi masalah di berbagai tempat khususnya sosial media yang dimulai dari orang-orang tak bertanggung jawab, seolah ia menolak adanya perbedaan di Indonesia.

Daripada terlalu terfokus pada hal tersebut, ada baiknya kita menikmati keberagaman tersebut. Salah satunya dengan menyaksikan berbagai perayaan budaya yang ada di Indonesia.

Setiap daerah umumnya memiliki perayaannya masing-masing dengan rangka yang berbeda. Ada juga yang sangat keren dan patut untuk Anda saksikan dengan mata Anda sendiri.

Tak hanya tentang agama, beberapa perayaan budaya terkeren ini juga menyakut budaya dan akulturasi negara kita, lho! Penasaran? Mari kita simak saja berikut ini!

1.  Grebek Maulud

blanklabelphotowork

Sesuai namanya, perayaan yang berasal dari Yogyakarta ini digelar setahun sekali untuk memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Yogyakarta yang sangat terkenal di kalangan turis membuat perayaan ini selalu ramai penonton.

Perayaan Grebek Maulid wajib sekali Anda ikuti apalagi yang suka makan-makan. Gunungan yang dibangun dari jajanan, sayuran, serta berbagai hasil bumi lainnya akan dibagikan untuk banyak orang, biasanya disebut ngalap berkah. Setiap orang yang berpartisipasi juga akan merasakan kebersamaan yang kental maupun bersama orang yang baru saja dikenal. Perayaan ini cukup unik karena menggabungkan tradisi lokal bersama hari keagamaan.

2.  Perayaan Cap Go Meh Singkawang

jakpost.net

Dari Yogya, kini kita beralih ke Singkawan yang memiliki tradisi unik untuk merayakan Tahun Baru Cina atau Imlek.

Perayaan ini menghadirkan banyak orang yang dicap sebagai perantara roh dewa (sering disebut tatung). Tatung ini tak hanya yang berdarah Tionghoa, namun ada juga yang dari Suku Melayu dan Dayak.

Anda akan disuguhkan beragam atraksi fantastis seperti berjalan di atas pedang. Memang ngeri sih, tapi tentu saja orang yang melakukannya sudah mendapatkan kekuatan yang takkan menyakitinya.

3.  Dieng Culture Festival

hipwee.com

 

Sudah pernah mengunjungi Dieng yang sering disebut Negeri di Atas Awan? Jika belum, maka siapkan jadwal Anda untuk berlibur ke sini.

Selain indah, ternyata kawasan ini memiliki festival bernama Dieng Culture Festival. Perayaan ini digelar setiap tahunnya dengan bermacam-macam acara seperti pemutaran film, pentas seni “Jazz Di Atas Awan”, hingga proses ruwatan (potong rambut) yang menjadi tradisi Dieng karena kebanyakan anak Dieng lahir dengan rambut Gimbal.

4.  Perayaan Waisak Borobudur

Tribun Batam – Tribunnews.com

Perayaan yang satu ini wajib Anda saksikan saat berlibur ke Borobudur. Dimulai dari prosesi Pindapatta (pengumpulan makanan oleh biksu dari rumah ke rumah di Magelang), lalu berlanjut ke perjalanan para biksu dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur di Yogyakarta.

Makanan itu akan diberikan pada umat yang berdoa sambil menunggu di tenda-tenda area Candi Borobudur.

Anda akan menyaksikan umat Buddha yang berdoa di kawasan Candi Borobudur dengan khusyuk. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan acara penerbangan lampion.

momotrip.co.id

Lampion-lampion yang menyala terlihat sangat indah apalagi yang sudah terbang seperti kunang-kunang di langit malam.

Memang acara ini terbuka untuk turis, namun Anda harus tenang karena acara keagamaan. Penjagaannya juga diperketat, jadi Anda dilarang teriak, berfoto tidak sopan, bercanda dan tindakan tidak bertanggung jawab lainnya.

Baca juga:

Mau Kemana? 7 Jenis Tempat Wisata Berdasarkan Tujuan Pelancong

 

5.  Festival Danau Toba

tripelaketoba.com

Siapa sih yang tidak tahu dengan Danau Toba? Danau yang terletak di Sumatera Utara ini sangat terkenal ini bahkan dikenal oleh anak-anak dari lagu Danau Toba.

Selain keindahan dari Pulau Samosir, danau ini ternyata memiliki perayaan berupa Festival Danau Toba. Dalam festival ini, pengunjung bisa mengikuti beragam lomba mulai dari Lomba Renang Danau Toba, Lomba Fotografi, Lomba Paramotor Layang, hingga lomba untuk anak seperti vocal grup, melukis, dan yang lainnya.

Anda juga akan menemukan pawai kendaraan hias bernuansa Sumatera Utara serta atraksi budaya lainnya. Acara ini memanglah sangat meriah ditambah dengan keindahan Danau Toba yang luar biasa.

Keindahan budaya dari Indonesia memang tak ada duanya. Dengan adanya perayaan di tiap daerahnya, akan membuat kebudayaan Indonesia semakin dikenal dan tak terlupakan.

Kita sebagai warga Indonesia sudah patutnya untuk bangga pada budaya Indonesia yang sangat beragam. Meriahkan perayaan budaya, dan sebarkan kebersamaan!

***

Dapatkan layanan agen travel wisata berkualitas dan terpercaya, dari Jari Adventure. Menyediakan paket

Wisata Perusahaan/ Family Gathering, Wisata Keluarga, Wisata Pendidikan, Wisata Rohani dan pilihan peruntukan wisata lainnya. Hubungi

HP : 0812-22279979

WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.