Harta Karun Budaya, Inilah 8 Candi Hindu Buddha yang Spektakuler

Indonesia memiliki corak sejarah kepercayaan Hindu-Buddha sehingga wajar kalau Indonesia punya begitu banyak harta karun sejarah dan peninggalan budaya.

Contohnya candi peninggalan budaya Hindu-Buddha yang dulu sempat tersembunyi di bawah tanah.

Setelah ditemukan dan digali oleh pihak Belanda, kini bisa kamu kunjungi dan nikmati keindahannya sebagai destinasi wisata candi di Indonesia.

Tak hanya Candi Prambanan atau Candi Borobudur yang sudah lama terkenal. Masih banyak candi-candi di Indonesia lainnya yang tak kalah indah dan megah yang dapat disinggahi.

Yuk, beberapa rekomendasi destinasi Candi Indonesia berikut ini :

 

Candi Dieng

medium

Candi ini berada di Wonosobo, Jawa Tengah dan merupakan candi peninggalan Hindu di Indonesia. Dibangun pada akhir abad ke 8 hingga 9 dan candi Dieng berada di kawasan pegunungan yang sangatlah luas.

Candi Dieng terbagi menjadi tiga kelompok dan satu candi yang berdiri sendiri. Nama kelompok dan candi ini diambil dari penamaan tokoh Mahabharata yaitu kelompok Arjuna, Gatotkaca, Dwarawati dan Candi Bima.

 

Candi Gedong Songo

airyrooms

Candi peninggalan budaya Hindu dari zaman Syailendra abad ke 9 ini terletak di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Saat kamu berkunjung ke Candi Gedong Songo ini, kamu akan merasakan cuaca yang cukup dingin. Candi ini memiliki sembilan buah candi dan keberadaannya yang tinggi.

Wisata candi ini juga menawarkan pemandangan yang sangat indah. Selain itu kamu juga bisa berkunjung ke pemandian air panas, area perkemahan ataupun wisata berkuda.

 

Candi Muara Takus

Peninggalan candi ini nggak hanya ada di pulau Jawa saja tapi juga bisa kamu temukan di Pulau Sumatera, salah satunya adalah Candi Muara Takus di Riau.

Sampai sekarang belum jelas tepatnya candi ini dibangun. Namun banyak yang percaya kalau candi ini dibangun pada masa Kerajaan Sriwijaya di Pulau Sumatera.

Candi Muara Takus ini memiliki perbedaan dibanding dengan candi-candi lainnya karena Candi Muara Takus dibangun menggunakan batuan sungai, pasir, batu bata sedangkan candi-candi lainnya menggunakan bahan andesit.

 

Candi Jago

cloudinary

Kalau, candi ini berada di Kota Malang, Jawa Timur. Sebenarnya Candi Jago ini memiliki nama asli Jajaghu yang berarti kejayaan dan bisa dibuktikan melalui kitab Negarakertagama & Pararaton.

Candi Jago merupakan simbol atau tanda kejayaan Raja Sri Jaya Wisnuwardhana dan merupakan peninggalan budaya perpaduan antara Hindu dan Buddha.

Sebab, Sri Jaya menganut agama Syiwa Hindu yang tercermin pada dinding-dinding candi menemukan relief-relief Kunjarakarna dan Pancatantra.

 

Candi Kalasan

tempatwisataseru

 

Dapat dikatakan, Candi Kalasan merupakan candi peninggalan budaya Buddha yang terletak di Sleman, Yogyakarta.

Lokasi Candi ini bisa kamu temukan ketika kamu berkunjung ke Candi Prambanan. Kemudian, mampir sebentar ke Candi Kalasan karena letaknya hanya 2 KM dari candi Prambanan.

Candi ini memiliki sekitar 52 stupa dan memiliki keistimewaan pada bagian tubuh dan atapnya yang berhias dengan ukiran indah.

Ukirannya terdiri dari relung, arca budha, dagoba-dagoba serta arca Gana yaitu manusia kerdil berperut buncit yang biasanya memikul barang.

 

baca juga:

Surga Wisata Couple Traveller, Pulau Derawan untuk Honeymoon Tak Terlupakan

 

Candi Prambanan

bisnis

Kalau membahas tentang candi di Indonesia tentu tak lengkap tanpa membahas Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi Prambanan ini digunakan untuk persembahan tiga dewa utama Hindu.

Yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pemeliharaan dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

Nama asli dari Candi Prambanan ini sendiri adalah Candi Roro Jonggrang dan terpampang dalam prasasti Siwagrha. Sedangkan Siwagrha memiliki arti Rumah Siwa.

 

Candi Borobudur

javatravel

Kalau candi Prambanan bercorak Hindu, maka Candi Borobudur bercorak Buddha yang ada di Indonesia. Didirikan pada masa pemerintahan wangsa Syailendra di tahun 800-an.

Lokasi ini menjadi kuil Buddha terbesar di dunia dan salah satu monumen Budha terbesar di dunia. Sampai sekarang Candi Borobudur masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan.

Pada peringatan Trisuci Waisak umat Budha datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara untuk berkumpul di Borobudur.

 

Candi Mendut

jamelatour

Salah satu candi di Indonesia yang menjadi peninggalan kebudayaan ajaran Buddha di masa lampau. Candi ini terletak di Magelang dan tak jauh dari Candi Borobudur dibuat pada masa kejayaan kerajaan Syailendra.

Candi Mendut ini cukup unik, karena pertama kali masuk kamu akan disambut oleh relief yang berkisah tentang burung manyar dan kera, kepiting dan brahmana, burung dan kura-kura serta fabel lainnya.

Sedangkan, di kolam dekat candi kamu akan menemukan kolam bunga teratai yang sangat indah. Di sini, juga kamu bisa mengikuti ritual chanting atau meditasi yang dilakukan pada pukul 19.00-20.00.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.