Berbagi Hewan Kurban, Ragam Budaya Idul Adha dari Seluruh Dunia

Hari Raya Idul Adha menjadi momen yang tepat untuk saling berbagi dari kalangan yang mampu kepada kaum miskin yang membutuhkan uluran tangan. Mungkin ada dari beberapa golongan masyarakat di sekitar tempat tinggal kita, yang jarang mengonsumsi daging.

Jangankan untuk makan daging, untuk membeli sebungkus nasi saja sudah sangat sulit. Inilah nilai pesan yang terkandung dalam Idul Adha. Tidak sebatas menyembelih hewan kurban, namun di dalamnya juga terkandung makna mendalam tentang bagaimana si kaya bisa berempati kepada si miskin dengan saling berbagi makanan.

Tidak hanya di Indonesia saja, kemeriahan Hari Raya Idul Adha ternyata disambut hangat di berbagai negara di seluruh dunia. Seperti apa ya tradisi unik menyambut Idul Adha di dunia. Simak yuk..

1.Amerika Serikat

Meski mayoritas non – muslim, Negeri Paman Sam rupanya juga memperingati Idul Adha sebagai hari libur selama 1 sampai 3 hari. Setelah melaksanakan ibadah sholat Idul Adha di masjid, warga muslim akan berkumpul di Islamic Center atau masjid terdekat untuk melakukan prosesi penyembelihan hewan kurban. Daging kurban kemudian dibagikan ke masyarakat yang kurang mampu, gelandangan dan orang – orang yang membutuhkan. Jika di Indonesia, hewan kurban dipotong di depan masjid, di Amerika umumnya akan dipotong di tempat pemotongan hewan dan akan diambil setelah berupa daging yang ditakar kiloan.

2.Turki

Di Turki istilah perayaan Idul Adha juga dikenal dengan Festival Sapi atau Baqri – Eid. Masyarakat di Turki akan berlomba – lomba menyembelih hewan kurban untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Tidak hanya sapi, ada juga yang menyembelih kambing, domba, unta dan sebagainya. Di Turki bahkan Idul Adha diperingati sebagai hari libur nasional selama 4 hari. Daging bisa dibagikan dalam bentuk masih mentah atau sudah berupa makanan siap disantap.

3. Singapura

Negeri jiran, Singapura juga tak kalah unik memiliki tradisi Idul Adha. Bahkan, perayaan Idul Adha akan terlihat jelas di beberapa komunitas muslim kota Singapura seperti Kampong Glam dan Geylang Serai. Kawasan ini berisi masyarakat Muslim melayu yang sudah bertahun – tahun mendiami wilayah ini di Singapura. Selain sholat Idul Adha dan menyembelih hewan kurban, mereka juga menggelar bazaar, pesta dan mendekorasi kampungnya agar terlihat lebih meriah saat dikunjungi wisatawan.

4. Arab Saudi

Menjadi salah satu negara terkaya di dunia, Arab Saudi tak pernah pikir – pikir untuk menyembelih hewan kurban. Kerajaan Saudi setiap tahunnya menyediakan sedikitnya 65.000 hewan kurban yang akan dibagi – bagikan ke negara – negara muslim yang membutuhkan. Seperti negara di Afrika, Asia Tengah dan Asia Selatan. Daging kurban akan dikemas dalam bentuk kalengan atau makanan beku agar lebih mudah dan praktis saat didistribusikan dalam pesawat. Selain itu, hewan yang dikurbankan biasanya adalah unta yang sangat jarang ada di Indonesia. Selain unta, ada juga yang berkurban sapi dan kambing.

5. Rusia

Dikenal luas sebagai negara sekuler, nyatanya umat muslim di Rusia tetap bisa menjalankan ibadah sholat Idul Adha dengan penuh kedamaian. Sholat Idul Adha digelar di lapangan atau di jalan – jalan. Pemerintah Rusia sempat membuat warga muslim bingung karena larangan menyembelih hewan kurban di tempat terbuka. Sehingga, banyak warga muslim yang akhirnya memotong hewan kurban di halaman rumah atau di masjid dengan lokasi yang tertutup.

6. China

Sama seperti Rusia, China dikenal sebagai negara komunis yang tidak mengakui adanya Tuhan. Akan tetapi, pada saat perayaan hari Idul Adha, warga muslim yang bermukim di Cina akan segera melaksanakan ibadah sholat Idul Adha di masjid atau Islamic Center. Umumnya, kaum pria akan lebih mudah terlihat di masjid – masjid daripada muslimahnya. Terutama di provinsi Ningxia. Wanita kebanyakan sholat di rumah masing – masing untuk menjaga keselamatan dan keamanan. Setelah sholat Idul Adha, barulah mereka bertukar makanan, hadiah dan mengadakan pesta selama 4 hari berturut – turut.

***

Menikmati liburan ke berbagai destinasi di Nusantara dan mancanegara, jangan biarkan perjalanan Anda terganggu karena kurang persiapan yang matang. Serahkan urusan akomodasi dan transportasi wisata kepada jasa agen travel wisata yang berpengalaman.

Jari Adventure tour and travel, siap melayani berbagai kebutuhan perjalanan wisata ke seluruh Indonesia dan mancanegara.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.